Connect with us

Peristiwa

Viral, 2 Ekor Lumba-Lumba Muncul di Sungai Kualuh Sumatera Utara

Published

on


Featured Video Play Icon

Finroll.com – Warga di Dusun II Ramean, Desa Kuala Beringin Kecamatan Kualuh Hulu dibuat histeris karena penampakan dua dua ekor yang diduga lumba-lumba di Sungai Kualuh, kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Sumatera Utara, Minggu (27/1/19).

Kabar munculnya lumba-lumba inipun beredar luas dari satu mulut ke yang lain, hingga warga berbondong datang ke lokasi.

Warga tampak berada di pinggir sungai dan merekam kejadian langka ini. Video tersebut pun sudah banyak di media sosial.

Satu diantaranya diposting akun Instagram @lingkarsumut, dalam unggahan tersbut menuliskan “Lumba lumba air tawar/Pesut sudah muncul di sungai kualuh Dusun Ramean desa Kuala Beringin, kec.Kualuh Hulu, kab.Labuhanbatu Utara, sumut.

Siang menuju sore ini 27/01/19 Dua ekor ikan diduga Lumba lumba air tawar/pesut sudah muncul di dusun II Ramean desa Kuala Beringin, hewan langka ini menjadi tontonan warga sekitar

Menurut kabar dilapangan, dua ekor ikan besar ini terlihat seperti stress.

Warga sekitar yang tak pernah melihat kejadian ini langsung antusias dan mengabadikan dengan kamera ponselnya, namun tidak ada yang menangkapnya, warga hanya menonton ikan meliuk liuk berenang di hulu sungai kualuh ini.

Jika benar ini adalah ikan langka Lumba lumba air tawar/pesut, semoga menjadi perhatian dinas terkait agar tetap terjaga kelestariannya”.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

_ JANGAN SAMPE PUNAH! MARI KITA JAGA! Lumba lumba air tawar/Pesut sudah muncul di sungai kualuh Dusun Ramean desa Kuala Beringin, kec.Kualuh Hulu, kab.Labuhanbatu Utara, sumut. Siang menuju sore ini 27/01/19 Dua ekor ikan diduga Lumba lumba air tawar/pesut sudah muncul di dusun II Ramean desa Kuala Beringin, hewan langka ini menjadi tontonan warga sekitar Menurut kabar dilapangan, dua ekor ikan besar ini terlihat seperti stress. Warga sekitar yang tak pernah melihat kejadian ini langsung antusias dan mengabadikan dengan kamera ponselnya, namun tidak ada yang menangkapnya, warga hanya menonton ikan meliuk liuk berenang di hulu sungai kualuh ini. Jika benar ini adalah ikan langka Lumba lumba air tawar/pesut, semoga menjadi perhatian dinas terkait agar tetap terjaga kelestariannya. Laporan Jannatun Adnin dan Maya Sagala. Catatan : Pemerintah setempat sudah mengetahui keberadaan lumba-lumba ini, dan akan di proses kedepan nya! Terima kasih @laburaku Posting @lingkarsumut Follow : @sumaterajuaratrip #lingkarsumut #laburaku #labura #labuhanbatuutara #sumut #viral #lumbalumba #lumbalumbaairtawar #pesut #langka #satwalangka #kementrianlhk @kementerianlhk #kemenpar @kemenpar @chicco.jerikho @indoflashlight @medantalk @medanzone #bksda #jokowi @jokowi @edy_rahmayadi #wwf @wwf #wwfindonesia @wwf_id #hewanlangka #satwadilindungi #animal #dolphin #nature #indonesia

Sebuah kiriman dibagikan oleh Seputaran Sumatera Utara (@lingkarsumut) pada 27 Jan 2019 jam 4:30 PST


Warganet pun masih ramai mengomentari unggahan ini. Mayoritas berharap pihak terkait bisa turun ke lokasi untuk mencari jalan terbaik untuk lumba-lumba, sebelum ada tangan jahil yang menyebabkan punahnya hewan tersebut.

Hingga kini, ada yang menganggap itu adalah pesut atau lumba-lumba air asin dan ada juga yang menyebut itu lumba-lumba stres yang tersesat ke Sungai Kualuh.

 

(Berbagai sumber)

Advertisement

Peristiwa

Gunung Agung Meletus, Abunya Capai 2.000 Meter

Published

on

Gunung Agung Meletus, Abunya Capai 2.000 Meter

Finroll.com –  Gunung Agung, Bali kembali meletus pada Kamis, pukul 01:31 Wita dengan tinggi kolom abu teramati mencapai sekitar 2.000 meter di atas puncaknya (5.142 meter di atas permukaan laut), kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali, Made Rentin.

Ia menjelaskan kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi sekitar 3 menit 37 detik.

Kejadian erupsi gunung tertinggi di Bali yang berada di Kabupaten Karangasem itu terdengar gemuruhnya di Pos Pemantauan Gunungapi di Rendang, Karangasem.

Selain itu, Rentin menyebutkan, dari laporan petugas BPBD, di seputaran Pura Kiduling Kreteg terpapar hujan abu tipis.

Namun petugas BPBD Kabupaten Karangasem saat ini masih melakukan pemantauan di seputaran Pura Besakih dan membagikan masker bagi masyarakat yang melakukan persembahyangan serangkaian “Ida Betara Turun Kabeh” di pura tersebut.

Saat ini Gunung Agung berada pada Status Level III (Siaga) yang merekomendasikan agar masyarakat di sekitar Gunung Agung beserta para pengunjung (wisatawan dan pendaki) tidak berada atau melakukan aktivitas apapun di zona perkiraan bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 kilometer dari Kawah Puncak Gunung Agung.

Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang terbaru, katanya.

Rekomendasi berikutnya, masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan.

Material erupsi yang masih berada di area puncak, bisa terbawa ke area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung, tambahnya.

[Source: Finrollnews]

Continue Reading

Peristiwa

Tiket Garuda Diskon 50%, Catat Tanggalnya

Published

on

By

Finroll.com – Maskapai Garuda Indonesia, memberi diskon tarif tiket penerbangan hingga 50 persen untuk seluruh rute penerbangan domestik. Diskon ini diberikan dalam rangka menyambut HUT Kementerian BUMN ke-21.

Promo potongan harga tiket penerbangan tersebut, dikemas dalam acara “Garuda Indonesia Online Travel Festival” dan berlaku mulai 31 Maret hingga 13 Mei 2019, untuk channel penjualan Online Travel Agent (OTA), aplikasi mobile apps, Linkaja hingga website (www.garuda-indonesia.com).

Direktur Niaga Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah mengungkapkan, penawaran diskon ini merupakan bagian dari dukungan untuk seluruh sektor masyarakat dalam menunjang pergerakan perekonomian nasional. Khususnya sektor pariwisata, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), hingga industri logistik nasional.

Pikri mengungkapkan, pemberian diskon tiket penerbangan ini, mengingat layanan transportasi udara memegang peranan penting dalam menunjang pertumbuhan infrastruktur perekonomian.

“Kami akan terus memastikan bahwa penurunan harga menjadi komitmen berkelanjutan Garuda Indonesia, dalam menyediakan pelayanan maskapai bintang lima dengan tarif yang kompetitif, sehingga menjangkau seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Pikri dikutip dalam keterangan resmi, Jumat 29 Maret 2019.

Ia mengatakan, berbagai program potongan harga akan terus dilakukan sesuai dengan ekspektasi pelanggan melalui travel fair atau online market.

Menurutnya, yang perlu diperhatikan adalah pentingnya untuk melakukan pemesanan tiket jauh hari sebelum keberangkatan untuk mendapatkan tarif promo tersebut.

Aspirasi dari berbagai pihak, sambung dia, khususnya sektor industri perhotelan maupun pariwisata akan ditampung dengan baik oleh Garuda Indonesia.

Dia berkomitmen untuk memperhatikan kepentingan internal perusahaan dan aspek kepentingan nasional secara berdampingan dalam setiap pengambilan keputusan, termasuk penentuan harga tiket.

“Kami juga mengimbau maskapai penerbangan lainnya agar mengikuti langkah kami dan turut memberikan harga diskon tiket penerbangan pada sektor sektor lainnya untuk semakin meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Pikri.

Continue Reading

Peristiwa

Tata Cara Menggunakan MRT Jakarta Pada Fase Operasi Tidak Berbayar

Published

on

MRT Jakarta

Seiring dengan selesainya fase uji coba publik MRT Jakarta yang dilakukan sejak tanggal 12 sampai dengan 24 Maret 2019, MRT Jakarta akan memasuki tahap baru yaitu fase operasi tidak berbayar yang dimulai pada tanggal 25 Maret 2019.

Berdasarkan hasil evaluasi pada fase uji coba yang telah dilakukan oleh manajemen MRT Jakarta, MRT Jakarta menginformasikan tata cara menggunakan MRT pada fase operasi tidak berbayar sebagai berikut:

1. Layanan pada fase operasi tidak berbayar dari Stasiun Lebak Bulus hingga ke Stasiun Bundaran HI akan dimulai pada pukul 05.30 WIB hingga 22.30 WIB

2. Bagi masyarakat yang ingin menikmati layanan MRT Jakarta pada fase operasi tidak berbayar, dapat melakukan pendaftaran online di www.ayocobamrtj.com (pendaftaran dibuka untuk tanggal keberangkatan pada hari H dan hari H+1) dan menunjukkan bukti konfirmasi pendaftaran kepada staf stasiun MRT Jakarta yang berada di setiap pintu masuk stasiun

3. PT MRT Jakarta akan melakukan evaluasi setiap dua hari sekali untuk mengutamakan kenyamanan, keamanan serta keselamatan masyarakat yang menggunakan layanan MRT Jakarta

Kehadiran MRT Jakarta tidak hanya akan meningkatkan mobilitas masyarakat, juga diharapkan memberikan manfaat tambahan seperti perbaikan kualitas udara dan mendorong perubahan gaya hidup masyarakat yang beralih dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi publik.

Continue Reading
Advertisement

Trending