Connect with us

Automotive

Suzuki Jimny Masuk Dalam Kandidat Penganugrahan World Car Awards 2019

Published

on


Suzuki Jimny

Generasi Baru Suzuki Jimny mulai menunjukkan prestasi. Dalam penganugerahan World Car Awards 2019, Jimny masuk dalam perebutan juara di tiga kategori: World Urban Car, World Car Design dan World Car of the Year (WCOTY).

Finroll.com – Akankah mengikuti kesuksesan Suzuki Ignis pada ajang sama 2017 dan Swift pada 2018? Semua tergantung penilaian dewan juri. Putaran berikutnya, masuk tahap eliminasi yang diumumkan di Geneva Motor Show 5 Maret.

Semua kategori mempertarungkan 5 mobil, kecuali gelar teratas WCOTY yang berisikan 10 nominator. Sementara pengumuman pemenang bakal berlangsung di New York pada 17 April.

Penjurian melibatkan 86 jurnalis otomotif skala internasional. Keahlian dalam menilai sebuah mobil, sangat dibutuhkan untuk mencari mobil terbaik. Untuk memilah kandidat WCOTY, total 40 kontender diseleksi menjadi 10 mobil sebagai calon juara.

Berikut kategori dan kandidat pemenang World Car Awards 2019:
  • World Car of the Year 2019: Audi e-tron, BMW 3-Series, Ford Focus, Genesis G70, Hyundai Nexo, Jaguar I-PACE, Mercedes-Benz A-Class, Suzuki Jimny, Volvo S60/V60, Volvo XC40.
  • World Urban Car 2019: Audi A1, Hyundai AH2/Santro, Kia Soul, SEAT Arona, Suzuki Jimny.
  • World Luxury Car 2019: Audi A7, Audi Q8, BMW 8-Series, Mercedes-Benz CLS, Volkswagen Touareg.
  • World Performance Car 2019: Aston Martin Vantage, BMW M2 Competition, Hyundai Veloster N, McLaren 720S, Mercedes-AMG 4-door Coupe.
  • World Green Car 2019: Audi e-tron, Honda Clarity PHEV, Hyundai Nexo, Jaguar i-Pace, Kia Niro EV
  • World Car Design of the Year 2019: Citroen C5 Aircross, Jaguar E-PACE, Jaguar I-PACE, Suzuki Jimny, Volvo XC40.

Daftar di atas memperlihatkan, Jimny menjadi satu-satunya merek Jepang yang paling menonjol. Produk Jepang lainnya hanyalah Honda Calrity PHEV di kategori World Green Car. Sedangkan pabrikan Korea Selatan, Hyundai, turut mencuri perhatian lewat mobil fuel cell Nexo yang mengincar gelar WCOTY 2019 juga World Green Car 2019.

Jimny generasi terbaru pertama kali meluncur untuk pasar domestik Jepang pada 2018. Di sana, ia masuk dalam kategori kei car. Spesifikasinya berbeda sendiri, memakai mesin 3-silinder 658 cc turbo. Sedangkan untuk negara lain, ditopang mesin K15B 4-silinder 1,5-liter.

Mengusung desain sangat atraktif, membuatnya langsung tenar di seluruh dunia. Bahkan telah dianugerahi desain terbaik dari Good Design Awards. Sayang, Suzuki belum mau mengalokasikan produksi ke negara lain. Perakitannya masih terpusat di Kosai, Shizuoka, Jepang.

Kehadiran Jimny sangat ditunggu publik Tanah Air dan peminatnya sudah banyak yang inden. Kabar terakhir dari tenaga penjual Suzuki, pemesanan sudah ditutup karena terlalu membludak. Karena hanya mendatangkan sekitar 900-an unit. (Otosia)

Advertisement

Automotive

Honda Genio, Skutik Baru dengan Beragam Kelebihan

Published

on

By

Finroll.com  – Jajaran produk sepeda motor Honda di Indonesia, cukup lengkap. Bahkan, segmen skuter matik diisi oleh beberapa model, yakni BeAT, Scoopy, Vario, PCX, dan Forza.

Meski demikian, hal itu rupanya tidak membuat mereka puas. PT Astra Honda Motor sebagai agen pemegang merek, meluncurkan model baru yang diberi nama Genio.

Motor ini awalnya dipajang di pameran Indonesia Motorcycle Show, sebagai kendaraan konsep dengan nama G Concept. Platform yang dipakai benar-benar baru, yaitu enhanced Smart Architecture Frame atau eSAF.

Motor yang namanya mirip dengan sedan Honda zaman dulu itu, dirancang khusus untuk memenuhi permintaan akan sepeda motor yang tampilannya sesuai gaya masa kini.

“Kini, skutik fashionable dianggap cocok digunakan sehari-hari,” ujar Presiden Direktur AHM, Toshiyuki Inuma saat peluncuran di Jakarta, Jumat 21 Juni 2019.

Presiden Direktur AHM, Toshiyuki Inuma mengatakan, meski tampilannya bergaya masa kini, namun skuter matik Genio ideal untuk digunakan sehari-hari. Untuk bisa mendapatkan desain seperti itu, mereka membutuhkan waktu dua tahun lamanya.

Karena kebutuhan pengendara motor masa kini semakin beragam, Honda menyematkan banyak fitur pada motor baru mereka. Mulai dari bagasi berkapasitas 14 liter, hingga soket cas untuk gawai di dalam bagasi.

Agar jalan dapat dipantau dengan jelas, penerangan utamanya menggunakan teknologi LED. Panel instrumen didesain agar bisa menampilkan beragam warna, sesuai kesukaan anak muda.

Mesin 110cc satu silinder yang dipasang, sudah dibekali dengan sistem pengabutan injeksi. Tenaga yang dihasilkan yakni 6,6 daya kuda, serta torsi maksimum 9,3 Newton meter.

Motor yang tersedia dalam lima pilihan warna ini, dipasarkan dalam dua tipe, yaitu CBS dan CBS-ISS. Tipe pertama dibanderol Rp17,2 juta, sedangkan yang kedua Rp17,7 juta. Kedua harga berstatus on the road Jakarta.

Continue Reading

Automotive

Edisi Terbatas, Yamaha MX King Ultraman Hanya Ada 100 Unit

Published

on

By

Finroll.com – Salah satu cara untuk menggaet minat konsumen sepeda motor adalah menawarkan livery baru. Misalkan saja livery MotoGP yang dilakukan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada Mei lalu.

Kali ini ada yang berbeda dengan produk edisi terbatas dari Yamaha kali ini. Pabrikan berlogo ‘Garpu Tala’ itu menyiapkan Yamaha MX King 150 atau Y15ZR V2 menggunakan livery Ultraman.

Ultraman, salah satu tokoh karakter pahlawan dalam film Jepang. Superhero asal negeri Sakura, banyak disukai kaum muda yang biasa disebut sebagai Otaku.

Sayangnya, edisi terbatas bergrafis Ultraman hanya ada di Malaysia. Motor bebek bergaya sport atau dikenal Yamaha Y15ZR di negeri Jiran, cuma tersedia 100 unit. Model ini hasil kolaborasi antara Taigaco Sdn. Bhd. (Taigaco) dan Welly Aneka Sdn. Bhd. (Welly). Taigaco, agen lisensi untuk karakter Ultraman klasik asli di Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Indonesia, dan Brunei.

Eksklusif di Welly, pelanggan dapat memiliki Ultraman Y15ZR dengan harga RM12.688 atau setara Rp43,5 juta. Harga itu belum termasuk pajak jalan, asuransi dan pendaftaran surat-surat. Konsumen yang ingin memiliki, juga bisa mendaftarkan nomor favorit mereka dari 001 hingga 100. Selain itu, konsumen juga mendapat sertifikat asli, lambang edisi terbatas tambahan, kemeja Ultraman edisi terbatas serta kartu pos Ultraman eksklusif. Pre-order dibuka, pengiriman batch pertama yang diharapkan pada Juli 2019.

Y15ZR edisi Ultraman, tampil dengan balutan warna silver dan merah doff. Selain itu, untuk membedakan dengan produksi massal, ada beberapa komponen lain yang diubah. Seperti tuas rem dan kopling alloy rapide adjustable, radiator guard, engine cover after market dan beberapa komponen berbahan aluminium.

Dari segi spesifikasi mesin, Y15ZR Ultraman tak berbeda dengan versi standarnya. Menggendong mesin 150 cc SOHC silinder tunggal dengan transmisi manual 5 percepatan. Menggunakan teknologi mesin balap yang dilengkapi dengan Forged Piston, DiAsil Cylinder serta Liquid Cooled System. Tenaga yang dihasilkan sebesar 15 Tk pada 8.500 rpm dengan torsi maksimum mencapai 13,8 Nm pada 7.000 rpm. Membuat motor ini siap mengaspal, tidak hanya di jalan raya namun juga lintasan sirkuit balap.

Fiturnya pun masih sama, lampu depan bergaya sporty yang sudah menggunakan teknologi LED. Speedometer full digital dengan desain futuristik dengan beragam informasi terkait sepeda motor. Terdapat hazard lamp yang berfungsi sebagai tanda ketika pengendara mengalami kondisi darurat. Ban tubeless dengan ukuran yang lebih besar dari model sebelumnya. Ukuran 90/80-17 di bagian depan serta 120/70-17 belakang. Membuat rasa berkendara menjadi semakin stabil dan terlihat gagah. (lip6)

Continue Reading

Automotive

Ketika Lexus QZ 618 Menjelma dari Mobil Menjadi Pesawat Antariksa

Published

on

By

Finroll.com  – Dalam waktu yang tak terlalu lama, mobil-mobil yang beredar sekarang mungkin akan menjadi kendaraan usang. Ke depan, mobilitas manusia akan mengandalkan kendaraan serba bisa seperti yang ditunjukkan Lexus QZ 618.

Betapa tidak, kendaraan canggih Lexus ini bisa berubah dari mobil biasa menjadi pesawat antariksa atau sebaliknya hanya dengan menekan tombol, sehingga memudahkan manusia berkelana ke planet-planet dan galaksi di luar angkasa.

Hanya saja kita belum tahu kapan Lexus akan mewujudkan kendaraan canggih semacam itu. Karena pesawat jet Lexus ini baru bisa Anda saksikan dalam film bertajuk ‘Men in Black: International’.

Bernama resmi Lexus QZ 618 Galactic Enforcer, kendaraan masa depan ini menggunakan teknologi racikan Quasar Power Source Technology, yang memungkinkannya membawa manusia berkeliling dunia hanya dalam hitungan detik.

Bayangkan, dengan mesin anyar dan canggih yang diusungnya, Lexus QZ 618 dapat berakselerasi dari posisi diam hingga kecepatan 97 km/jam hanya dalam waktu 0,0000000000001 nano detik.

Hebatnya, meski bisa mampu berkeliling antargalaksi dalam hitungan detik, tapi konsumsi bahan bakar Lexus QZ 618 bisa menembus 51,8 km per liter dengan tiga pilihan pengemudian, yakni EcoDrive, SportDrive dan QuantumDrive.

Berbekal Inter-Galactic Positioning System (IGPS), dipastikan Anda tidak akan tersesat di luar angkasa saat Anda menjelajah bulan atau Planet Jupiter sekalipun. Apalagi Lexus juga menggunakan lampu dengan sinar Gamma, yang membuat pencahayaan menjadi sangat terang.

Di dalam kabin, interior Lexus QZ 618 dilapisi kulit Adorian. Makin nyaman dan aman berkendara Lexus QZ 618 tanpa takut tertabrak meteor atau benda-benda luar angkasa lainnya, karena kendaraan ini disematkan Lexus Safety System+, yang mampu menghindarkan kendaraan dari tubrukan dengan objek di luar angkasa.

Jika Anda ingin kembali ke Bumi, QZ 618 dapat beralih fungsi menjadi mobil sport Lexus RC F model 2020. Tapi ketika masih berwujud jet luar angkasa, identitas Lexus tetap terlihat, karena di bagian moncongnya terdapat spindle grill yang menjadi ciri khas Lexus.

Untuk warna Umbra Black yang dipilih, menurut Lexus, adalah untuk menggambarkan warna tergelap di luar angkasa.

Jet Lexus ini merefleksikan merek mewah milik Toyota ini di masa depan, kata Lisa Materazzo, vice president Lexus untuk urusan pemasaran.

Jika Anda penasaran dengan kiprah Lexus QZ 618 Galactic Enforce, saksikan filmnya yang diputar perdana pada 14 Juni 2019, dengan menampilkan sejumlah bintang, seperti Chris Hemsworth, Tessa Thompson, Emma Thompson, dan juga Liam Neeson. [dp/TGH]

Continue Reading
Advertisement

Trending