Connect with us

Nasional

Presiden Kunjungi Gudang Bulog, Pastikan Stok Beras Terjaga

Published

on


Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo melakukan pengecekan stok beras di kompleks pergudangan Bulog, Kelapa Gading, Jakarta, pada Kamis pagi, 10 Januari 2019.

Finroll.com – Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa Bulog memiliki ketersediaan stok beras yang cukup besar pada awal tahun ini. Bahkan, stok Bulog mengalami peningkatan dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Saya melihat kalau dibandingkan dengan tahun-tahun yang lalu stok kita ini memang lipat (berlipat ganda). Biasanya di akhir Desember itu 700-800 ribu ton, tetapi di akhir Desember 2018 ini, stok kita sekarang 2,1 juta ton,” ujarnya.

Meningkatnya stok beras yang dimiliki Bulog tersebut dimanfaatkan untuk menjaga stabilitas dan keseimbangan harga beras di pasaran. Operasi pasar yang dilakukan Bulog secara serentak di seluruh Indonesia mulai 3 Januari 2019 lalu efektif menjaga harga beras di tingkat masyarakat.

Baca Juga: Lagi-lagi, Presiden Joko Widodo Bagikan 3.023 Sertifikat Tanah Untuk Rakyat

“Trennya ini turun (harga) karena sudah beberapa hari ini Bulog juga melakukan operasi pasar besar-besaran. Untuk memberikan suplai kepada pasar-pasar yang membutuhkan dan pada masyarakat yang membutuhkan,” kata Presiden.

Ketersediaan stok yang besar ini diharapkan dapat memberi keyakinan kepada pasar dan masyarakat tidak perlu khawatir akan terjadinya gejolak harga beras di pasaran.

“Karena biasanya kalau stoknya sedikit itu akan banyak spekulasi dari pasar yang bermain-main dengan harga. Ini kita tunjukkan bahwa stok itu memang ada dan banyak,” ucap Presiden dalam laman resminya (10/01).

Lebih lanjut, Presiden meminta Bulog untuk terus memastikan ketersediaan stok dan melakukan operasi pasar bila dibutuhkan. Bulog juga harus bisa menjaga keseimbangan antara harga produksi dengan harga pasar supaya menguntungkan baik bagi petani maupun masyarakat.

“Kalau kita mau harga turun secara drastis, gampang, suplai aja semua ini ke pasar. Tapi petaninya yang jadi rugi. Keseimbangan antara harga produksi dengan harga pasar ini harus dijaga oleh Bulog. Tidak bisa terlalu murah, nanti petaninya juga akan menjerit,” tuturnya.

Dalam kunjungan ini, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki dan Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso.

Presiden juga menyaksikan pelepasan kegiatan operasi pasar secara serentak tahun 2019 di halaman gudang Bulog. Budi Waseso yang membentangkan bendera start saat memberangkatkan sejumlah truk operasi bulog ke sejumlah titik penyebaran menandai kegiatan pelepasan ini.

Nasional

Seberapa Besar Antusias Masyarakat Menjelang Debat Capres-Cawapres Nanti Malam?

Published

on

Debat Capres-Cawapres

Masyarakat di Provinsi Riau antusias untuk mengikuti debat Capres-Cawapres yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Finroll.com – Debat Capres-Cawapres pertama yang akan berlangsung nanti malam pada Kamis 17 Januari 2019 akan dimulai pada pukul 19.00 Waktu Indonesia Barat (WIB). Yang rencananya akan disiarkan secara langsung di berbagai stasiun televisi dan Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI).

Seperti dikatakan oleh Bambang, salah seorang mahasiswa mengatakan dalam debat nanti, pemilih bisa mengetahui tingkat intelektual dan pengalamana dari pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

“Melalui debat itu, kita bisa mengetahui tingkat intelektual dan pengalaman dari pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, jadi sangat perlu,” ungkapnya, Rabu (16/1/2019).

Hal sama juga diakui oleh Desi, salah seorang ibu rumah tangga juga mengatakan bahwa melalui debat maka pemilih bisa mengetahui visi dan misi pasangan calon presiden untuk pembangunan Indonesia lima tahun kedepan.

“Kalau sudah kita ketahui melalui pemaparan visi dan misi itu, maka kita bisa menentukan pilihan,” ungkapnya.

Begitu juga pendapat Ale, salah seorang dosen menilai masyarakat sudah menunggu dua pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam memaparkan visi-misi dan menjawab pertanyaan dari panelis.

“Jadi debat ini sangat perlu karena masyarakat ingin mengetahui pandangan para calon dalam hal hukum, HAM,  korupsi dan terorisme, sehingga debat calon presiden menjadi sesuatu yang harus disimak masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Riau, Nurhamin mengatakan masyarakat harus melihat dan mendengarkan debat calon presiden dan calon wakil presiden agar memberikan edukasi untuk menentukan pilihan pada hari pemungutan suara yaitu hari Rabu tanggal 17 April 2019, karena akan diketahui visi dan misi calon presiden dan calon wakil presiden.

“Kami sebenarnya sudah merancang Nobar debat capres-cawapres di tingkat provinsi dan kabupaten/kota namun karena keterbatasan dana, maka masyarakat dihimbau untuk mengikuti baik melalui Nobar maupun dari rumah masing –masing,” harapnya.

Menurutnya, masyarakat penting mengikuti debat pertama tersebut karena mendapatkan informasi dan mengetahui tentang program, visi dan misi setiap pasangan, agar bisa menjadi referensi dalam menentukan pilihan.

“Debat akan memberikan masyarakat kesempatan untuk mengetahui program-program yang ditawarkan dua pasangan calon, tidak menutup kemungkinan, masyarakat sudah menentukan keputusannya seusai menyaksikan debat,” tambahnya.

Debat kandidat merupakan tahapan yang sudah diatur dalam PKPU pasal 277 ayat 6 UU Pemilu, tujuannya agar masyarakat bisa menjadi pemilih yang cerdas dalam menentukan pilihan, sebab nantinya, pemilih dapat mengetahui kualitas, penguasaan permasalahan, visi, konsep, program konkrit dan lainnya dari masing-masing kandidat. (rri)

Continue Reading

Nasional

Catat, Aturan dan Jadwal Siaran Langsung Debat Perdana Capres-Cawapres 2019

Published

on

Catat, Aturan dan Jadwal Siaran Langsung Debat Perdana Capres-Cawapres 2019

Finroll.com – Debat perdana capres-cawapres 2019 akan dihelat Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada malam Ini Kamis, 17 Januari 2018, di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan.

Acara Debat dimulai pukul 20:00 WIB dan disiarkan langsung 4 stasiun Televisi diantaranya, Kompas TV, TVRI, RTV dan RRI.

Peserta debat perdana adalah pasangan capres cawapres, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Tema yang diangkat yaitu hukum, HAM, terorisme dan korupsi. Debat perdana ini akan dipandu oleh dua orang moderator, mantan jurnalis Ira Koesno dan jurnalis senior Imam Priyono.

Disediakan waktu selama 89 menit 55 detik dalam penyelenggaraan debat pertama. Nantinya, debat akan dibagi ke dalam enam segmen. Segmen pertama, penyampaian visi-misi pasangan calon presiden dan wakil presiden. Disediakan waktu selama 23 menit 15 detik untuk kedua pasangan calon memaparkan visi-misi mereka ke hadapan publik.

Segmen kedua dan ketiga adalah debat dengan metode pertanyaan terbuka. Waktu yang disediakan sekitar 31 menit. Dalam segmen itu, moderator debat akan menyampaikan pertanyaan kepada paslon, yang mana paslon sebelumnya telah mendapat kisi-kisi pertanyaan dari KPU. Masing-masing paslon akan diberi 1 pertanyaan dari setiap tema.

Segmen keempat dan kelima adalah debat dengan metode pertanyaan tertutup. Waktu yang dialokasikan dalam segmen ini sekitar 26 menit. Metode ini memberikan kesempatan kepada pasangan calon memberikan pertanyaan ke pasangan calon lainnya. Segmen terakhir adalah pernyataan penutup (closing statement). Alokasi waktu untuk segmen ini 11,30 menit.

Disepakati dua kubu

Selama debat, pasangan capres-cawapres diimbau untuk tak memberikan pertanyaan spesifik mengenai contoh kasus tertentu pada paslon lainnya.

Alih-alih meminta pernyataan sikap kandidat terhadap suatu kasus, paslon diminta fokus ke penggalian visi-misi, gagasan, dan pengetahuan, sebagaimana tujuan penyelenggaraan debat.

Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi menerangkan, tak ada hukuman tertentu jika saat debat berlangsung paslon bertanya mengenai suatu kasus ke paslon lainnya. Sebab, tak ada aturan tertulis mengenai hal ini.

Meski begitu, hal ini telah disepakati oleh tim kampanye kedua paslon. Melalui sejumlah rapat persiapan debat, kedua tim kampanye bersepakat untuk tidak saling melempar pertanyaan yang terlalu konkret.

Selain itu, kandidat juga diminta untuk memperhatikan ketentuan debat pilpres yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Menurut Undang-Undang tersebut, ada sejumlah hal yang tidak boleh dibahas dalam debat, misalnya dilarang mempersoalkan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, bentuk NKRI, hingga membawa isu SARA.

Tamu undangan

Supaya debat berjalan kondusif, KPU membatasi undangan penonton debat hanya untuk 500 orang. Undangan tersebutlah yang nantinya diperbolehkan masuk ke arena debat.

Dari 500 undangan, 100 undangan diperuntukan bagi pendukung pasangan calon nomor urut 01, dan 100 orang untuk pendukung paslon nomor urut 02. Sementara 300 orang sisanya adalah undangan KPU.

Tamu undangan KPU di antaranya, para tokoh bangsa, tokoh masyarakat, tokoh agama, akademisi, tokoh pemuda, budayawan, mahasiswa hingga pegiat.

KPU juga mengundang Presiden RI ke-3 B. J. Habibie, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, dan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Termasuk, KPU juga mengundang seluruh mantan wakil presiden RI.

Di luar tamu undangan, massa pendukung diperbolehkan hadir ke lokasi, tetapi tidak diizinkan masuk ke arena debat.

KPU menyediakan dua tempat terpisah di luar arena debat bagi massa pendukung kedua paslon. Kedua massa pendukung dipisah untuk menghindari terjadinya hal-hal yang mengganggu keamanan.

Akan disediakan layar lebar di dua tempat tersebut, sehingga, meskipun tak berada di arena debat, massa pendukung tetap dapat mengikuti jalannya debat.

Dilarang provokatif

KPU meminta para tamu undangan debat tak membawa alat peraga kampanye selama menyaksikan debat. Hal ini untuk menjaga suasana debat tetap kondusif.

Untuk tetap memeriahkan suasana debat, KPU akan menyediakan alat peraga kampanye bagi para tamu undangan. Alat peraga itulah yang boleh dibawa tamu selama menjadi penonton debat di ruangan.

Selain dilarang membawa alat peraga sendiri, KPU juga meminta para tamu tak mengenakan atribut kampanye yang provokatif. Para tamu diminta memakai atribut yang wajar dan sesuai dengan kaidah.

Misalnya, tidak perlu mengenakan baju bertuliskan ‘Jokowi Lagi’ atau Jokowi 2 Periode’, dan tidak perlu juga mengenakan baju bertuliskan ‘2019 Ganti Presiden’. (kontan)

Continue Reading

Nasional

BPN Pastikan Prabowo-Sandi Berangkat Bersama Ke Lokasi Debat Capres-Cawapres

Published

on

Debat Capres-Cawapres

Prabowo Subianto bersama Sandiaga Uno akan berangkat bersama-sama ke lokasi tempat debat capres-cawapres perdana di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan.

Finroll.comPasangan Capres-Cawapres nomor urut 02 itu berangkat ke lokasi debat capres-cawapres dari kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, sekitar pukul 19.00 WIB.

“Rencana (Prabowo-Sandi) berangkat bersama (Capres-Cawapres) dari Jalan Kertanegara No 4. Kemungkinan di sana (Hotel Bidakara) harus pukul 19.20 WIB. Mungkin pukul 19.00 sudah berangkat,” kata Koordinator Jubir Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak di Media Center, Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, Rabu (16/1).

Sementara ketika ditanya, apakah Prabowo-Sandi akan berangkat bersama para Ketua Umum partai politik (Parpol) pengusung. Dahnil mengatakan bahwa hingga sampai saat ini belum ada pembicaraan terkait hal tersebut.

“Kami belum bicara itu spesifik,” jelasnya.

Selain itu terkait kostum yang akan dipakai Prabowo-Sandi dalam debat capres, Dahnil enggan menjawab. Dan malah berkelakar soal lebih ganteng dari pasangan capres-cawapres nomor urut 01.

“Kita lihat besok, yang jelas Prabowo-Sandi kelihatan lebih ganteng dari yang lainnya, itu pasti, itu sudah dipastikan,” ujarnya.

Dalam debat capres-cawapres, ada 50 tokoh masyarakat dan tokoh politik yang diundang untuk menghadiri acara yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Ada beberapa tokoh lah, tokoh masyarakat, anak muda dan parpol. Tiap kandidiat (Capres-Cawapres) dialokasikan 100 orang,” tuturnya.

Continue Reading
Advertisement

Trending