Prabowo ke Media Asing: AS dan China Sama-sama Penting

  • Bagikan

Jakarta – Calon presiden no urut 2, Prabowo Subianto, menganggap Amerika Serikat dan China sama-sama penting bagi Indonesia.

Pernyataan itu diutarakan Prabowo dalam wawancara khusus dengan media AS, Newsweek, awal Januari lalu.

“Amerika Serikat dan China adalah mitra yang sangat penting bagi kami. Kami memiliki hubungan baik dengan keduanya,” ucap Prabowo merespons pertanyaan soal seberapa penting Indonesia menjaga hubungan dengan dua negara adidaya yang saling bersaing ini.

Prabowo mengatakan ketegangan rivalitas AS dan China bahkan berdampak sampai ke wilayah Asia Pasifik, termasuk kawasan Asia Tenggara.

Menurutnya, Indonesia dan negara di kawasan memiliki lebih banyak alasan untuk khawatir soal ketegangan AS-China karena Asia Pasifik terkena dampak langsung dari eskalasi hubungan kedua negara tersebut.

“Hal ini berisiko memperburuk keamanan dan stabilitas kawasan dan berdampak buruk terhadap perekonomian dan pembangunan kita,” papar Prabowo.

Menurut Prabowo, Indonesia memiliki hubungan yang sangat baik dengan AS dan China. Ia menganggap AS adalah salah satu mitra terpenting Indonesia dalam berbagai sektor.

Sementara itu, Prabowo mengatakan China juga merupakan mitra yang sangat penting bagi Indonesia, terutama dalam hal perdagangan dan ekonomi.

“Dan saya akan berupaya mempertahankan kemitraan penting ini,” ujar Prabowo ketika ditanya apa yang akan ia lakukan jika menang Pilpres 2024 terkait hubungan RI dengan AS-China.

Dalam wawancara itu, Prabowo juga mengatakan ia bakal meningkatkan pertahanan dan keamanan Indonesia dalam menghadapi berbagai potensi ancaman yang datang dari luar.

“Meningkatkan keamanan adalah salah satu poin penting, di mana saya telah menunjukkan komitmen terhadap pasukan militer dan keamanan yang dikelola dengan baik saat menjabat sebagai Menteri Pertahanan,” kata Prabowo dalam wawancara eksklusif tersebut

“Tentu kita memerlukan militer yang kuat dan mampu mempertahankan setiap inci wilayah kita. Tapi apakah itu cukup jika kita tidak bisa menjamin kemandirian pangan, energi, dan air? Saya kira tidak demikian,” imbuhnya seperti dikutip Newsweek.

Prabowo mengatakan visinya soal keamanan jauh lebih luas dan ambisius, karena meyakini jalan menuju Indonesia yang aman dan kuat adalah melalui pembangunan negara dan kesejahteraan rakyat.

“Itu lah sebabnya setiap survei menunjukkan dukungan rakyat terhadap kami semakin meningkat dari minggu ke minggu, seiring dengan semakin dekatnya pemilu,” ujar Prabowo.

Dia mengatakan, “Masyarakat Indonesia tahu bahwa saya adalah orang yang menepati janji. Mereka tahu bahwa saya akan berjuang mati-matian untuk menerapkan setiap usulan kebijakan…. Itu sebabnya mereka akan memilih saya.” (CNN INDONESIA)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *