Connect with us

Ragam

Novita Eliza Yuliana, Caleg DPRD Tangsel yang Concern Pada Pendidikan

Published

on


Novita Eliza Yuliana, Caleg DPRD Tangsel Dapil Setu-Serpong yang Concern Pada Pendidikan

Finroll.com — Caleg DPRD Tangerang Selatan (Tangsel) Dapil Setu-Serpong, Novita Eliza Yuliana, memandang sektor pendidikan di Kota Tangsel harus dibenahi. Ini dikarenakan masih adanya pemungutan biaya pendidikan, tanpa ada jaminan biaya sekolah gratis dari pemerintah setempat.

“Saat ini dalam prakteknya di lapangan, sekolah-sekolah di Tangerang Selatan belum gratis, masih dipungut biaya. Bahkan di tingkat sekolah dasar (SD) masih ada beberapa sekolah yang memungut biaya,” ungkapnya.

Ia menegaskan, bila ia terpilih nanti maka dirinya akan menyerap aspirasi warga Tangsel terkait pendidikan, dan akan menggratiskan biaya sekolah.

Di sisi lain, dirinya juga menyayangkan fungsi tugas anggota legislatif, baik itu dari DPR dan DPRD yang saat ini kurang aktif menjadi penyambung lidah rakyat.

Novita Eliza Yuliana, Caleg DPRD Tangsel Dapil Setu-Serpong yang Concern Pada Pendidikan

“DPR itu bukan pendamping pemerintah, melainkan kontroller. Namun yang terjadi selama ini justru banyak anggota legislatif melupakan fungsi mereka sebagai wakil rakyat dalam mengawasi pemerintahan dan menyalurkan aspirasi rakyat,” sambungnya.

Dari keresahan tersebut, Novita pun mantap melangkah dan akan membuat perubahan bagi masyarakat khususnya warga Tangsel. Sehingga ketika terpilih, ia akan benar-benar menyerap aspirasi warga dan mewujudkannya.

“Saya adalah orang yang jujur, berani dan amanah,” tegasnya.

Advertisement

Ragam

‘Malu Bertanya Sesat Dijalan’, Seorang Pemuda Malaysia Tersesat 10 Hari Dijalanan Singapura

Published

on

Tersesat dijalan

Peribahasa “malu bertanya sesat di jalan” benar-benar dialami seorang remaja 18 tahun asal Malaysia yang tersesat dijalan.

Finroll.com – Diwartakan Oddity Central Kamis (10/1/2019), awalnya Zhang datang ke Singapura untuk mencari pekerjaan, dan tinggal bersama seorang teman. Karena dia malu bertanya akhirnya Zhang tersesat dijalanan Singapura selama 10 hari

Saat hari kejadian, temannya memberikan 50 dollar Singapura, sekitar Rp 519.000, untuk membeli makan siang karena saat itu Zhang hanya membawa ringgit. Setelah makan siang di kafe terdekat, dia baru menyadari tidak bisa menemukan jalan pulang ke apartemen temannya itu.

“Saya sangat bingung. Semua apartemen kelihatan sama saja. Saya juga tidak bisa menemukan petunjuk jalan ke apartemen,” kata Zhang.

Kesialannya bertambah karena saat itu paspor, ponsel, hingga identitasnya ditinggalkan di apartemen temannya itu. Zhang mengaku tidak berani menanyakan arah jalan pulang kepada warga setempat. Dia juga tidak bisa menemukan pos polisi satupun.

Karena itu, dia kemudian mengelilingi Singapura untuk menemukan apartemennya. Dia tidur di pintu depan apartemen, dan mandi serta buang air di toilet mall. Di hari kedelapan, tantangan mulai timbul tatkala uangnya habis. Zhang berkata dia terpaksa mengemis untuk menyambung hidup.

“Saya kelaparan dan kehausan. Saya terpaksa mengemis karena saya tak berani bertanya kepada orang lain. Selama dua hari, ada 6-7 orang yang memberikan uang,” kenangnya yang dikutip dari kompas.com.

Beruntung di hari kesepuluh, ada orang yang mengenalnya dari pengumuman orang hilang dan segera melaporkannya ke polisi. Zhang ditemukan pada 6 Januari lalu di sebuah kawasan bermain anak-anak, sekitar enam kilometer dari apartemen temannya.

Rupanya, si teman membuat laporan orang hilang kepada polisi setelah Zhang tidak pulang pada hari dia keluar untuk pergi makan. Zhang kemudian naik bus untuk kembali ke Malaysia.

Kepada awak media, dia berujar tidak akan kembali ke Singapura dalam keadaan takut lagi. Kisahnya menjadi viral baik di Singapura maupun Malaysia. Sebagian netizen meragukan kebenarannya karena remaja yang terlalu takut bertanya pada orang namun tak malu mengemis. Sementara netizen lainnya benar-benar terkejut.

“Jika dia tak bisa berinteraksi dengan orang, mungkin dia tak bisa mendapat pekerjaan juga di Malaysia,” kata warganet.

Continue Reading

Ragam

Berikut Cara Cerdas Menghilangkan Rasa Kantuk di Kantor

Published

on

Menghilangkan Rasa Kantuk

Rasa kantuk saat bekerja tentunya hampir pernah dirasakan oleh semua orang.

Finroll.com – Penyebabnya pun beragam mulai dari kurang tidur, telat gajian, padatnya aktivitas, dan yang paling utama disebabkan oleh rendahnya kadar gula darah, dehidrasi, dan juga berkurangnya kadar oksigen di dalam otak.

Kopi atau minuman berenergi lainnya sering menjadi pilihan saat mata dan badan sudah mulai lelah. Padahal kafein pada kopi, jika terlalu banyak juga tak baik bagi tubuh Anda. Terlepas dari apakah kafein sehat atau berisiko, masih banyak cara alami lain untuk mengusir rasa kantuk saat bekerja.

Jika hal tersebut sudah dialami maka bisa mempengaruhi mood dan juga kualitas kerja seseorang. Sebelum menjadi kebiasaan buruk yang melekat pada diri Anda ketika bekerja, sebaiknya segera lakukan cara ini untuk menghilangkan kantuk saat kerja

Berikut ini ulasan tentang cara menghilangkan rasa kantuk dikantor, Yuk Simak bersama pembahasannya di bawah ini!
  1. Minum air putih

    Menghilangkan Rasa Kantuk

Seperti yang sudah dibahas pada paragraf awal, penyebab rasa kantuk saat kerja ini disebabkan oleh kurangnya oksigen yang masuk ke dalam tubuh sehingga menyebabkan dehidrasi.

Jika sudah begitu, selain bisa menyebabkan kantuk bisa juga menurunkan daya ingat, konsentrasi yang bisa mengakibatkan kualitas kinerja Anda menurun.

Tentunya solusi dari hal tersebut adalah dengan minum air putih. Air putih ini sangat ampun untuk menghilangkan kantuk saat kerja karena memiliki kandungan oksigen yang cukup banyak dan sangati baik untuk tubuh Anda.

Minum air putih ini sangat dianjurkan untuk diminum sebanyak 8 gelas perhari. Nah, untuk Anda bekerja sebaiknya selalu persiapkan air minum di meja kerja Anda. Ketika Anda mengantuk air putih adalah satu cara yang paling ampuh untuk menghilangkannya.

Tak hanya diminum ketika Anda mengantuk saja, tetapi juga bisa diminum sebelum dan susdah makan. Ataupun ketika Anda sudah melakukan aktivitas yang padat dalam satu hari penuh.

  1. Jalan-jalan ke luar kantor

Cahaya lampu, monitor komputer, dan air conditioner (AC) bisa membuat Anda ngantuk. Jalan-jalan selama 15 menit di luar kantor bisa membantu Anda mendapat udara segar. Melihat pemandangan baru juga bisa membuat badan Anda lebih segar.

  1. Olahraga ringan di sela-sela jam kerja

    Menghilangkan Rasa Kantuk

Sebelum memulai aktivitas bekerja atau ketika waktu istirahat siang tiba cobalah untuk melakukan olah raga ringan. Adapaun olahraga yang dapat Anda lakukan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Bungkukkan badan dengan posisi kaka lurus dan tangan menyentuh ujung jari kaki. Lakukan hal tersebut selama 5 sampai 8 kali dengan waktu 5 sampai 10 detik.
  • Beriktunya adalah melakukan posisi berdiri sambil menghadap ke salah satu sudut ruangan. Kemudian rentangkan tangan hingga sejajar dengan bahu kemudian gerakan seluruh jari tangan dengan posisi buka tutup hingga 10 detik dan lakukan sebanyak 5 sampai 10 kali.
  • Cara berikutnya adalah dengan melakukan posisi duduk, letakkan kedua tangan di pinggul Anda sambil merapatkan kedua kaki. Kemudian, busungkan dada dengan tatapan mata fokus ke depan.

Lakukan hal tersebut hingga Anda merasakan penegangan pada dada Anda. Jika sudah begitu tarik tulang bahu ke belakang secara bersamaan. Lakukan hal tersbeut hinga 10 kali dengan waktu 10 detik.

Dengan melakukan cara di atas selain bisa menghilangkan rasa kantuk saat kerja juga bisa membuat badan Anda menjadi sehat.

  1. Bercanda sejenak dengan teman seruangan

Bercandalah dengan karyawan lain selama 5 menit. Tertawa bisa membantu tubuh Anda bergerak dan menghilangkan rasa kantuk. Jika Anda tak bisa bercanda, tonton video lucu dan tertawalah.

  1. Mendengarkan musik

    Menghilangkan Rasa Kantuk

Cara untuk menghilangkan kantuk saat kerja berikutnya adalah dengan mendengarkan musik dengan irama yang membuat semangat. Cara tersebut banyak dilakukan oleh para karyawan yang memang terkena kantuk saat sedang bekerja dan terbukti sangat efektif.

Selain memilih lagu yang berirama semangat, Anda pun bebas memilih lagu-lagu favorit yang biasa Anda putar. Dengan begitu akan memberikan efek meningkatnya produktivitas kerja Anda.

Namun, untuk mendengarkan musik yang berirama semangat ini sebaiknya menggunakan headset agar teman-teman disekeliling Anda tidak merasa terganggu.

Untuk mendengarkan musik saat bekerja ini sangat dianjurkan untuk Anda yang memang bekerja dibagian divisi yang tidak berhubungan dengan customer. Karena itu, sebaiknya lakukan aktivitas tersebut ketika memang Anda sedang mengantuk ataupun ketika mood Anda  sedang tidak bersahabat

  1. Tidur siang

    Menghilangkan Rasa Kantuk

Bila cara di atas tidak mempan, maka tak ada pilihan lain selain tidur siang selama 10-20 menit di tempat kerja. Tentu saja konsekuensi dari tidur siang saat bekerja adalah Anda tidak bisa terlentang ataupun tengkurap.

Untukk bisa tidur siang saat di kantor ini sebaiknya dilakukan ketika jam istirahat selama waktu yang ditentukan.

Tak ada salahnya untuk meminta izin terlebih dahulu kepada atasan atau rekan kerja Anda. Hal ini berguna agar tidak ada yang menganggu dan terganggu dengan aktivitas tidur Anda ketika berada di kantor.

Tidur siang ini memang “obat” yang paling mujarab ketika rasa kantuk melanda. Karena itu tak ada salahnya untuk tidur sejenak selama disekeliling Anda tidak terganggu dan setelahnya Anda bisa beraktivitas dengan normal kembali.

Selagi ada solusi maka lakukanlah, namun jika sudah tidak bisa ditolerir tak ada salahnya untuk bersitirahata sejenak untuk menyegarkan kembali pikiran dan tubuh Anda. Setuju?

Semoga bemanfaat!

Continue Reading

Ragam

Dimanakah Posisi Kata ‘Tronjal-Tronjol’ Dalam Bahasa Indonesia

Published

on

Tronjal-Tronjol

Tronjal-tronjol, jenis kata yang dipakai Nurhadi ini sontak menjadi viral di media sosial karena parodi capres dan slogan nyentrik bertajuk ‘SmackQueen YaQueen’.

Finroll.com – Nurhadi tak menyangka jika candaanya tentang Indonesia Tronjal-Tronjol Maha Asik  ini akan ramai diperbincangkan netizen.

Sebagai tokoh parodi capres, kehadiran pria yang berprofesi sebagai ahli urut ini bak oase di tengah panasnya kontestasi politik tanah air.

Kata tronjal-tronjol sendiri dalam bahasa jawa artinya “terabas-terobos”. Penggunaan kata tronjal-tronjol  menarik perhatian khalayak, karena pungalangan kata pada dasarnya ditandai dengan penggunaan tanda hubung (-). Dan istilah tronjal-tronjol  telah memenuhi persyaratan.

Setidaknya, ada 6 bentuk pengulangan kata yang kerap kita temui dalam bahasa Indonesia. Dari paparan di bawah ini, coba tebak: di manakah seharusnya posisi kata tronjal-tronjol berada?

1. Pengulangan kata sempurna atau dwilingga. Kata-kata akan diulang secara sempurna tanpa perubahan bentuk, misalnya: anak-anak, pagi-pagi, mobil-mobil.

2. Pengulangan kata sebagian atau dwipurwa. Pada hal ini, pengulangan terjadi pada suku kata pertama dengan pelemahan vokal, misalnya: dedaunan, pepohonan, lelaki, tetamu.

3. Pengulangan bagian belakang kata atau dwiwasana. Seperti yang telah disebutkan, dalam bentuk ini, pengulangan kata hanya terjadi di separuh belakang kata, misalnya: perlahan-lahan, sekali-kali, pertama-tama.

4. Pengulangan kata berimbuhan. Reduplikasi yang terjadi, dalam hal ini, adalah pada lingga pertama maupun lingga kedua, misalnya: bermain-main, tarik-menarik, sapa-menyapa.

5. Pengulangan kata yang bukan hanya terjadi dua kali, melainkan tiga, atau disebut dengan nama trilingga. Ia merupakan fenomena pengulangan onomatope dengan variasi fonem.

6. Pengulangan kata berubah bunyi atau dwilingga salin suara. Jenis yang satu ini merupakan pengulangan dengan variasi fonem, misalnya: mondar-mandir, pontang-panting, bolak-balik, tindak-tanduk, hingga……tranjal-tronjol!

Apakah pengulangan kata di atas selalu ditulis dengan kapital dalam judul?
Jawabannya ternyata sederhana: tidak.

Dari keseluruhan bentuk pengulangan kata yang kita baca di atas—termasuk tronjal-tronjol tadi—hanya satu saja bentuk pengulangan kata yang berhak diberi kapital di setiap unsur, yaitu pada bentuk dwilingga alias pengulangan kata sempurna. Pada bentuk yang lain, huruf kapital hanya digunakan pada huruf pertama unsur pertama.

Tapi, by the way mungkin jawaban pasti dari apakah ‘tronjal    tronjol’ punya arti khusus dalam KBBI itu tidak ada. Setidaknya kalian dapat tahu posisi kata tronjal tronjol ada dimana. Sehingga, jika kalian ingin memakai kata tronjal-tronjol tersebut kalian dapat tahu menaruh kata tersebut dimana.

Sumber: Mojok.co

Continue Reading
Advertisement

Trending