Connect with us

Ragam

Mengenang Semangat Pemuda di Museum Sumpah Pemuda

Published

on


Featured Video Play Icon

Gedung di Jalan Kramat Raya nomor 106 itu tampak terawat dari luar. Dari gedung inilah sejarah sumpah pemuda dimulai. Gedung yang kini telah berubah menjadi Museum Sumpah Pemuda mencatatkan sejarah bahwa pemuda yang masih kedaerahan itu berkumpul dan mengadakan kongres, menyerukan persatuan dan kesatuan Nusantara.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ragam

Jangan Lakukan Ini Pada Anak Kembar Jika Kalian Tak Ingin Mereka Kesal

Published

on

Anak Kembar

Kalian pasti pernah memiliki teman, keluarga, atau mungkin cuma melihat anak kembar muncul di sekitarmu. Populasinya yang sedikit membuat mereka tampak mencolok dan mudah diketahui.

Finroll.com – Meski begitu, mereka sulit dibedakan. Apalagi kalau mereka adalah anak kembar yang identik. Kalau kalian nggak mengenalnya dengan baik, perbedaan sekecil apapun bakal sulit ditemukan.

Lahir dengan muka yang mirip membuat mereka jadi bahan pembicaraan yang asyik. Pembicaraan itu kadang menyenangkan tapi bisa juga menyebalkan buat mereka.

Beberapa poin di bawah ini mungkin jadi sesuatu yang ngga boleh kalian lakukan pada anak kembar kalau ngga mau bikin mereka kesal.

1. Boleh saja mencari perbedaan pada diri anak kembar, tapi jangan membandingkan mereka dari baik dan buruknya diri mereka.

Saat kalian melihat anak kembar, kalian pasti refleks mencari perbedaan di antara mereka. Entah itu tahilalat, belahan rambut, gaya, atau mungkin suara. Tapi, ada juga orang yang memberi nilai pada anak kembar dari segi fisik atau pun prestasi.

Kalau kedua anak kembar itu perempuan, kalian pasti pernah menilai si A lebih cantik daripada si B, si B lebih pintar daripada si A, si A lebih putih daripada si B, dan seterusnya. Tanpa sadar, kalian telah memberi cap pada mereka dan membuat salah satunya merasa lebih buruk daripada saudara kembarnya.

Meski banyak orang di luar sana juga pernah diperlakukan seperti itu, tapi merasa lebih buruk dari saudara kembar sendiri akan lebih menyakitkan loh. Kebayang kan rasanya cemburu atau iri dengan saudara sendiri?

2. Anak kembar nggak selalu bersama. Mereka juga punya aktivitasnya masing-masing.

Entah kenapa anak kembar selalu dianggap akan selalu bersama kemana pun dan di mana pun. Padahal mereka juga butuh mengembangkan diri dan bergaul dengan banyak orang. Seolah-olah jika mereka tidak bersama adalah sesuatu yang aneh. Saat anak kembar lama berpisah, toh mereka akan menghabiskan waktu berdua juga kok!

3. Banyak orang mengklaim kembar punya “twintuition” di segala hal.

Rasanya anggapan anak kembar bisa merasakan sesuatu yang terjadi dengan saudara kembarnya jadi pertanyaan yang umum. Tumbuh bersama membuat ikatan batin mereka jadi kuat. Tapi, ada juga orang yang bertanya seperti ini:

“Kalau yang satu sakit, trus lainnya juga sakit?”

Mungkin ada juga kembar yang bisa merasakan sakit yang dirasakan kembarannya, tapi bukan berarti ketularan juga. Kalau mereka sering berdekatan dan penyakitnya menular ya tentu saja bakal ketularan dong!

4. Anak kembar sering jadi tontonan gratis di tempat umum.

Rasanya ini menyenangkan bagi orang lain, tapi jadi tidak nyaman bagi si kembar. Saat berada di tempat umum, mereka akan sering mendapat pertanyaan ini

“Eh kembar ya?”

“Loh kok kalian mirip? Kembar ya?”

Lalu orang lain yang mendengarnya pun ikut-ikut memperbincangkan. Padahal, situasi ini bisa saja membuat mereka risih karena menjadi tontonan banyak orang.

5. Mereka sering jadi korban “salah panggil”

Ini jadi hal yang menyebalkan bagi kembar. Nggak cuma teman, orang tua mereka juga bisa melakukan kesalahan ini. Kemiripan wajah sering bikin mereka sulit dibedakan dari jauh. Si kembar bisa jadi kesal karena merasa tidak dikenali oleh orang terdekatnya sendiri. (Hipwee)

Continue Reading

Ragam

Begini Jadinya Jika Ganja Dilihat Menggunakan Mikroskop

Published

on

Finroll.com – Ganja merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam dunia medis untuk menyembuhkan suatu penyakit. Sayangnya, terdapat oknum yang menyalahgunakan tanaman tersebut hingga akhirnya penggunaan di luar kepentingan medis dianggap ilegal.

Namun, dunia sains selalu mempunyai hal menarik untuk dibahas seperti daun ganja ini. Ted Kinsman melalui bukunya yang berjudul Cannabis: Marijuana under the Microscope menunjukkan betapa menariknya wujud daun ini dari jarak mikroskopis. Berikut adalah tujuh penampakan daun ganja apabila dilihat dari mikroskop.

1. Batang tubuh ganja

Sumber: tedkinsman.photoshelter.com)

2. Percabangan dari tangkai daun

(Sumber: microscopy-uk.org.uk)

 

3. Permukaan daun ganja

(Sumber: microscopy-uk.org.uk)

 

4. Bagian dalam batang

(Sumber: microscopy-uk.org.uk)

5. Kristal kalsium oksalat

 

(Sumber: microscopy-uk.org.uk)

6. Permukaan biji ganja

 

(Sumber: microscopy-uk.org.uk)

7. Penampakan dari putik bunga

(Sumber: microscopy-uk.org.uk)

Continue Reading

Ragam

Messenger Digadang-gadang Bisa Hapus Pesan ‘Salah Kamar’

Published

on

messenger

Messenger disebut bakal menambahkan fitur untuk menghapus ‘pesan salah kamar’ dengan durasi maksimal 10 menit sejak pesan dikirim.

Finroll.com – Fitur baru ini dikabarkan tengah diuji coba sebelum dirilis resmi untuk para pengguna messenger. Bocoran kemunculan fitur baru ini pertama kali diungkap oleh pemilik akun @MattNavarra.

Lewat cuitannya seperti yang dilansir The Verge, Matt mengatakan fitur baru itu masuk dalam daftar yang akan dirilis ‘dalam waktu dekat’. Dari tangkapan layar (screenshot) terlihat fitur itu akan tersedia pada Messenger versi 191.0 untuk pengguna iOS.

Kemunculan fitur ini sebenarnya sudah dibocorkan sejak April lalu. Kala itu, Facebook diam-diam menghapus pesan yang dikirimkan oleh sang CEO Mark Zuckerberg.

Namun, kemunculan uji coba fitur hapus pesan pada aplikasi ini justru baru diketahui pada Oktober silam.
Fitur serupa sebelumnya sudah lebih dulu dirilis untuk pengguna WhatsApp. Alasan pengguna yang kerap salah kirim pesan menjadi alasan di balik kemunculan fitur tersebut.

Bedanya, pengguna WhatsApp memiliki durasi lebih lama untuk menghapus pesan salah kamar yakni hingga satu jam. (cnnindonesia)

Continue Reading
Advertisement

Trending