Connect with us

Automotive

Mengenang Kembali Toyota Generasi IV Yang Akrab di Panggil ‘Kijang Kapsul’

Published

on


Mobil kijang merupakan produk dari Toyota yang memang diperuntukan sebagai mobil keluarga. Kijang menjelma menjadi ikon mobil keluarga di Indonesia berkat konsistensinya.

Kijang kapsul merupakan salah satu contoh panjang yang dimiliki Toyota. Jika pada tahun 70an Toyota pernah mengeluarkan Kijang Buaya, kemudian Kijang Doyok dan Kijang Super atau Grand Extra. Akhirnya toyota memperkenalkan kijang kapsul pada tahun 1997 dengan varian pick up dan MPV. Seperti namanya kapsul, mobil ini memang berbentuk seperti kapsul karena lekukan bodinya membulat dan mirip kapsul.

Total varian awal kijang kapsul ini mencapai 18 model dengan pilihan sasis (panjang/pendek) dan mesin yang berbeda (bensin/diesel). Dikijang generasi ke empat ini dominasi jepang semakin meningkat yang sebelumnya Toyota astra motor memanfaatkan perakitan bodi mobil yang banyak memakai karoseri.

Pada generasi ini bentuk Kijang mengalami perubahan total. Tampil lebih aerodinamis dengan lekukan yang lebih halus Kemunculan ini merupakan suatu revolusi konsep desain. Garis-garis body Kijang Kapsul tidak menyisakan garis-garis dari generasi terdahulu. Interior pada Kijang ini juga mulai berbentuk aerodinamis.

Pada varian standar hanya terdapat fitur-fitur standar dan kursi belakang masih berhadapan sama seperti kijang generasi 3, namun pada varian menengah terdapat tambahan fitur seperti alloy wheels, power steering, central lock dan kursi belakang menghadap depan. Dan pada varian teratas terdapat fitur varian menengah plus power window, AC double blower, wiper belakang, lampu kabut, dll.

Pada bulan Februari 2000, dilakukan penyegaran tampilan eksterior dan interior, yang meliputi perubahan pada lampu, bumper dan dashboard-nya.

Kijang EFI berkapasitas 2.000 cc diluncurkan pada bulan September 2000, dengan mesin bertipe baru, 1RZ-E untuk variant Grand dan Krista, sebagai tambahan tipe K yang selama 20 tahun telah diakui kehandalannya. Dengan tipe mesin barunya ini, Kijang semakin bertenaga (97 ps). Sejak diluncurkan hingga akhir kuartal pertama tahun 2002, penjualan Kijang generasi keempat ini telah mencapai angka 269.226 unit.

Pada generasi keempat inilah Kijang mulai diekspor ke manca negara dengan berbagai nama, kecuali untuk Brunei Darussalam yang tetap menggunakan nama Kijang, yaitu Malaysia dan Singapura (Toyota Unser), Filipina (Toyota Revo), Taiwan (Toyota Zace surf),Vietnam (Toyota Zace) dan Afrika Selatan (Toyota Condor 4×4)

Setelah Toyota Kijang Kapsul Minibus digantikan oleh Toyota Kijang Innova pada tahun 2005, Toyota Kijang Kapsul Pickup 1.800cc masih diproduksi hingga tahun 2007, dan Toyota Hilux Single Cabin 2.0 VVT-i diluncurkan sebagai penerus Toyota Kijang Kapsul Pickup 1.800cc.

Automotive

Makin Cakep! Inilah Yamaha Aerox & MX King 150 Doxou Version

Published

on

Makin Cakep! Inilah Yamaha Aerox & MX King 150 Doxou Version

Finroll.com – Tiada angin tiada hujan, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tiba-tiba merilis Yamaha Aerox S version dan MX King 150 Doxou Version.

Doxou sendiri ternyata berasal dari bahasa Jepang “Dokusou” yang berarti originalitas sebuah karya, wiihhh!

Yang paling terlihat jelas tentu perubahan warna yang makin membuat dua motor ini makin cakep!

Paduan antara warna Blue Matte dengan Sakura Coppernya pasti bikin mata melirik. Oh ya, pemilihan warna ini juga sesuai dengan konsepnya yang Play-Mium, alias Playful dan Premium.

Makin Cakep! Inilah Yamaha Aerox & MX King 150 Doxou Version

Yamaha Aerox 155 S Doxou Version

Kedua model ini nih ternyata adalah konsep ASEAN yang saat ini baru dipasarkan ke empat negara aja lho. Yakni Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Filipina.

Baca Lainnya: KMI Rilis Kawasaki W175 Cafe Edition, Jadi Makin Retro Look!

“Sepeda motor dengan kombinasi warna unik ini merupakan hasil inovasi dan kreativitas Yamaha untuk memanjakan konsumen, khususnya kaum muda,” ujar Deputy GM PT YIMM, Yordan Satriadi.

Kalau dilihat-lihat nih, ada sejumlah perbedaan yang membuat kedua motor cakep ini. Pertama ada stripe biru cerah di pinggiran pelek depan tuh. Terus pelek belakangnya di cat sama Yamaha dengan warna biru cerah, beda sama yang depan.

Jahitan-jahitan di joknya pun dibuat berwarna biru. Jangan lupa, spakbor depannya pun dibuat berwarna Sakura Copper, asik nih.

Makin Cakep! Inilah Yamaha Aerox & MX King 150 Doxou Version

Yamaha MX King 150 Doxou Version

Untuk harganya sendiri, Yamaha menjual Aerox 155 S Doxou seharga Rp27.650 on the road Jakarta. Kalau MX King 150 Doxou seharga Rp23.200.000.

Gimana ? siap tampil beda sekaligus elegan dengan Doxou Version ini?

Sumber: Grid Oto

Continue Reading

Automotive

RI Bisa Jadi Pemain Utama Industri Kendaraan Listrik

Published

on

Kendaraan Listrik

Presiden Joko Widodo memandang banyak negara di dunia yang mulai berlomba-lomba menjadi yang terdepan dalam mengembangkan teknologi kendaraan listrik.

Finroll.com – Menurutnya, selain karena ramah lingkungan, kendaraan bermotor listrik juga bisa mengurangi ketergantungan pada energi fosil. Hal tersebut dikemukakan Presiden saat memimpin rapat terbatas mengenai percepatan program kendaraan bermotor listrik di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Senin, 14 Januari 2019.

“Melalui kendaraan bermotor listrik kita juga dapat mengurangi pemakaian BBM. Mengurangi ketergantungan pada impor BBM yang berpotensi menghemat kurang lebih Rp798 triliun,” ujar Presiden.

Terkait dengan upaya membangun industri bermotor listrik, Presiden menyampaikan tiga hal. Pertama, Presiden ingin agar regulasi yang mengatur mengenai program kendaraan bermotor ini disiapkan dan segera diselesaikan.

“Sehingga negara kita dapat beralih lebih cepat lagi menjadi pemain utama dalam kendaraan bermotor listrik,” lanjutnya.

Keyakinan Presiden bahwa Indonesia bisa menjadi pemain utama di industri kendaraan bermotor listrik tersebut bukan tanpa sebab. Menurutnya, Indonesia memiliki semua bahan yang diperlukan dalam pembuatan lithium baterai yang menjadi kunci dalam produksi kendaraan bermotor listrik.

“Kita memiliki nikel, kobalt, mangan, yang itu menjadi sangat penting sekali dalam menyiapkan baterai untuk mobil listrik. Sehingga ini strategi bisnis negara ini harus mulai diatur, sehingga nanti kita bisa melakukan sebuah lompatan menuju ke sebuah produksi baik motor maupun mobil yang memiliki competitiveness yang baik, baik pasar domestik maupun pasar ekspor,” ungkapnya kepada para jurnalis.

Kedua, Presiden meminta agar perencanaan pengembangan bermotor listrik ini dapat dilakukan secara terpadu, terintegrasi antarkementerian lembaga, dan juga melibatkan swasta. “Baik dari sisi risetnya, inovasinya, anggarannya, sampai dengan penyediaan infrastruktur yang dibutuhkan,” katanya.

Ketiga, Presiden mengatakan pengembangan bermotor listrik harus digunakan sebagai momentum untuk penyiapan sumber daya manusia Indonesia yang mampu menguasai teknologi terkini dan sekaligus digunakan untuk penciptaan nilai tambah.

“Efek multiplier melalui upaya memperbesar kandungan komponen dalam negeri (TKDN),” tandasnya.

Continue Reading

Automotive

Toyota Avanza 2019 Resmi Diluncurkan, Tak Ada Perubahan Di Segi Harga

Published

on

Avanza 2019

Toyota akhirnya resmi merilis versi facelift Avanza 2019. Dari sebelas varian yang ditawarkan, harganya tak berubah dari model lama.

Finroll.com – Avanza 2019 dibanderol mulai dari Rp 188,6 juta untuk tipe E STD MT. Lalu Rp 239,45 juta untuk Veloz, di kasta tertinggi. Munculnya model baru di hadapan khalayak diharapkan mampu melanjutkan kesuksesan pendahulunya sebagai market leader.

Persaingan di segmen LMPV memang sangat ketat. Beragam kompetitor masuk di lahan yang basah ini. Meski mulai tergerus, posisi Avanza faktanya tetap nomor wahid dan memegang mahkota sebagai terlaris. Untuk mempertahankan posisinya, muncullah model anyar. Sayang, racikan pada Avanza hanya sebatas ubahan pada muka, sedikit di dasbor dan tambahan aksen krom di buritan.

“Bentuk Avanza dan Veloz baru, dirancang sesuai dengan karakter konsumen di Indonesia. Kami sangat yakin, produk yang seperti ini (kelebihan Avanza,Red) sangat dibutuhkan konsumen di sini. Kami sudah melakukan survei dan semuanya sudah disesuaikan dengan segala kebutuhan dan kontur alam Indonesia,” terang Anton Jimmi, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) yang dikutip dari oto.

Ubahan mendasar pada penampilan New Avanza terlihat pada bagian depan. Paling kentara, munculnya empat headlamp yang dibelah guna mengekspresikan barang anyar yang konon modern. Menariknya, semua varian memakai lampu depan jenis LED dengan desain garnish yang cukup menarik.

Kemudian fender depan yang dibikin sedikit lebar, untuk menunjang tampilan Avanza. Bumper depan didesain lebih berkarakter dengan rumah lampu kabut yang tajam. Ya, agar tak kalah dengan desain merek tetangga. Tapi Anton mengaku, inspirasi New Avanza lebih condong pada Toyota Voxy dan Vellfire. Makanya guratan dibikin agak tajam.

Lalu soal jantung mekanis, juga tak berubah. Mesin 1,3 liter tetap menghasilkan daya 91 hp dan torsi puncak sebesar 120 Nm. Lalu pilihan mesin 1,5 liter melecutkan tenaga 103 hp dan dorongan torsi 136 Nm.

Namun Avanza dan Veloz dikatakan makin senyap di banding model lama. Sebab pabrikan melekatkan insulator pada bagian sasis belakang, floor, serta dash panel bagian depan. Jadi, bisa menambah kenyamanan ekstra.

Dan yang tak kalah penting, fitur keselamatan. Avanza dan Veloz dilengkapi dengan dual SRS Airbags, seatbel pretensioner & forcelimiter, ABS, Isofix, 3 points seatbelt, side impact beam dan front passenger seat belt warning.

“Sejak dikenalkan pada 2003, Avanza telah terjual lebih dari 1,7 juta unit. Dan sentuhan yang kami berikan pada model baru senantiasa didasarkan pada kebutuhan pasar. Sedangkan untuk targetnya, kami patok di angka sekitar 7 ribuan unit saban bulan, termasuk buat fleet market,” tambah Henry Tanoto, Vice President Direktor TAM.

Berikut harga Toyota Avanza dan Veloz 2019:
  • Toyota Avanza 1.3 E M/T Rp 191.100.000
  • Toyota Avanza 1.3 E A/T Rp 202.300.000
  • Toyota Avanza 1.3 G M/T Rp 208.950.000
  • Toyota Avanza 1.3 G A/T Rp 219.650.000
  • Toyota Avanza 1.5 G M/T Rp 221.250.000
  • Toyota Veloz 1.3 M/T Rp 215.650.000
  • Toyota Veloz 1.3 A/T Rp 227.450.000
  • Toyota Veloz 1.5 M/T Rp 227.650.000
  • Toyota Veloz 1.5 A/T Rp 239.450.000

Continue Reading
Advertisement

Trending