Connect with us

Politik

Mahasiswa Harus Ikut Sukseskan Pilpres 2019 dan Jauhi Hoaks

Published

on


Pilpres 2019

Pilpres 2019 merupakan momentum yang baik untuk memilih pemimpin. Momentum ini harus dimanfaatkan dengan cara menyukseskannya.

Finroll.com – Semua komponen warga negara yang memiliki hak pilih, termasuk mahasiswa, harus menggunakan hak pilihnya secara proporsional dengan memilih calon anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, DPD, dan pasangan Capres-Cawapres.

Pilih yang benar-benar bisa diyakini mampu membawa kebaikan di negeri ini. Caranya dengan memperhatikan secara cermat para calon itu: bagaimana latar belakang kehidupannya, bagaimana keluarganya, bagaimana cara dia berbicara, bagaimana cara dia memperlakukan orang lain, semua harus diperhatikan.

“Kita harus tahu bagaimana kehidupan sehari-hari calon pemimpin kita. Kita harus tahu, misalnya, bagaimana dia tidur. Apakah dia tidur dengan istrinya, atau dengan istri orang lain. Kalau dia mengisap rokok misalnya, kita harus tahu apakah rokoknya murni atau bercampur narkoba, dan seterusnya. Kita harus memilih yang benar-benar baik menurut kita. Mungkin bukan yang terbaik, tapi yang kita yakini paling sedikit keburukannya,” kata Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Abd Rohim Ghazali.

Di hadapan sekitar 300 mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UMJ, Abd Rohim Ghazali mengatakan bahwa pendidikan memiliki peranan penting dalam membangun suatu bangsa. Kemajuan suatu bangsa bisa dilihat terutama dari kualitas pendidikannya.

Oleh karena itu, ketika kota Hiroshima dan Negasaki luluh lantak akibat bom atom tantara Sekutu, yang ditanyakan Kaisar Jepang pertama kali adalah berapa jumlah guru yang menjadi korban, dan berapa jumlah guru yang selamat. Bukan berapa jumlah dokter atau insinyur. Itu artinya, untuk membangun kembali kota yang hancur, pertama kali yang harus diperhatikan adalah pendidikannya.

“Bukan berarti bidang-bidang lain tidak penting,” tegas Rohim.

“Semuanya penting, tapi yang paling penting adalah sektor pendidikannya. Jika sektor pendidikan sudah baik, yang lain-lain akan ikut baik.”

Tapi di tahun politik ini kita sulit membedakan mana kejujuran dan mana kebohongan. Antara yang haq dan yang hoaks, sulit dibedakan, apalagi berita-berita yang tersebar di media sosial. Para penyebar berita hoax bisa dari mana saja, bahkan dari kalangan profesor pun ada yang hobi menyebar hoax. “Ironis bukan?” tutup Rohim.

Politik

Rocky Gerung: AHY ‘Akal Sehat Haqqul Yakin’, Fotonya Pantas Ditaruh di Istana

Published

on

Rocky Gerung: AHY 'Akal Sehat Haqqul Yakin', Fotonya Pantas Ditaruh di Istana

Finroll.com – Akademisi Rocky Gerung menyebut Ketua Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pantas menjadi kandidat presiden atau wakil presiden, pada Pemilu 2024 mendatang.

Hal itu ia sampaikan saat diundang sebagai pembicara dalam kampanye terbuka Partai Demokrat di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (24/3/2019).

Kampanye tersebut dipimpin langsung oleh AHY dan diikuti ratusan kader dan caleg Partai Demokrat. “Itu ada foto besar Mas AHY. Saya rasa foto itu pantas berada di Istana Negara tahun 2024 mendatang,” ujar Rocky Gerung menunjuk salah satu foto besar AHY di sudut GOR.

Rocky Gerung sendiri mengaku sebenarnya AHY pantas maju dalam kontestasi Pilpres 2019.

“Sebenarnya saya ingin berjuang menaruh foto itu lebih cepat di Istana Negara, yaitu tahun ini, tapi proposal uji materi saya ditolak oleh Mahkamah Konstitusi, dan melalui presidential threshold saat ini keinginan itu sulit tercapai,” ungkapnya.

Rocky Gerung pun sempat mengganti singkatan AHY. “Kalau menurut saya AHY itu Akal Sehat Haqqul Yaqin,” ucapnya.

Sebelumnya, Partai Demokrat mengawali pelaksanaan kampanye terbuka dengan menggelar ‘town hall meeting’ oleh AHY. Selain orasi, AHY kemudian menghadirkan akademisi filsafat Rocky Gerung dalam ‘town hall meeting’ tersebut.

“Saya hadirkan sahabat saya dan sahabat Partai Demokrat yang menghadirkan politik akal sehat, beliau adalah Bung Rocky,” ucap AHY.

Saat menyampaikan orasi, Rocky Gerung mengaku nyaman berada di Partai Demokrat. “Saya pun rutin diskusi dengan Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) Ketua Umum Partai Demokrat, dan saya dengar paparan Mas AHY menunjukkan bahwa partai ini memiliki konsep,” tegas Rocky.

Setelah itu Rocky mengenakan jaket bomber Partai Demokrat berwarna putih dan biru. AHY menyambut baik jika Rocky Gerung menyatakan diri bergabung dengan Partai Demokrat.

“Beliau tadi bilang Partai Demokrat adalah rumah kedua beliau dan beliau menemukan kenyamanan, dan Bung Rocky saya undang untuk beri dukungan kepada caleg Partai Demokrat sekaligus menegakkan akal sehat sebagai bagian dari demokrasi,” papar AHY.

AHY pun menanggapi sentilan dari Rocky Gerung yang siap bergabung dengan Demokrat jika diberi KTA (kartu tanda anggota). “Kalau butuh KTA bisa langsung kita cetak dan kita kirimkan ke beliau,” tegas AHY.

Kampanye terbuka sore kemarin menandai kampanye terbuka 20 hari Partai Demokrat.

[Source: Tribun]

Baca Juga: AHY: Rakyat Rindu Pemerintahan Era Presiden SBY

Continue Reading

Politik

AHY: Rakyat Rindu Pemerintahan Era Presiden SBY

Published

on

AHY: Rakyat Rindu Pemerintahan Era Presiden SBY

Ketua Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menilai bahwa rakyat merindukan masa-masa pemerintahan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Hal tersebut diungkapkannya usai beberapa waktu lalu melakukan blusukan ke sejumlah wilayah di Indonesia.

“Dari berkeliling itu, mereka merindukan masa-masa SBY, saat ekonomi tumbuh baik. Daya beli di masyarakat baik,” ujar AHY di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Ahad (25/3).

Menurut AHY, salah satu hal yang paling sering dikeluhkan masyarakat adalah tingginya harga kebutuhan pokok, seperti beras. Pada masa pemerintahan SBY, harga beras hanya Rp 5.000.

Selain itu, harga jual karet saat ini menurutnya sangatlah rendah. Ia pun menyoroti pernyataan Presiden Joko Widodo yang mengatakan bahwa gejolak perekonomian dunia lah yang menyebabkan hal tersebut. “Karet sekarang hancur. Harga beras naik. Belum lagi permasalahan daya beli yang melemah. Ini memberatkan masyarakat di sana-sini,” ujar AHY.

Anak sulung SBY tersebut juga menyampaikan keluhan dari para guru honorer, yang sudah puluhan tahun bekerja tetapi belum diangkat sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Ia pun menilai, era SBY lebih baik karena memperhatikan para guru honorer tersebut.

“Selama 10 tahun masa pemerintahan Pak SBY, lebih dari satu juta guru honorer diangkat statusnya menjadi PNS,” ujar AHY.

Maka dari itu, AHY mengimbau kepada seluruh kader dan relawan Partai Demokrat untuk berusaha meningkatkan elektabikitas di masyarakat. Agar partainya dapat meraih hasil yang sama atau lebih dari Pemilu 2014. “Maka Partai Demokrat harus terus berkiprah di ibu kota yang kita cintai, saat 2019 ini kita bangkit lagi sebagai partai pemenang,” ujar AHY.

Baca Juga: Jokowi Puji Ma’ruf Amin Bisa Jelaskan Starup dan Unicorn

[sumber: republika]

Continue Reading

Politik

Jokowi Puji Ma’ruf Amin Bisa Jelaskan Starup dan Unicorn

Published

on

Jokowi Puji Ma'ruf Amin Bisa Jelaskan Starup dan Unicorn

Finroll.com – Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo memuji calon wakil presidennya Ma’ruf Amin sebagai ulama yang cerdas lantaran mampu menjelaskan bisnis berbasis teknologi. Misalnya, mengenai start up, unicorn, dan decacorn.

“Beliau tahu berbicara mengenai start up. Beliau tahu berbicara unicorn, beliau tahu bicara mengenai decacorn. Pintar. Cerdas,” kata Jokowi di Stadion Maulana Yusuf , Serang, Banten, Minggu (24/3).

Jokowi menyebut Ma’ruf tak hanya ahli di bidang agama, tetapi juga memahami perkembangan bisnis di bidang teknologi. Ma’ruf , kata Jokowi, pun bisa menjelaskan hal – hal yang berkaitan dengan tentang ekonomi syariah.

Karena itulah, kata dia, ia memilih Ma’ruf sebagai cawapres karena yakin kapasitas intelektual Ma’ruf.

“Itulah kenapa saya memilih Profesor Kiai Haji Maruf Amin sebagai calon wakil presiden mendampingi saya. Ini akan mempersatukan ulama dan umaro,” kata Jokowi.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga menekankan bahwa Indonesia merupakan negara yang sarat dengan perbedaan. Mulai dari agama, suku, budaya, serta bahasa. Dia meminta kepada warga Banten yang hadir di lokasi agar menjaga persatuan dan kerukunan yang selama ini telah ada di masyarakat.

Salah satu langkah yang perlu dilakukan adalah melawan kabar bohong atau hoaks. Jokowi menganggap hoaks sudah semakin merajalela. Bahkan sudah tidak lagi beredar di ranah media sosial, tetapi disebarkan dari rumah ke rumah. Menurutnya, masyarakat harus melawan itu agar kabar bohong tidak dianggap sebagai sesuatu yang benar.

“Saudara saudara berani melawan hoaks? Berani melawan kabar fitnah? Kita semuanya harus berani. Jangan sampai persatuan kita , Jangan sampai kerukunan kita, jangan sampai persaudaraan kita pecah karena kabar bohon fitnah dan hoaks,” ujar Jokowi.

Jokowi melaksanakan kampanye terbuka di Stadion Maulana Yusuf, Serang, Banten, Minggu (24/3). Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara bersama – sama ribuan massa yang hadir.

Kampanye terbuka Jokowi juga dihadiri sejumlah elit parpol pengusung. Mereka adalah ketua umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, ketua umum PSI Grace Natalie , dan beberapa tokoh lainnya. Mereka datang mengenakan atribut parpol masing – masing. Saat itu, Jokowi mengenakan kemeja berwarna putih dengan lengan yang digulung.

Sebelumnya, istilah unicorn sempat viral saat Jokowi menanyakan soal itu kepada capres nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam debat pertama Pilpres 2019. Prabowo pun menanggapinya dengan pernyataan ‘yang online-online itu’.

Diketahui, unicorn sendiri merupakan istilah bagi perusahaan start up dengan nilai valuasi di atas US$1 miliar.(cnn)

Continue Reading
Advertisement

Trending