Connect with us

Business

IHSG Diprediksi Bergerak Positif Pada Perdagangan Hari Ini

Published

on


IHSG Diproyeksi Menguat Pada Perdagangan Hari Ini

Finroll.com – Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diramalkan bakal lanjutkan penguatan pada perdagangan saham Rabu (10/10/2018) ini. Namun, penguatan IHSG masih bersifat terbatas.

Indikator momentum relative strength index (RSI), menunjukan harga saham kini memasuki area oversold. Oleh sebab itu, IHSG dipastikan menguat meski masih terbatas.

“Secara teknikal memang pergerakan IHSG melanjutkan aksi rebound. Namun ini masih bersifat jangka pendek. Itu melihat signal positif dari indikator stochastic yang golden-cross pada area oversold,” tutur Head of Research Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi Taulat di Jakarta.

Dengan bertenggernya IHSG di zona positif, Lanjar pada hari ini memproyeksikan IHSG berpeluang bergerak terbatas dengan support dan resistance di 5.757-5.862.

Analis Binaartha Parama Sekuritas Muhammad Nafan berpendapat, pola upward bar mengindikasikan IHSG akan berada di teritori positif. Ia pun memprediksikan IHSG bakal melanjutkan zona hijaunya hari ini.

“Ada potensi penguatan pada laju IHSG. Range tersebut berada di 5.742-5.823,” jelas dia.

Adapun seiring potensi positifnya pasar pada hari ini, Analis Lanjar yakin merekomendasikan saham PT Astra International Tbk (ASII), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI).

Kemudian ia juga memilih PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Elnusa Tbk (ELSA), PT JAPFA Tbk (JPFA), serta PT Barito Pacific Tbk (BRPT).

Sedangkan Nafan memilih saham PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA), PT Harum Energy Tbk (HRUM), PT Vale Indonesia Tbk (INCO), PT Mayora Indah Tbk (MYOR), dan juga PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL).

source (Liputan6)

Keuangan

Bank Indonesia Kembali Tahan Suku Bunga Acuan di 6 Persen

Published

on

Bank Indonesia Kembali Tahan Suku Bunga Acuan di 6 Persen

Finroll.com – Bank Indonesia hari siang ini memutuskan menahan suku bunga acuan (BI 7 Days Repo Rate) di level 6 persen.

“Berdasarkan asesmen ekonomi global dan dalam negeri, RDG BI pada 16-17 Januari 2019 memutuskan untuk mempertahankan BI 7 Days Repo Rate 6%,” ujar Gubernur BI, Perry Warjiyo di kantornya, Jakarta, Kamis (17/1).

Terkait dengan ini, Ia menyebut suku bunga deposit facility dan lending facility juga ikut naik.

“Suku bunga deposit facility tetap 5,25%. Lending facility jadi 6,75%,” sambungnya. Langkah tersebut dilakukan untuk menekan defisit transaksi berjalan hingga turun ke batas yang aman.

Baca Lainnya: OPEC Kurangi Pasokan, Harga Minyak Dunia Naik

“Keputusan tersebut sesuai dengan jaga daya tarik aset keuangan domestik. Sehingga mendukung stabilitas moneter, stabilitas sistem keuangan,” imbuhnya.

“BI optimalkan bauran kebijakan, perkuat kerja sama dengan pemerintah dan kendalikan defisit transaksi berjalan,” sambungnya.

Di sisi lain, kebijakan BI yang menahan suku bunga acuan di 6% sesuai dengan prediksi ekonom beberapa waktu lalu.

“BI akan mempertahankan pada level 6%, ini mempertimbangkan stabilnya nilai tukar rupiah dalam satu bulan terakhir,” ujar Ekonom Permata Bank, Josua Pardede, Rabu (16/1).

Dirinya menambahkan, ekspektasi inflasi tahun ini cenderung terkendali meski ada peningkatan di awal tahun seiring dengan kondisi musim hujan yang mengerek harga kebutuhan pokok.

Sumber: Detik Finance

Continue Reading

Komoditi

Hari Ini Emas Antam Dibanderol Rp 663 Ribu/Gram, Naik Rp 2.000

Published

on

Hari Ini Emas Antam Dibanderol Rp 663 Ribu/Gram, Naik Rp 2.000

Finroll.com – Kamis, (17/1/2019), Nilai jual logam mulia atau emas batangan milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dijual Rp 663.000/Gram. Harga jual hari ini naik 2.000 Rupiah dari harga kemarin Rabu, (16/1), Rp 661.000.

Demikian dilansir dari laman D’finance yang juga mengutip situs Logam Mulia ANTAM 17 Januari 2018.

Sementara harga buyback atau pembelian kembali emas Antam hari ini turun 6.000 dibanding Senin menjadi Rp 581.000 Harga buyback ini berarti, jika Anda ingin menjual emas, maka Antam akan membelinya dengan harga tersebut.

baca juga: OPEC Kurangi Pasokan, Harga Minyak Dunia Naik

Harga emas batangan tersebut sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9%. Bila ingin mendapatkan potongan pajak lebih rendah, yaitu sebesar 0,45% maka bawa NPWP saat transaksi.

Berikut rincian harga emas Antam hari ini:

  • Pecahan 1 gram Rp 663.000
  • Pecahan 5 gram Rp 3.135.000
  • Pecahan 10 gram Rp 6.205.000
  • Pecahan 25 gram Rp 15.405.000
  • Pecahan 50 gram Rp 30.735.000
  • Pecahan 100 gram Rp 61.400.000
  • Pecahan 250 gram Rp 153.250.000
  • Pecahan 500 gram Rp 306.300.000

Baca Juga: Catat, Aturan dan Jadwal Siaran Langsung Debat Perdana Capres-Cawapres 2019

Continue Reading

Komoditi

OPEC Kurangi Pasokan, Harga Minyak Dunia Naik

Published

on

Harga Minyak

Finroll.com – Harga minyak dunia sedikit lebih tinggi pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), didukung oleh reli pasar ekuitas Amerika Serikat (AS) dan kesepakatan pengurangan pasokan oleh OPEC+, tetapi kenaikannya dibatasi oleh data yang menunjukkan peningkatan persediaan produk olahan AS dan rekor produksi minyak mentah.

Patokan global, minyak mentah Brent untuk pengiriman Maret naik 0,68 dolar AS menjadi ditutup pada 61,32 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

Sementara itu, minyak mentah AS, West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari naik 0,20 dolar AS menjadi menetap pada 52,31 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Mengangkat harga minyak, indeks-indeks utama Wall Street yang mencapai tingkat tertinggi satu bulan. Minyak mentah berjangka kadang-kadang mengikuti pasar ekuitas.

Minyak mentah mendapat dukungan dari perjanjian pemangkasan pasokan dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen utama non-OPEC, Rusia. Kelompok ini sepakat pada Desember untuk memangkas produksi minyak gabungan sebesar 1,2 juta barel per hari mulai Januari.

Wakil menteri energi Rusia mengatakan negaranya akan mencapai pengurangan target produksi minyak pada April.

“Pasar sedang berkonsolidasi. Untuk melihat apa pendorong kami selanjutnya, kami akan memantau untuk melihat apakah pemotongan (produksi) bekerja, jika anggota-anggota yang menyetujui, mematuhi mereka,” kata Direktur Riset Pasar di Tradition Energy, Gene McGillian, seperti dikutip Reuters.

Terlepas dari pengurangan produksi, peningkatan produksi minyak mentah AS dapat menekan harga. Badan Informasi Energi AS (EIA) mengatakan produksi minyak mentah AS pekan lalu naik ke rekor 11,9 juta barel per hari, karena ekspor minyak mentah melonjak mendekati rekor tertinggi hampir tiga juta barel per hari.

Stok bahan bakar minyak AS naik lebih besar dari perkiraan dan naik untuk minggu keempat berturut-turut, data EIA menunjukkan.

Produksi minyak mentah AS diperkirakan akan tumbuh tahun ini ke rekor di atas 12 juta barel per hari, dengan negara tersebut berubah menjadi eksportir minyak mentah bersih pada akhir 2020, kata EIA pada Selasa (15/1).

Stok bensin AS naik 7,5 juta barel, jauh melebihi ekspektasi para analis dalam jajak pendapat Reuters untuk kenaikan 2,8 juta barel. Pada 255,6 juta barel, stok bensin berada di tingkat mingguan tertinggi sejak Februari 2017.

Stok destilat, yang meliputi minyak diesel dan minyak pemanas, meningkat 3,0 juta barel, dibandingkan ekspektasi kenaikan 1,6 juta barel, data menunjukkan.

Persediaan minyak mentah turun 2,7 juta barel, lebih dari dua kali lipat perkiraan. “Setiap sentimen bullish dari penarikan minyak mentah telah dikalahkan oleh peningkatan kuat produk-produk,” kata Direktur Riset Komoditas ClipperData Matthew Smith.

Tanda-tanda pelambatan ekonomi di seluruh dunia juga dapat menjaga harga minyak tetap terkendali.

Perkiraan Gedung Putih menunjukkan pada Selasa (15/1) bahwa ekonomi AS mendapat pukulan lebih besar dari perkiraan dari penutupan sebagian pemerintah.

Prospek ekonomi global semakin gelap setelah parlemen Inggris pada Selasa (15/1) menolak kesepakatan Perdana Menteri Theresa May untuk meninggalkan Uni Eropa.

China minggu ini melaporkan data perdagangan Desember yang buruk. Bank sentral China pada Rabu (16/1) melakukan injeksi tunai bersih harian terbesar melalui operasi reverse repo, upaya-upaya yang pasar minyak awasi dengan cermat.(Elshinta)

Baca Juga: Catat, Aturan dan Jadwal Siaran Langsung Debat Perdana Capres-Cawapres 2019

Continue Reading
Advertisement

Trending