Connect with us

Automotive

Honda Sudah ‘Aspalkan’ PCX Electric, Yamaha Kapan Nih?

Published

on


Honda Sudah Keluarkan PCX Electric, Yamaha Kapan Nih?

Finroll.com – Beberapa waktu lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) sudah memulai komersialiasi motor listriknya yaitu PCX Electric.

Mengingat regulasi kendaraan listrik yang belum keluar dari pemerintah, AHM pun tidak menjual unitnya secara ritel, namun disewakan ke perusahaan-perusahaan.

Meski tidak di jual ke masyarakat langkah Honda untuk membawa line up motor listriknya mengaspal di Tanah Air tetap di apresiasi publik.

Sementara itu pesaing utama Honda di Indonesia, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merasa masih membutuhkan waktu untuk menerapkan teknologi sepeda motor listrik ke pasar otomotif  Indonesia.

Mereka mengaku masih mengevaluasi ekspektasi masyarakat di Indonesia soal motor listrik, meski Honda sudah lebih dulu terjun di pasar motor listrik komersil.

Baca Lainnya: Pelaku Industri Motor Listrik Mulai Pamerkan Produknya ke Depan Publik

Ditemui wartawan seusai peluncuran MX150 dan MT 15 di Jakarta baru-baru ini, Presiden Direktur YIMM Minoru Morimoto mengaku enggan mengomentari langsung hairnya PCX Electric.

Kendati demikian dirinya menegaskan kajian salah satu motor listrik Yamaha yaitu E-Vino di Indonesia masih dilakukan.

Produk ini sebetulnya lebih dulu ada di Indonesia, namun Yamaha meminjamkannya ke sejumlah pihak. Berbeda dengan Honda yang menyewakan PCX Electric ke perusahaan

seharga Rp2 juta per bulan.

Pihak yang dipinjamkan E Vino diketahui yakni Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, Universitas Pelita Harapan, The Breeze, dan Kebun Raya Bogor.

“Yamaha sudah mengetes pasar dengan E-Vino, menginvestigasi banyak soal pasar Indonesia. Tapi saya mau bilang evolusi baterai itu sangat penting, dari berat, masa pakai sebentar, dan juga mahal,” ujarnya.

“Mungkin bukan hanya Yamaha, tetapi juga kompetitor, bahkan industri mobil, bekerja keras menjadikannya lebih baik,” sambungnya.

Baca Lainnya: Super Irit, Skutik Baru Suzuki per Liter Tembus 63 KM

Morimoto lantas menyebut tidak mudah meluncurkan motor listrik. Terlebih pihak pabrikan harus bekerja dengan banyak rekanan di luar perusahaan.

“Kami bukan pabrik baterai, kami harus bekerja dengan rekanan, itu tidak begitu mudah,” imbuhnya.

Ia menambahkan pihak pabrikan utama di Jepang saat ini sedang bekerja keras meracik kendaraan listrik yang terbaik. Selain soal baterai, Yamaha juga sedang meramu bodi motor yang tepat.

“Kami perlu kesana (motor listrik), tetapi kadang kami pikir itu masih terlalu dini. Maksud saya soal teknologi,” ucapnya.

“Yamaha mengobservasi situasinya, tetapi baterai itu mahal. Kompetitor kami bila menjualnya tentu sangat mahal, tidak bagus dalam hal pemasaran. Banyak faktor, performa dan biaya yang perlu diobservasi,” paparnya.

Sumber: CNN Indonesia

Automotive

Angkut Penumpang, Taksi Blue Bird Akan Pakai Mobil Listrik Tesla

Published

on

Angkut Penumpang, Taksi Blue Bird Akan Pakai Mobil Listrik Tesla

Finroll.com – Senin, (22/4/2019) Perusahaan Blue Bird akan memperlihatkan penampilan armada taksi bertenaga listrik untuk pertama kali.

Namun sebelum acara tersebut, beberapa foto memperlihatkan wujud armada taksi tersebut. Di media sosial nampak armada taksi Blue Bird tersebut menggunakan mobil listrik Tesla.

Model yang digunakan adalah model S 75 D yang nampak tengah diisi dayanya. Ini tentu berbeda dengan penampakan armada taksi Blue Bird di media sosial beberapa waktu lalu yang menggunakan mobil listrik China dengan merek BYD.

Dalam foto yang beredar nampak Tesla digunakan pada armada SilverBird yang lebih eksklusif. Terdapat dua unit Tesla Model S 75 D yang terlihat dalam gambar yang beredar tersebut.

Masih belum diketahui kapan kedua unit ini akan digunakan di jalan raya, informasi yang mungkin akan hadir pada acara konferensi pers siang ini.

Tesla Model S 75D berdasarkan spesifikasi mampu menempuh jarak 390 kilometer dalam sekali pengisian daya. Mobil ini mampu berakselerasi dari diam hingga 100 kilometer per jam dalam waktu 4,4 detik dengan kecepatan maksimal 225 kilometer per jam.

Tenaga dari motor listriknya hadir sebesar 333 PS dan torsi 525 Nm. Mobil ini menggunakan baterai berkapasitas 75 kWH dengan pengisian daya menggunakan kabel tipe 2.\

Waktu yang dibutuhkan untuk pengisian daya dari kosong hingga penuh adalah 5 jam 15 menit. Sebelumnya, melalui informasi dari Kementerian Perhubungan diketahui Blue Bird sudah melakukan uji coba untuk armada taksi listriknya BYD.

Untuk Tesla, diketahui Blue Bird juga sudah memasang instalasi fast charging untuk pengisian daya armada taksi listriknya tersebut.

sumber: kontan

Continue Reading

Automotive

Mitsubishi Tawarkan Program Menarik Selama Bulan April 2019

Published

on

Mitsubishi Tawarkan Program Menarik Selama Bulan April 2019

Finroll.com – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memberikan sejumlah program khusus untuk model-model kendaraannya, termasuk Mitsubishi Xpander.

Khusus pemesanan Mitsubishi Xpander di bulan April 2019 (tanggal pemesanan kendaraan dan pembayaran biaya pemesanan) akan mendapatkan gratis Paket Smart Gold untuk Perawatan/Servis Berkala hingga 50.000 km atau 3 (tiga) tahun, gratis biaya jasa hingga 50.000 km atau 4 tahun untuk seluruh varian(sesuai dengan Service Manual Book), gratis Seat Cover, gratis kaca film Konica Minolta, gratis asuransi 1 tahun dan program pembiayaan menarik bila membeli melalui PT Dipo Star Finance.

Khusus pembelian Pajero Sport di bulan April 2019 akan mendapatkan gratis biaya jasa hingga 50.000 Km atau 4 tahun untuk seluruh varian (sesuai dengan Service Manual Book), gratis kaca film V-Kool, program cicilan ringan atau Bunga 0%, program DP ringan dan gratis asuransi 1 tahun.
Sementara untuk pembelian Mitsubishi Outlander Sport pelanggan akan gratis biaya jasa (sesuai dengan Service Manual Book) hingga 50.000 Km atau 4 tahun dan gratis Kaca film.

Pelanggan Mitsubishi Triton 4×4 di bulan April 2019 akan mendapatkan gratis biaya jasa dan suku cadang (sesuai dengan Service Manual Book) hingga 40.000 Km atau 2 tahun. Sementara untuk Pelanggan Mitsubishi Triton 4×2 dan L300 di bulan April 2019 akan mendapatkan penawaran khusus atau program pembiayaan uang muka rendah atau Bunga ringan.

“Mitsubishi Motors konsisten berupaya memberikan layanan penjualan dan purnajual terbaik kepada konsumen. Salah satunya melalui berbagai penawaran menarik untuk pembelian produk kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi,” ungkap Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing DIvision PT MMKSI.

 

[sumber: mobil123]

Continue Reading

Automotive

Land Rover Defender Segera Rilis Tahun 2019

Published

on

Land Rover Defender

Finroll.com – Rumor terkait dengan pembaruan Defender memang sudah lama tersiar. Tentu saja, bagi para calon konsumen yang menunggu-nunggu, rumor mengenai mobil gagah tersebut kini mulai ada titik terang. Pasalnya, belum lama ini pihak Jaguar-Land Rover buka suara soal peluncuran Defender baru.

Di satu sisi, perlu untuk diketahui juga bahwa sebelumnya, beberapa bocoran foto kendaraan 4×4 legendaris besutan Land Rover ini, sudah mulai bermunculan. Bahkan, kini semakin banyak bertebaran. Dari mulai pengetesan di Nurburgring hingga kini di Utah.

Mengenai foto kolong mobil yang beredar di internet, Krieger pun turut berkomentar. “Ia sangat cekatan bisa memotret bagian kolong mobil. Saat itu kami sedang melakukan uji coba prototipe versi produksi di Moab, Utah (Amerika Serikat).”

 

Orang yang dimaksud adalah Laurens de Smet, seorang penggemar Defender. Dengan sangat jelas, foto itu menunjukkan konstruksi kaki-kaki Defender, yang serupa dengan Discovery generasi teranyar.

Seperti suspensi belakang independen, anti-rollbar dan paling menarik suspensi udara. Ya, ini sebuah pembuktian atas pernyataan Land Rover, mengenai Defender yang “ramah” aspal, tanpa kehilangan kodratnya.

Satu per satu spesifikasinya mulai bisa ditebak. Akan tetapi, satu yang disayangkan bahwa untuk soal permesinannya sendiri, sampai detik ini maish belum pernah bocor. Foto yang ada di internet baru menampilkan bagaimana versi konsep atau hasil render seseorang.

Tak hanya itu saja, yang sulit untuk menebak bodinya, dikarenakan bahwa hampi di setiap kedapatan di jalan, selalu terbungkus stiker kamuflase. Namun kontur bodinya tersimak jelas.

“Defender diluncurkan September tahun ini. Tapi para konsumen, baru bisa mendapatkannya pada awal 2020. Mengenai lokasi peluncuran, mungkin dilaksanakan di Frankfurt (Jerman). Entah di sebuah pameran mobil atau bukan, kami sedang dalam proses menentukannya.” ucap Tim Krieger selaku General Manager Komunikasi dan Humas, Jaguar-Land Rover.

Namun, yang cukup jelas tampak yaitu di bagian belakang yang mana memiliki sudut mengotak, ditemani pintu bagasi yang sangat khas pendahulunya. Konfigurasi stoplamp juga terlihat menyerupai sang legenda penggaruk tanah.(semisena)

Continue Reading
Advertisement

Trending