Connect with us

Business

Harga Minyak Melonjak, Pasca Dua Kilang Minyak Arab di Serang Drone Peledak

Published

on


Harga Minyak Melonjak, Pasca Stasiun Pompa Minyak Arab di Serang Drone Peledak

Finroll.com – Menteri Energi Arab Saudi Khalid Al-Falih dalam sebuah pernyataan mengatakan, telah terjadi serangan tak berawak di stasiun pompa mereka telah menggerek harga minyak dunia. Serangan tersebut meningkatkan ketegangan di Timur Tengah setelah kapal tanker minyak Arab Saudi mengalami sabotase pada akhir pekan lalu.

Mengutip Bloomberg, Selasa (14/5), Futures naik 1% di New York, membalikkan penurunan Senin. Drone tak dikenal menyerang dua stasiun pompa milik Saudi Aramco, memaksa perusahaan minyak negara tersebut menunda operasi di daerah itu. Itu menyusul kerusakan tanker minyak yang berlabuh di Uni Emirat Arab pada hari Minggu.

Volatilitas minyak telah melonjak bulan ini karena minyak mentah dihantam oleh momok perang perdagangan dari sisi permintaan, sementara gejolak Timur Tengah dan gangguan produksi dari Norwegia ke Nigeria membuat prospek pasokan minyak diragukan.

Kegiatan pengeboran AS dan keputusan yang ditangguhkan oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya tentang apakah pembatasan produksi akan diperpanjang bisa menjadi pemicu berbagai krisis.

“Kami menyaksikan pergolakan antara kekhawatiran ekonomi dan pengetatan neraca pasar minyak,” kata Tamas Varga, seorang analis di PVM Oil Associates Ltd. di London.

Minyak mentah West Texas Intermediate untuk pengiriman Juni naik 58 sen menjadi US$ 61,62 per barel di New York Mercantile Exchange pukul 8:42 waktu setempat. Kontrak ditutup turun 62 sen menjadi $ 61,04 pada hari Senin.

Brent untuk penyelesaian Juli naik 1,3% menjadi US$ 71,17 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London, setelah kehilangan sebanyak 0,4% sebelumnya. Kontrak benchmark global diperdagangkan dengan premi US$ 9,37 untuk WTI.

Stasiun pompa delapan dan sembilan di jalur pipa Timur-Barat, yang membawa minyak dari provinsi timur Arab Saudi ke pelabuhan Laut Merah Yanbu, diserang oleh drone bersenjata memicu kebakaran yang menyebabkan kerusakan kecil pada stasiun nomor delapan, tetapi akhirnya dikendalikan.

Ekspor Berlanjut

Aramco mengambil tindakan pencegahan dan sementara menghentikan aktivitas serta mengevaluasi situasi dan bekerja untuk memulihkan operasi. menurut pernyataan itu. Ekspor minyak mentah dan produk terus seperti biasa, kata Al-Falih.

Pemberontak Houthi di negara tetangga Yaman yang telah lama menerima dukungan dari Iran, mengatakan sebelumnya bahwa mereka telah menargetkan instalasi utama Saudi dengan drone.

Sementara sifat serangan pada stasiun pompa atau tanker masih belum jelas, mereka meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut. Antagonisme antara AS dan Iran semakin meningkat bulan ini setelah Presiden Donald Trump mengakhiri pengecualian terhadap sanksi atas penjualan minyak Iran.

Republik Islam tersebut sebelumnya telah mengancam untuk memblokir pengiriman minyak melalui Selat Hormuz jika sanksi menghentikan ekspor energinya. AS mengirim kapal induk, pesawat pembom, dan rudal pertahanan ke wilayah itu pekan lalu.

 

sumber: kontan

Business

Anomali Pelibatan Traveloka dan Tokopedia Kelola Umrah Digital, SAPUHI Tegas menolak

Published

on

Finroll.com – Jakarta, Rabu (17/7) Menyusul adanya rencana pemerintah (Kominfo) yang menunjuk Tokopedia dan Traveloka kelola digitalisasi industri ibadah umrah, SAPUHI (Sarikat Penyelenggara Umroh Haji indonesia) tegas menolak upaya tersebut.

“SAPUHI tegas menolak untuk menerima keterlibatan Traveloka dan Tokopedia daam bagian apapun pada Bisnis Penyelenggaraan Ibadah Umrah,” ungkap Syam, Selasa (16/7) di Jakarta.

Syam menuturkan, penyelenggaraan ibadah haji selama ini sudah berjalan baik dan diatur dalam UU.

Syam juga menyampaikan sejumlah poin alasan pihaknya (SAPUHI) menolak wacana pengelolaan bisnis umrah oleh Traveloka dan Tokopedia tersebut, diantaranya ;

1. Peluang Kapitalisasi Bisnis Umroh
Traveloka dan Tokopedia bisa diindikasikan akan melakukan Kapitalisasi Bisnis Penyelenggaraan Ibadah Umroh dan akan merugikan Jama’ah Indonesia di kemudian hari dengan pola kapitalisasi yang ada.

2. Umroh adalah Bisnis Menggiurkan
Jama’ah Umroh adalah Captive Market yang besar dan pasti dilirik oleh banyak pihak, dari sekitar 1 juta Jama’ah yang berangkat Umroh setiap tahun nya, atau setara perputaran Dana sekitar 20 Triliun setiap tahun nya jika dihitung prorate per jama’ah 20 juta rupiah.

Maka tentu ini menjadi bisnis yang diincar oleh banyak pihak, dan tentunya bisnis perjalanan Umroh merupakan bisnis yang diatur secara ketat oleh Peraturan Perundang-undangan di Indonesia.

3. Menjadi Ancaman untuk Travel dan Agen Perjalanan Wisata Dari Perputaran Bisnis Umroh tersebut, tentu perputaran nya sudah membantu menghidupi sekitar 1016 Perusahaan yang sudah mempunyai izin Umroh yang ada di Indonesia, jika kita hitung setiap perusahaan memiliki 10 Karyawan, dan atau 100 agen maka bisa dipastikan ratusan ribu orang karyawan Perusahaan terancam terdisrupsi jika bisnis Umroh dibuka terhadap Traveloka dan Tokopedia.

Tentu Pemerintah harus bisa melindungi dan mendukung Travel-travel PPIU yang sudah berhasil mendapatkan izin dengan skema Persyaratan perizinan dan Prosedur Controling yang ketat yang diatur oleh Kemenag RI.

4. Pemerintah Seharusnya Melibatkan 1016 PPIU dan Asosiasi Penyelenggara Ibadah Umroh dan Haji
Sebagai pelaksana yang sudah berpengalaman, dan juga sebagai pelaku yang selalu mengembangkan Ide dan Inovasi dalam pelayanan Pelaksanaan ibadah Umroh, maka Pemerintah seharusnya menggandeng Asosiasi-asosiasi Penyelenggara Ibadah Umroh yang membawahi 1016 PPIU se-Indonesia.

Selama ini, perjalanan bisnis Umroh senantiasa terus dikembangkan dan dimutakhirkan sesuai perkembangan teknologi dan Informasi. Misalnya, SAPUHI sudah mempunyai System yang sudah dipakai oleh anggota nya, untuk transaksi B To B, serta B To C, atau misalnya Amphuri yang sudah mempunyai AISYAH nya.

5. Pasal 89 UU No. 8 Tahun 2019 terkait persyaratan PPIU

Sebagaimana kita ketahui bersama, Unicorn-unicorn dimiliki oleh banyak orang yang notabene bukan WNI dan juga bukan beragama Islam.

Pasal ini dengan tegas mengatur bahwa penyelenggaraan Umroh wajib dimiliki dan dikelola oleh WNI beragama Islam. Ini adalah bentuk perlindungan negara terhadap hak beribadah umat Islam untuk dipastikan pelayanan nya dikelola dan dimiliki oleh WNI beragama islam.

Umroh dari Umat Islam, Oleh Umat Islam dan Untuk Umat Islam.
Merujuk pada poin-poin diatas, Syam berharap pemerintah perlu mengkaji ulang wacana pelibatan dua unicorn tersebut.

“Poin yang sudah saya sampaikan sudah cukup jelas, sekali lagi kami tegas menolak,” tutup Syam.

Continue Reading

Keuangan

Trump Sebut Cryptocurrency Bukan Uang

Published

on

By

Donald Trump OTW Vietnam Untuk Bersua Kim Jong-un

Finroll.com –  Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menegaskan bahwa cryptocurrency bukan uang, dan memperingatkan kepada pihak yang ingin bergabung dalam aktivitas keuangan harus mematuhi peraturan perbankan.

“Saya bukan penggemar Bitcoin dan cryptocurrency lainnya, yang bukan uang, dan nilainya sangat fluktuatif, didasari pada pergerakan yang fluktuatif,” tulis Trump dalam akun Twitternya.

Dikutip dari AFP, Trump mengatakan bahwa cryptocurrency yang bersifat digital membuatnya hampir tidak dapat dilacak, sehingga dapat memfasilitasi aktivitas ilegal.

Cryptocurrency sebenarnya telah berkembang sejak Bitcoin diluncurkan pada 2009. Namun, ketika bulan lalu Facebook mengungkapkan rencana menerbitkan mata uang virtual sendiri yakni, Libra, hal itu mengguncang regulator keuangan di seluruh dunia.

Dengan jumlah lebih dari dua miliar pengguna, perusahaan raksasa media sosial itu dijadwalkan akan merilis cryptocurrency pada 2020, di kelilingi pula oleh banyak mitra. Pada akhirnya, rencana itu benar-benar dapat mengganggu dunia keuangan.

Tetapi Trump mengatakan bahwa Libra memiliki kedudukan yang rendah, dan memiliki ketergantungan. Dia juga memperingatkan Facebook dan perusahaan lain bahwa mereka harus mematuhi peraturan perbankan AS dan internasional jika mereka ingin meluncurkan cryptocurrency mereka sendiri.

“Kami hanya memiliki satu mata uang riil di AS, dan lebih kuat dari yang pernah ada,” tweetnya.

Konferensi Tingkat Tinggi Kelompok Kerja G7 diperkirakan akan menghasilkan laporan pendahuluan tentang cryptocurrency berbasis aset pada pekan depan, tepatnya ketika para menteri keuangan negara-negara kelompok G7 itu bertemu di Prancis.

“Semakin regulator internasional menyelidiki proyek ini, semakin banyak kita memiliki pertanyaan serius dan kemungkinan melakukan pemesanan,” kata Gubernur Bank Sentral Prancis Francois Villeroy de Galhaut.

Jerome Powell, Gubernur bank sentral AS Federal Reserve juga menyinggung topik yang sama ketika bersaksi di depan Kongres AS pada Rabu (10/7) dan Kamis (11/7) lalu.

“Saya pikir kita perlu melakukan penilaian yang sangat hati-hati, sabar, dan seksama tentang risiko sebenarnya. Ukuran jaringan media sosial Facebook mengaraj pada kepentingan sistemik,” kata Jerome Powell, Kamis (11/7) waktu setempat.

Beberapa politikus AS menyerukan pembekuan total pada proyek Libra Facebook.

Facebook telah berjanji untuk menyediakan mata uang virtual sehingga dapat membawa lebih dari 1 miliar orang yang tidak memiliki rekening bank untuk masuk ke dalam sistem keuangan.

Perusahaan menegaskan akan menyediakan mata uang yang stabil dan hadir di telepon pintar, sehingga orang dewasa tanpa rekening bank atau mereka yang menggunakan layanan di luar sistem perbankan untuk memenuhi kebutuhan dari dalam sistem keuangan.

Pada akhirnya, setiap telepon pintar akan menjadi dompet digital bagi Libra untuk dapat memperluas penggunaan perbankan, layanan kartu kredit dan e-commerce di negara-negara berkembang.

Continue Reading

Keuangan

Brexit dan Data AS Bikin Rupiah Lesu ke Rp13.946 per Dolar AS

Published

on

By

Rupiah Dibuka Menguat Rp13.945 per Dolar AS Pagi Ini

Finroll.com – Nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.946 per dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan pasar spot Rabu (17/7) pagi. Posisi rupiah melemah 0,08 persen dibandingkan penutupan Selasa (16/7) yakni Rp13.936 per dolar AS.

Pagi hari ini, sebagian besar mata uang utama Asia melemah terhadap dolar AS. Dolar Singapura melemah 0,02 persen, ringgit Malaysia melemah 0,06 persen, peso Filipina melemah 0,12 persen, dan won Korea Selatan melemah 0,28 persen.

Hanya dolar Hong Kong saja yang tercatat menguat terhadap dolar AS dengan nilai 0,03 persen. Di sisi lain, yen Jepang dan baht Thailand sama-sama tak bergerak menghadapi dolar AS.

Sementara itu, mata uang negara maju seperti dolar Australia dan euro menguat masing-masing sebesar 0,11 persen dan 0,01 persen terhadap dolar AS, sedangkan poundsterling Inggris tidak bergerak terhadap dolar AS.

Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan pelemahan rupiah kali ini disebabkan karena sentimen keluarnya Inggris dari Uni Eropa, atau disebut Brexit. Masa depan Brexit bisa menjadi kurang jelas setelah kandidat Perdana Menteri Inggris Boris Johnson sangat anti dengan rencana tersebut.

Tak hanya itu, indeks dolar AS pun menguat gara-gara rilis data ekonomi AS yang positif. Kemarin, Departemen Perdagangan AS merilis data bahwa penjualan ritel pada Juni masih tumbuh 0,4 persen atau di atas ekspektasi yakni 0,1 persen.

Bahkan, kemarin angka pembacaan awal indeks manufaktur terbilang baik. Untuk negara bagian New York, misalnya, indeks manufaktur Juli ada di angka 4,3 atau membaik dari Juni yang minus 8,6.

Data ekonomi AS yang masih bagus ini membuat peluang penurunan suku bunga acuan mengecil, meski probabilitasnya masih sangat tinggi. “Dalam transaksi hari ini rupiah akan ada di dalam range Rp13.885 hingga Rp13.890 per dolar AS,” jelas Ibrahim, Rabu (17/7).

Continue Reading
Advertisement

Trending