Connect with us

Kuliner

Enam Khas Sarapan Kota Bogor yang Bikin Greget Lidah

Published

on


Enam Khas Sarapan Kota Bogor yang Bikin Greget Lidah

Finroll.com – Bogor, selain dikenal dengan suhunya yang sejuk dan pemandangannya yang indah, juga menyimpan kekayaan kuliner. Berikut ini enam rekomendasi sarapan khas kota Bogor:

1. Doclang


Doclang, Makanan khas sunda ini singkatan dari medhok pake kacang Rasa bumbu kacang doclang memang sangat kental (medhok), karena ada tambahan kacang dan gula merah yang lumayan banyak. Ini yang bikin bumbu kacang doclang lebih manis ketimbang ketoprak, yang dari segi penampilan gak jauh beda.

Paduan lontong, tahu, kentang, dan telor yang disiram bumbu kacang spesial tersebut bisa bikin kamu kenyang dengan hanya merogoh kocek Rp 10 ribu. Di sepanjang Jalan Veteran, Jembatan Merah, kamu bisa nemuin deretan pedagang doclang. Yang paling saya suka adalah Doclang 405 – plesetan dari “Aos”, nama pemiliknya.

2. Toge Goreng

Toge Goreng, Makanan khas Bogor yang satu ini sudah cukup populer di blantika perkulineran Indonesia, Kalau denger namanya, yang ada di kepala pasti toge yang dimasukkan ke dalam minyak panas alias digoreng. Tapi ternyata, toge di dalam panganan ini sama sekali enggak digoreng, loh.

Faktanya, toge bersamaan dengan mie kuning dan tahu justru direbus di atas wadah rata dan kemudian dicampurin lontong. Yang bikin makanan ini khas Bogor adalah bumbu tauconya yang terbuat dari kacang kedele hasil fermentasi, sehingga ada sensasi asam saat menyantapnya.

Di Bogor, toge goreng paling terkenal adalah Toge Goreng Mak Evon yang ada di Gang Besi, Jalan Suryakencana. Yang bikin terkenal dari Toge Goreng Mak Evon ini adalah cara pembuatan yang masih pakai kayu bakar untuk menjaga rasa tradisionalnya. Untuk seporsi toge goreng, kamu cukup ngerogoh kocek Rp 9 ribu aja.

3. Soto Kuning

source Info Sehat Alami

Tidak hanya terkenal dengan soto mienya saja, Bogor juga punya soto kuning. Kuahnya yang berwarna kuning menjadi andalan dari soto ini. Terbuat dari campuran santan dan aneka rempah dengan isi empal, otak, limpa, paru, daging, babat, kikil, dan lidah. Yang banyak dicari saat ingin makan soto ini adalah Soto Kuning Pak Yusup yang terletak di Gang Aut, Jalan Suryakencana No. 287. Satu porsinya hanya Rp 15 ribu, bisa tambah daging seharga Rp 10 ribu dan nasi dengan harga Rp 5 ribu.

4. Cungkring

source: Pojok Bogor

Cungkring bukan bearti kurus, nah dinamakan cungkring karena bahan dasar makanan ini adalah kikil sapi. Dalam bahasa Sunda, kikil disebut cungkring.

Seporsi cungkring biasanya hadir di atas daun pisang dan disajikan bersama lontong dan bumbu kacang – layaknya sate. Tapi berbeda dengan sate, ada sensasi kenyal yang timbul dari setiap gigitan cungkring. Ini yang bikin sepotong cungkring seharga Rp 15 ribu terasa enggak cukup. Tapi kalem, kamu bisa kok request kikil sesuai jumlah yang kamu inginkan.

Buat yang penasaran sama rasa khas cungkring, kamu bisa datang ke Jalan Suryakencana. Sebelum perempatan Gang Aut, di sebelah kiri. Mulai dari pukul 07.00 sampai 09.00, ada Pak Jumat yang sudah menjajakan cungkring selama lebih dari 40 tahun. Kini usaha Cungkring Pak Jumat sudah diteruskan oleh anaknya, Kang Deden. Menurut pengakuannya, cuma dia satu-satunya pedagang cungkring yang tersisa di Bogor.

5. Laksa

source kuliner resep kita

Bukan cuma Jakarta yang punya makanan berbahan dasar kuah santan kuning ini. Ternyata Bogor juga punya. Tapi, makanan khas Kota Hujan yang terdiri dari ketupat, toge, bihun, dan daun kemangi ini sedikit berbeda dengan laksa kepunyaan Ibu Kota.

Di laksa Betawi, kamu akan merasakan gurihnya udang rebon yang hadir sebagai penyedap. Nah, kalau laksa Bogor sedikit lebih spesial karena ditambahkan oncom sebagai pengganti udang rebon. Oncom ini yang membuat makanan tersebut terasa Bogor banget di lidah.

Selain itu, kuah kuningnya juga berbeda. Kamu akan merasakan kuah yang sedikit lebih kental dan bertekstur karena parutan kelapa yang ikut masuk ke dalam kuah santan. Dan juga, karena seporsi laksa emang selalu dikasih taburan serundeng atau kelapa sangrai.

Kalau kamu kebetulan lagi ada di daerah Suryakencana, belok deh ke Gang Aut. Di sebelah kiri ada spanduk kuning besar bertuliskan “Laksa Gg. Aut Khas Bogor” dan perut kamu akan langsung buncit karena kekenyangan. Seporsinya, cuma Rp 10 ribu.

6. Dongkal

source makanan sehat

Ingin sarapan yang ringan-ringan saja? mending cobain Dongkal. Makanan ini berbahan dasar tepung beras yang dikukus di dalam sebuah kukusan kerucut terbuat dari anyaman bambu.

depokterkini

Adonan tepung beras yang sudah matang diguyur dengan gula merah cair dan dikasih taburan kelapa serut sebagai penggurih. Sekilas, rasanya enggak jauh beda sama kue putu. Tapi, adonan tepung berasnya sedikit lebih kenyal. Seporsi dodongkal yang bisa kamu dapet di perempatan Gang Aut Suryakencana bisa kamu cobain dengan Rp 15 ribu.

Advertisement

Kuliner

Tahukah Kamu, Bahwa Kopi Bisa Membuat Orang Lebih Positif

Published

on

Kopi

Indonesia sudah menjelma menjadi salah satu negara pengekspor kopi terbesar di dunia. Hal ini tentu didasari pada kondisi semua wilayah Indonesia yang bisa ditanami. Dan rata-rata, orang Indonesia sangat gemar minum bercita rasa pahit ini.

Finroll.com – Tapi tahukah kamu bahwa kopi punya banyak manfaat untuk kesehatan? Itu termasuk kaitannya dengan hubungan sosial kemasyarakatan.

Peneliti menemukan bahwa minuman ini memiliki efek yang sangat baik untuk memacu kepedulian manusia terhadap orang lain. Itu karena kopi bisa mempengaruhi sisi psikologis manusia dan akan membuatnya lebih fokus kepada hal positif.

Seorang psikolog klinis  dari Washington DC, Vinita Mehta Ph.D., Ed.M,  dalam penelitiannya yang dumuat di Psychology Today, menemukan bahwa kafein dalam dosis yang normal berhasil meningkatkan kinerja perilaku manusia pada level kognitif sederhana.

Baca Juga: Mengenal Kopi Partungkoan, Yang Enak Banget, Mantap, Mantul Kata Presiden Jokowi

Itu artinya, jika kamu mengonsumsi dua sampai tiga cangkir kopi dalam sehari atau dalam takaran 200 mg kafein pada waktu 30 menit sebelum melakukan tugas verbal, kemampuan kognisimu untuk mengingat kata-kata positif akan sangat meningkat.

Yang unik adalah, mereka nyaris tidak menemukan kemampuan yang sama pada responden untuk memproses kata-kata netral atau negatif.

Dan ternyata disimpulkan bahwa itu bersumber dari kafein yang mampu menghasilkan neurotransmiter dopamin, yang bisa membangkitkan rasa senang. Pada saat kamu merasa senang, maka yang keluar dari perkataan dan tindakanmu adalah hal yang positif bukan?

Maka, kamu disarankan tetap bisa meminum kopi, tetapi dalam batas takaran seperti diatas.

Continue Reading

Kuliner

Mengenal Kopi Partungkoan, Yang Enak Banget, Mantap, Mantul Kata Presiden Jokowi

Published

on

Kopi Partungkoan

Presiden Joko Widodo baru saja melakukan lawatannya ke Balige, Sumatera Utara, dan memutuskan menghabiskan malamnya di Ibukota Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) itu, pada Kamis, (14/3) malam.

Tapi, ia tak mau semalamnya di Balige dilewatkannya begitu saja. Ia memilih mengopi di sebuah kedai sederhana di Jln. Sisingamangaraja No. 172, Balige. Kedai yang beruntung didatangi kepala negara itu adalah Kedai Kopi Partungkoan, yang masih dalam kawasan Pasar Balige.

Jokowi yang tampak santai mengenakan kameja putih dibalut jaket bitu itu ditemani Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, dan Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko.

Ia memesan segelas kopi yang diketahui seharga Rp7.000, dan langsung jatuh hati pada kopi asli Tobasa ini, sejak seruputan pertama.

“Satu cangkir harganya Rp 7.000. Enak banget, mantap, mantul. Jadi, kopinya itu kopi Partungkoan, asli dari Tobasa. Kopi asli sini. Saya pingin nyoba, enak, mantap, mantul,” pujinya.

Partungkoan dalam bahasa Batak ‘Partukkoan’ diartikan sebagai wadah untuk berkomunikasi atau bermusyawarah. Atau dalam lingkup yang lebih luas lagi adalah ajang pengambilan sebuah keputusan hukum atau adat, untuk merencanakan pembangunan, atau hubungan sosial kemasyarakatan, termasuk keamanan.

Singkat dan sederhananya, kedai kopi ini adalah tempat mengobrol apa saja.

Kopi yang diminum Jokowi adalah jenis robusta yang biasanya di Balige baru bisa dipenen setelah 5 tahun. Hebatnya, pohon kopi ini akan terus menghasilkan sampai menua di usia 40 tahun.

Kopi robusta ini dibawa langsung dari Parsoburan yang berjarak sekitar 48 kilometer dari Balige.

Continue Reading

Kuliner

Kalian Wajib Datangi Kafe Unik Ini, Jika Berkunjung ke Negara Britania Raya

Published

on

Kafe

Selain wisata alam, para wisatawan juga suka berburu destinasi yang serba unik dan menarik atau biasa disebut Instagramable. Sekarang ini, begitu banyak destinasi wisata atau tempat makan yang Instagramable seperti kafe yang satu ini. Namanya, Milk Train.

Melansir dari Lonelyplanet, Selasa (12/3), Milk Train adalah kafe es krim berarsitektur kereta yang ada di London. Kafe es krim ini bisa disebut surganya Instagramable. Sebab, kafe ini berdesain mirip dengan kereta api.

Didesain oleh perusahaan Shoreditch, FormRoom, Milk Train dilengkapi dengan desain kereta tradisional Inggris yang terkenal. Sehingga, setiap sudut Milk Train sangat menyenangkan.

“Saat membuat cetak biru desain apa pun, kami percaya bahwa keindahan terletak pada detail yang lebih kecil,” katanya.

Kafe

Desainnya sangat unik ada beberapa interior yang ada di dalam kereta diadakan di dalam kafe es krim ini. Ada sebuah platfom stasiun papan nama, ubin mosaik dan detail lainnya. Uniknya, untuk memesan pesanan kamu harus ke suatu loket karcis. Bahkan, ada tempat duduk tunggunya juga, loh.

Pemilik kafe, Kylie dan Mike mengatakan latarbelakang mendirikan kafe ini dikarenakan masyarakat senang dengan ruangan yang unik. Dan semua kalangan bisa menikmatinya dengan senang.

“Kami ingin produk dan toko kami membuat orang senang dan memicu rasa nostalgia dan kegembiraan. Itulah mengapa kami datang dengan ide menggabungkan permen kapas dengan es krim. Ini merupakan dua favorit masa kecil yang membuat kami bahagia. Ketika kami mulai, kami tidak berharap untuk menerima respon yang begitu besar dan positif secara lokal maupun lonjakan popularitas dari audiens global,” jelasnya.

Milk Train memiliki beragam rasa es krim dan rasa permen yang unik, termasuk yang manis dan gurih, dan secara konstan memperbarui menu mereka untuk mencerminkan tren dan minat pelanggan.

Beberapa rasa yang paling menarik adalah yang tidak sering Anda kaitkan dengan es krim seperti wijen hitam, ube (ubi jalar ungu), susu mawar dan kue puding.

“Kami memiliki audiens yang sangat beragam dan terus-menerus merencanakan dan menghadirkan persembahan dan kreasi rasa baru untuk pelanggan kami, tetapi percaya atau tidak vanilla akan selalu menjadi rasa es krim paling populer dan merupakan buku terlaris kami. Baru-baru ini, kami telah meluncurkan opsi bebas susu jadi sekarang teman-teman kami yang mengidap laktosa dapat menikmati di Milk Train juga,” pungkasnya.

Milk Train terletak di Tavistock Street, London dan buka setiap hari.

Continue Reading
Advertisement

Trending