Connect with us

Ragam

Dimanakah Posisi Kata ‘Tronjal-Tronjol’ Dalam Bahasa Indonesia

Published

on


Tronjal-Tronjol

Tronjal-tronjol, jenis kata yang dipakai Nurhadi ini sontak menjadi viral di media sosial karena parodi capres dan slogan nyentrik bertajuk ‘SmackQueen YaQueen’.

Finroll.com – Nurhadi tak menyangka jika candaanya tentang Indonesia Tronjal-Tronjol Maha Asik  ini akan ramai diperbincangkan netizen.

Sebagai tokoh parodi capres, kehadiran pria yang berprofesi sebagai ahli urut ini bak oase di tengah panasnya kontestasi politik tanah air.

Kata tronjal-tronjol sendiri dalam bahasa jawa artinya “terabas-terobos”. Penggunaan kata tronjal-tronjol  menarik perhatian khalayak, karena pungalangan kata pada dasarnya ditandai dengan penggunaan tanda hubung (-). Dan istilah tronjal-tronjol  telah memenuhi persyaratan.

Setidaknya, ada 6 bentuk pengulangan kata yang kerap kita temui dalam bahasa Indonesia. Dari paparan di bawah ini, coba tebak: di manakah seharusnya posisi kata tronjal-tronjol berada?

1. Pengulangan kata sempurna atau dwilingga. Kata-kata akan diulang secara sempurna tanpa perubahan bentuk, misalnya: anak-anak, pagi-pagi, mobil-mobil.

2. Pengulangan kata sebagian atau dwipurwa. Pada hal ini, pengulangan terjadi pada suku kata pertama dengan pelemahan vokal, misalnya: dedaunan, pepohonan, lelaki, tetamu.

3. Pengulangan bagian belakang kata atau dwiwasana. Seperti yang telah disebutkan, dalam bentuk ini, pengulangan kata hanya terjadi di separuh belakang kata, misalnya: perlahan-lahan, sekali-kali, pertama-tama.

4. Pengulangan kata berimbuhan. Reduplikasi yang terjadi, dalam hal ini, adalah pada lingga pertama maupun lingga kedua, misalnya: bermain-main, tarik-menarik, sapa-menyapa.

5. Pengulangan kata yang bukan hanya terjadi dua kali, melainkan tiga, atau disebut dengan nama trilingga. Ia merupakan fenomena pengulangan onomatope dengan variasi fonem.

6. Pengulangan kata berubah bunyi atau dwilingga salin suara. Jenis yang satu ini merupakan pengulangan dengan variasi fonem, misalnya: mondar-mandir, pontang-panting, bolak-balik, tindak-tanduk, hingga……tranjal-tronjol!

Apakah pengulangan kata di atas selalu ditulis dengan kapital dalam judul?
Jawabannya ternyata sederhana: tidak.

Dari keseluruhan bentuk pengulangan kata yang kita baca di atas—termasuk tronjal-tronjol tadi—hanya satu saja bentuk pengulangan kata yang berhak diberi kapital di setiap unsur, yaitu pada bentuk dwilingga alias pengulangan kata sempurna. Pada bentuk yang lain, huruf kapital hanya digunakan pada huruf pertama unsur pertama.

Tapi, by the way mungkin jawaban pasti dari apakah ‘tronjal    tronjol’ punya arti khusus dalam KBBI itu tidak ada. Setidaknya kalian dapat tahu posisi kata tronjal tronjol ada dimana. Sehingga, jika kalian ingin memakai kata tronjal-tronjol tersebut kalian dapat tahu menaruh kata tersebut dimana.

Sumber: Mojok.co

Advertisement

Ragam

Jelang Akhir Pekan, IHSG Dibuka Zona Merah ke Level 6.398

Published

on

IHSG Dibuka Zona Merah

Finroll.com – Menjelang akhir pekan Jumat, (12/4/2019), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menempati posisi zona merah. IHSG dibuka lesu turun 11,6 poin (0,18%) ke level 6.398,5654.

Sementara nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah pagi ini ada di level Rp 14.130.

Pada perdagangan pre opening, IHSG turun 15,09 poin atau 0,23% ke 6.395,073. Indeks LQ45 turun 3,86 poin atau 0,38% ke 1.004,104.

Membuka perdagangan Jumat (12/4/2019), IHSG masih melemah 11,6 poin (0,18%) ke 6.398,564. Indeks LQ45 turun 2,78 poin (0,28%) ke 1.005,185.

Pada pukul 09.05 waktu JATS, IHSG turun 4,6 poin (0,07%) ke 6.405,541. Indeks LQ45 turun 1,15 poin (0,11%) ke 1.006,812.

Bursa Amerika Serikat ditutup bercampur. Dow Jones ditutup 26,143.05 (-0.05%), NASDAQ ditutup 7,947.36 (-0.21%), S&P 500 ditutup 2,888.32 (+0.00%).

Pasar US terlihat flat setelah laporan keuangan perusahaan yang tercatat di bursa US mulai rilis. Hal tersebut membuat investor US dalam mode wait and see.

Perdagangan bursa saham Asia mayoritas bergerak negatif pagi ini. Berikut pergerakannya:

Indeks Nikkei 225 naik 102,33 poin ke posisi 21.813,71
Indeks Hang Seng berkurang 77,43 poin ke level 29.762,02
Indeks Komposit Shanghai turun 1,87 poin ke level 3.188,09
Indeks Strait Times turun 3,71 poin ke 3.327,11

 

source: detikfinance

Continue Reading

Ragam

Unboxing OPPO F11 Pro: Kamera Tersembunyi dan Pengisian Super Cepat

Published

on

By

Finroll.com – Kali ini redaksi berkesempatan menjajal smartphone OPPO F11 Pro untuk di-review. Smartphone pabrikan asal Negeri Tirai Bambu itu diluncurkan dengan kamera yang tersembunyi (pop-up camera) dengan sensor 16 megapiksel (MP) dan daya baterai 4.000 mAh dengan pengisian super cepat VOOC Flash Charge 3.0.

Diluncurkan di Indonesia pada 13 Maret 2019, OPPO F11 Pro hadir dengan disenjatai chip MediaTek Helio P70 dengan proses teknologi 12 nanometer.

Selama dua pekan mencoba ponsel OPPO F11 Pro dengan kapasitas RAM 6 gigabita (GB) dan memori internal 64GB, Tempo mencoba berbagai fitur yang dipasang dalam smartphone. Namun, ponsel tersebut masih memiliki kekurangan yang diharapkan menjadi bahan evaluasi untuk perangkat baru ke depannya.

Spesifikasi OPPO F11 Pro:
-Layar: 6,53 inci IPS LCD capacitive touchscreen, 16M color, screen-to-body ratio 84,4 persen, resolusi 1080×2340 piksel dan aspek rasio 19,5:9
-SoC/Processor: Mediatek Helio P70 (12nm), CPU Octa-core (4×2.1 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53)
-Grafis chip: Mali-G72 MP3
-Memory/Storage: 6 GB/64 GB
-Baterai: Baterai Li-Po 4000 mAh, pengisian cepat VOOC Flash Charge 3.0 dengan daya 20W
-Konektivitas: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by), MicroSD, Wi-Fi 802.11 a/ b/ g/ n/ ac, dual band, WiFi Direct, Hotspot, Bluetooth, GPS, Radio, microUSB 2.0
-Kamera: 48 MP, f/ 1.8, 1/2, PDAF, sensor kedalaman 5 MP f/ 2.4; kamera depan 16 MP, f/ 2.0
-Sistem Operasi: ColorOS 6 berbasis Android 9.0 (Pie)
-Harga Rp 4,999 juta

1. Unboxing

Smartphone dibungkus dalam kotak berwarna putih. Di bagian atas kanan kotak terdapat tulisan OPPO dan di pojok kiri informasi kapasitas RAM dan memori internal 6GB/64GB, kemudian agak sedikit ke bawah terdapat tulisan F11 Pro berwarna emas. Dan terdapat juga gambar smartphone tampak bagian depan layar dan bagian belakangnya, serta sedikit informasi spesifikasi smartphone di bagian belakang kotak.

Di dalam kemasan tersebut terdapat perangkat pendukung, seperti buku panduan, pin ejektor atau pembuka slot kartu SIM atau microSD. Kemudian terdapat juga kabel microUSB 2.0, serta adaptor untuk mengisi daya baterai smartphone, dan earphone dalam kemasan

2. Desain dan layar

OPPO F11 Pro memiliki desain dengan bodi yang cukup berat dengan bobot 190 gram, dengan dimensi 161,3×76,1×8,8 milimeter. Setiap sudut ponsel melengkung membuat nyaman ketika digenggam. Bagian belakangnya didesain dengan warna gradasi yang terinspirasi dari alam, dan terlihat mengkilat seperti kaca. OPPO menghadirkan dua varian warna, Thunder Black dan Aurora Green. Namun, hal itu rentan terhadap bekas sidik jari yang kotor, maka jika tidak sering dibersihkan, ponsel akan terlihat jorok.

Dengan ukuran layar 6,53 inci FHD+, screen-to-body ratio 84,4 persen, smartphone ini memiliki resolusi 1080×2340 piksel dan aspek rasio 19,5:9. Layar dirasa cukup kokoh karena dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 5. Di dalam kotak, OPPO menyediakan softcase, sehingga pengguna tak perlu lagi membelinya. Namun, akan lebih baik jika pengguna menggunakan hardcase yang bisa dibeli secara terpisah, sehingga pengguna tidak akan merasa licin ketika menggunakan smartphone dan cukup untuk melindungi bodi.

Bagian layar OPPO F11 Pro tidak memiliki notch. Di bagian atasnya hanya terdapat speaker untuk mendengar komunikasi telepon, tanpa lampu LED penanda pesan. Sementara di bagian bawah terdapat tiga tombol ketika ponsel dalam kondisi menyala atau kunci terbuka, seperti tombol home di tengah, tombol kembali di kanan dan sebelah kiri tombol untuk melihat aplikasi yang pernah Anda buka.

Bagian sisi kiri bodi, OPPO hanya memasang tombol pengaturan volume, sedangkan di bagian sisi kanan terdapat tombol power atau pembuka kunci, dan satu slot tempat dual SIM card dan microSD. Pengguna bisa memasang sekaligus dual SIM Card dan microSD. Sedangkan di bagian sisi bawah bodi terdapat lubang microUSB 2.0 di tengah dan didampingi speaker suara dering pesan dan telfon masuk di kirinya dan di kanan lubang jack berdiameter 3,5 milimeter. Sementara di bagian sisi atas bodi ada kamera yang tersembunyi tepat di tengah dan sedikit ke kiri ada lubang sensor yang bisa membuat smartphone jadi remote control seperti untuk TV, AC dan lainnya.

Di bagian belakang, OPPO memasang tiga kamera belakang dan lampu flash di atas tengah yang dipasang vertikal dan agak muncul menonjol, serta tepat di bawahnya, dan tulisan OPPO DESIGNED BY OPPO. Secara keseluruhan, pengaturan tombol dan bentuk bodi sama seperti smartphone pada umumnya, tapi OPPO cukup memanfaatkan setiap bagian sisi bodi. Namun smartphone tersebut dirasa cukup berat untuk digenggam, mungkin karena memasang baterai yang besar, sehingga membuat smartphone lebih berat.

3. Hardware dan Performa

OPPO F11 Pro mengusung chipset MediaTek Helio P70 dengan fabrikasi 12 nanometer, semakin kecil ukuran transistor, maka performa yang ditawarkan jauh lebih cepat. Chip tersebut merupakan motor untuk kelas menengah. Dari segi grafis Helio P70 menggunakan Mali-G72 yang berjalan lebih kencang dalam mengolah grafis jika dibandingkan dengan chip sekelasnya, Snapdragon 660, dan 30 persen lebih cepat dari chip pendahulunya.

Chip yang terpasang dapat menunjang sensor kamera hingga 32 MP untuk single-camera sehingga tak heran jika chipset ini dapat memberikan pengalaman fotografi terbaik. Untuk bermain game, Helio P70 memberikan pengalaman gameplay yang responsif, karena mendapatkan peningkatan game seluler yang mencakup optimalisasi multi-threading unik, serta fokus pada peningkatan latensi di area pengguna yang kritis.

Dalam bermain game populer yang sering menghasilkan beban berat, P70 memberikan DOU 7 persen lebih baik dan daya hingga 35 persen lebih rendah dibandingkan P60. Tempo menjajalnya dengan mengunduh game HAWK, Mobile Legend dan game biasa Candy Crush. Game tersebut merupakan game dengan grafis yang penuh dengan warna. Dengan didampingi kapasitas RAM 6GB dan memori internal 64GB, Tempo cukup menikmati beberapa game tersebut, tapi grafis salah satu game, HAWK, kurang memuaskan. Ruang penyimpanannya juga bisa diperluas dengan microSD hingga kapasitas 256GB.

Hal lain yang mengganggu, yaitu letak speaker di sisi bawah dan kabel jack earphone saat bermain game, karena menghalangi tangan. Jadi, jika tidak ingin merasa terganggu, sebaiknya menggunakan earphone Bluetooth. Untuk menonton video dengan OPPO F11 Pro cukup nyaman, karena layar yang besar tanpa notch, dan cukup baik untuk menikmati kontennya.

Hadir dengan kapasitas baterai yang besar, yakni 4.000 mAh, OPPO F11 Pro seharusnya cukup untuk pemakaian seharian bahkan dua hari. Namun, ketika dicoba baterai cukup terkuras hanya untuk bermain game sekitar satu sampai jam. Smartphone menjalankan sistem operasi Android terbaru Pie. Secara keseluruhan performa smartphone cukup baik, dan bisa dimanfaatkan bagi kalangan kelas menengah untuk menemani aktivitas sehari-hari.

4. Kamera

OPPO memasang dua kamera utama, masing-masing hadir dengan sensor utama 48 MP beraperture f/ 1.8 dan sensor kedalaman 5 MP dengan aperture f/ 2.4. Sedangkan kamera depan Pop-up bersensor 16 MP beraperture f/ 2.0. Baik kamera belakang atau pun depan, keduanya sudah dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Untuk kamera belakang dapat mendeteksi lebih banyak cahaya ketika mengambil foto dalam kondisi minim cahaya, yang memastikan hasil gambar yang lebih detail. Ketika mengambil foto portrait di malam hari, teknologi Tetracell yang terdapat di kamera akan menganalisis dan menggabungkan data yang diperoleh dari empat piksel yang berdekatan, untuk membuatnya setara dengan ukuran piksel tunggal. Teknologi itu melipat-gandakan ukuran piksel fotosensitif, sehingga mampu mengabadikan foto portrait yang lebih terang dan minim noise pada malam hari. Sedangkan fitur zoom-nya cukup signifikan, hasilnya gambar yang jauh bisa terlihat.

Untuk kamera depan, kini OPPO fokus pada jargon portrait master, fitur tersebut terpasang pada OPPO F11 Pro. Fitur ini dapat memudahkan pengguna mengambil foto portrait yang tajam. Selain itu, F11 Pro menerapkan teknologi Ultra Night Mode dan Color Mapping, teknologi yang memanfaatkan kecerdasan buatan dan pengurangan multi-frame noise. Ketika mengambil foto portrait malam hari, smartphone secara otomatis membedakan wajah dengan latar belakangnya, serta memastikan objek sebagai fokus foto tersebut.

Kamera depan bisa muncul hanya ketika fitur tersebut digunakan. Kelebihannya adalah kamera bekerja secara otomatis tidak manual, kalau buka kamera depan otomatis kamera akan muncul, sedangkan jika diubah menggunakan kamera belakang maka akan turun sendiri. Pop-up kamera tersebut sudah melalui pengujian yang bisa bertahan hingga 5 sampai 6 tahun.

Dari segi kamera, tampaknya OPPO memang ingin memanjakan pengguna dengan fitur kamera yang berkualitas tinggi pada kelas menengah. Secara keseluruhan, kamera tersebut dapat menghasilkan gambar yang jernih, lebih sedikit noise, dan cocok bagi para pembuat konten pemula.

5. Pesaing

OPPO F11 Pro berada di segmen yang cukup kompetitif. Begitu banyak alternatif untuk smartphone di pasar Rp 4 jutaan. Saingan terdekatnya adalah Vivo V15 yang juga memiliki fitur kamera depan yang tersembunyi. Bedanya Vivo V15 meletakkan kamera di sisi atas tepat di sebelah kiri.

Vivo mempersenjatainya dengan chipset yang sama dengan OPPO F11 Pro, Helio P70 chipset, yang didampingi dengan kapasitas RAM 6 GB dan memori internal 64 GB yang bisa diperluas dengan microSD. Perbedaan yang tampak lainnya adalah kamera belakang, OPPO hanya memasang dua kamera belakang, sedangkan Vivo tiga kamera belakang. Vivo V15 dibanderol seharga Rp 4,399 juta pada saat peluncurannya.

Selain itu, yang membedakan adalah dari segi sensor kamera, jika Vivo V15 lebih fokus pada kamera depan, lain hal dengan OPPO F11 Pro yang hanya memasang kamera depan 16 MP, namun memiliki dual kamera belakang masing-masing sensornya 48 MP plus 5 MP

Seri lain adalah yang baru-baru ini dirilis adalah Samsung Galaxy A50 yang dibanderol seharga Rp 4,099 juta. Meskipun tidak hadir dengan kamera Pop-up, pabrikan asal Negeri Gingseng itu patut untuk dijadikan pertimbangan bagi pembeli. Dengan desain yang cukup ringan, kapasitas baterainya sama 4000 mAh.

Galaxy A50 memiliki layar FHD+ berukuran 6,4 inci Infinity-U Super AMOLED dengan resolusi 2340×1080 piksel. Smartphone itu didesain dengan bentuk 3D Curved Edge Design dan dipasang chip Exynos 9610. Dari segi kamera juga berbeda, A50 memiliki tiga kamera utama dengan masing-masing sensor 25 MP, 8 MP dan 5 MP dan kamera depan 25 MP.

Continue Reading

International

Pemilu India Mulai Digelar Hari Ini, 900 Juta Jiwa Tentukan Pilihannya

Published

on

Finroll.com – Gelaran pemilihan umum terbesar di dunia dimulai di India hari ini, Kamis (11/4/2019) dengan sekitar 900 juta pemilih yang akan memberi suara. Lebih besar dari jumlah pemilih di negara demokratis seperti Amerika Serikat dan Indonesia.

Pesta demokrasi kali ini menjadi momen bagi Perdana Menteri Narendra Modi untuk mengincar kekuasaan pada periode selanjutnya. Sejumlah jajak pendapat menempatkan pemimpin berusia 68 tahun itu bersama Partai Bharatiya Janata (BJP) sebagai favorit.

Pada Pemilu 2014 lalu, BJP berhasil memenangi 282 kursi dari total 543 kursi yang diperebutkan. Hasil itu secara otomatis menempatkan BJP sebagai partai tunggal yang menguasai parlemen.

Kendati catatan di atas kertas memperlihatkan keunggulan, pada saat yang sama Modi harus menghadapi penantang yang berat, Rahul Gandhi dari dinasti Gandhi-Nehru.

Dengan jumlah pemilih yang besar dan luasnya wilayah India, proses pemungutan suara akan digelar dalam tujuh tahap, mulai dari kawasan Darjeeling, Mumbai, sampai Kepulauan Andaman.

Ribuan partai dan kandidat akan berebut suara dalam rentang waktu hari ini sampai 19 Mei mendatang di 543 daerah pemilihan.

Sekitar 1,1 juta mesin pemilihan elektronik disalurkan lewat perjalanan yang melintasi kawasan hutan dan pegunungan. Sebuah dusun yang berbatasan dengan China dan hanya memiliki satu pemilih pun tak lepas dari distribusi.

Fase pertama pemilihan yang dimulai hari ini akan diikuti oleh 142 juta pemilih, termasuk 7.764 pemilih transgender yang untuk pertama kalinya dalam sejarah India mendapatkan hak suara.

Pemilihan fase pertama ini berlangsung di 91 konstituensi parlemen yang tersebar di 20 negara bagian dan kawasan administrasi federal. Fase kedua akan digelar pada 18 April mendatang dan tenggat perhitungan suara akhir jatuh pada 23 Mei.(reuters)

Continue Reading
Advertisement

Trending