Connect with us

Ragam

Berikut Cara Cerdas Menghilangkan Rasa Kantuk di Kantor

Published

on


Menghilangkan Rasa Kantuk

Rasa kantuk saat bekerja tentunya hampir pernah dirasakan oleh semua orang.

Finroll.com – Penyebabnya pun beragam mulai dari kurang tidur, telat gajian, padatnya aktivitas, dan yang paling utama disebabkan oleh rendahnya kadar gula darah, dehidrasi, dan juga berkurangnya kadar oksigen di dalam otak.

Kopi atau minuman berenergi lainnya sering menjadi pilihan saat mata dan badan sudah mulai lelah. Padahal kafein pada kopi, jika terlalu banyak juga tak baik bagi tubuh Anda. Terlepas dari apakah kafein sehat atau berisiko, masih banyak cara alami lain untuk mengusir rasa kantuk saat bekerja.

Jika hal tersebut sudah dialami maka bisa mempengaruhi mood dan juga kualitas kerja seseorang. Sebelum menjadi kebiasaan buruk yang melekat pada diri Anda ketika bekerja, sebaiknya segera lakukan cara ini untuk menghilangkan kantuk saat kerja

Berikut ini ulasan tentang cara menghilangkan rasa kantuk dikantor, Yuk Simak bersama pembahasannya di bawah ini!
  1. Minum air putih

    Menghilangkan Rasa Kantuk

Seperti yang sudah dibahas pada paragraf awal, penyebab rasa kantuk saat kerja ini disebabkan oleh kurangnya oksigen yang masuk ke dalam tubuh sehingga menyebabkan dehidrasi.

Jika sudah begitu, selain bisa menyebabkan kantuk bisa juga menurunkan daya ingat, konsentrasi yang bisa mengakibatkan kualitas kinerja Anda menurun.

Tentunya solusi dari hal tersebut adalah dengan minum air putih. Air putih ini sangat ampun untuk menghilangkan kantuk saat kerja karena memiliki kandungan oksigen yang cukup banyak dan sangati baik untuk tubuh Anda.

Minum air putih ini sangat dianjurkan untuk diminum sebanyak 8 gelas perhari. Nah, untuk Anda bekerja sebaiknya selalu persiapkan air minum di meja kerja Anda. Ketika Anda mengantuk air putih adalah satu cara yang paling ampuh untuk menghilangkannya.

Tak hanya diminum ketika Anda mengantuk saja, tetapi juga bisa diminum sebelum dan susdah makan. Ataupun ketika Anda sudah melakukan aktivitas yang padat dalam satu hari penuh.

  1. Jalan-jalan ke luar kantor

Cahaya lampu, monitor komputer, dan air conditioner (AC) bisa membuat Anda ngantuk. Jalan-jalan selama 15 menit di luar kantor bisa membantu Anda mendapat udara segar. Melihat pemandangan baru juga bisa membuat badan Anda lebih segar.

  1. Olahraga ringan di sela-sela jam kerja

    Menghilangkan Rasa Kantuk

Sebelum memulai aktivitas bekerja atau ketika waktu istirahat siang tiba cobalah untuk melakukan olah raga ringan. Adapaun olahraga yang dapat Anda lakukan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Bungkukkan badan dengan posisi kaka lurus dan tangan menyentuh ujung jari kaki. Lakukan hal tersebut selama 5 sampai 8 kali dengan waktu 5 sampai 10 detik.
  • Beriktunya adalah melakukan posisi berdiri sambil menghadap ke salah satu sudut ruangan. Kemudian rentangkan tangan hingga sejajar dengan bahu kemudian gerakan seluruh jari tangan dengan posisi buka tutup hingga 10 detik dan lakukan sebanyak 5 sampai 10 kali.
  • Cara berikutnya adalah dengan melakukan posisi duduk, letakkan kedua tangan di pinggul Anda sambil merapatkan kedua kaki. Kemudian, busungkan dada dengan tatapan mata fokus ke depan.

Lakukan hal tersebut hingga Anda merasakan penegangan pada dada Anda. Jika sudah begitu tarik tulang bahu ke belakang secara bersamaan. Lakukan hal tersbeut hinga 10 kali dengan waktu 10 detik.

Dengan melakukan cara di atas selain bisa menghilangkan rasa kantuk saat kerja juga bisa membuat badan Anda menjadi sehat.

  1. Bercanda sejenak dengan teman seruangan

Bercandalah dengan karyawan lain selama 5 menit. Tertawa bisa membantu tubuh Anda bergerak dan menghilangkan rasa kantuk. Jika Anda tak bisa bercanda, tonton video lucu dan tertawalah.

  1. Mendengarkan musik

    Menghilangkan Rasa Kantuk

Cara untuk menghilangkan kantuk saat kerja berikutnya adalah dengan mendengarkan musik dengan irama yang membuat semangat. Cara tersebut banyak dilakukan oleh para karyawan yang memang terkena kantuk saat sedang bekerja dan terbukti sangat efektif.

Selain memilih lagu yang berirama semangat, Anda pun bebas memilih lagu-lagu favorit yang biasa Anda putar. Dengan begitu akan memberikan efek meningkatnya produktivitas kerja Anda.

Namun, untuk mendengarkan musik yang berirama semangat ini sebaiknya menggunakan headset agar teman-teman disekeliling Anda tidak merasa terganggu.

Untuk mendengarkan musik saat bekerja ini sangat dianjurkan untuk Anda yang memang bekerja dibagian divisi yang tidak berhubungan dengan customer. Karena itu, sebaiknya lakukan aktivitas tersebut ketika memang Anda sedang mengantuk ataupun ketika mood Anda  sedang tidak bersahabat

  1. Tidur siang

    Menghilangkan Rasa Kantuk

Bila cara di atas tidak mempan, maka tak ada pilihan lain selain tidur siang selama 10-20 menit di tempat kerja. Tentu saja konsekuensi dari tidur siang saat bekerja adalah Anda tidak bisa terlentang ataupun tengkurap.

Untukk bisa tidur siang saat di kantor ini sebaiknya dilakukan ketika jam istirahat selama waktu yang ditentukan.

Tak ada salahnya untuk meminta izin terlebih dahulu kepada atasan atau rekan kerja Anda. Hal ini berguna agar tidak ada yang menganggu dan terganggu dengan aktivitas tidur Anda ketika berada di kantor.

Tidur siang ini memang “obat” yang paling mujarab ketika rasa kantuk melanda. Karena itu tak ada salahnya untuk tidur sejenak selama disekeliling Anda tidak terganggu dan setelahnya Anda bisa beraktivitas dengan normal kembali.

Selagi ada solusi maka lakukanlah, namun jika sudah tidak bisa ditolerir tak ada salahnya untuk bersitirahata sejenak untuk menyegarkan kembali pikiran dan tubuh Anda. Setuju?

Semoga bemanfaat!

Advertisement

Ragam

Fenomena Air Laut Berbeda Warna di Suramadu

Published

on

By

Finroll.com  – Pemandangan aneh tampak diperairan Surabaya-Madura pada Rabu (20/3/2019). Sebuah video unggahan akun @balimedsos menunjukkan air laut yang berbeda warna.

Tampak ada dua sisi air laut yang berbeda warna. Satunya berwarna agak hitam gelap, sementara sisi lainnya tampak berwarna hijau kecoklatan. Gambar tersebut direkam oleh seorang pengendara motor yang berhenti di Jembatan Suramadu pada Rabu pagi.

Selain merekam ke arah laut selat Madura, perekam sesekali juga mengarahkan kamera ke arah Jembatan Suramadu.

Terkait itu, Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Perak, Surabaya, Adi Hermanto mengatakan peristiwa tersebut adalah hal biasa terjadi.

“Itu memang halocline. Itu suatu hal yang wajar dan alamiah. Fenomenanya tidak perlu dikhawatirkan,” ujar Adi Rabu (20/3/2019).

Ade menerangkan, fenomena tersebut memang mengakibatkan terjadinya gradasi warna. Sehingga air laut tampak seperti terbelah.”Terjadinya gradasi warna itu karena adanya perbedaan densitas (massa jenis), salinitas (tingkat keasinan),” ungkapnya.

Lebih lanjut Adi menjelaskan, ketika air yang kandungan garamnya lebih rendah dari yang lebih tinggi, maka terjadilah fenomena air laut seperti terbelah.

 

 

View this post on Instagram

 

HEBOH! TERJADI FENOMENA ANEH DI LAUT SURAMADU, SURABAYA, JAWA TIMUR RABU (20/3). FENOMENA INI TERJADI 56 KM ATAU SETARA DENGAN PERJALANAN DARI DPS-SINGARAJA . Video yang memperlihatkan fenomena bertemunya dua arus air di bawah Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) viral di media sosial, Rabu (20/3/2019). Video tersebut beredar selain di grup-grup whatsApp, juga di kanal Youtube maupun Instagram. Dalam video berdurasi kurang dari 30 detik itu, nampak dua arus air laut di Selat Madura yang berbeda warna hingga nampak membuat garis di antara dua warna yang berbeda kontras. Satu sisi air berwarna hijau muda, satu sisi air berwarna biru tua. Gambar tersebut direkam oleh seorang pengendara motor yang berhenti di Jembatan Suramadu pada Rabu pagi. Selain merekam ke arah laut selat Madura, perekam sesekali juga mengarahkan kamera ke arah Jembatan Suramadu. Adi Hermanto, Prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya, menyebut fenomena tersebut disebut Halocline. “Fenomena ini terjadi alamiah dan tidak perlu dikhawatirkan,” katanya dikonformasi melalui telepon. Fenomena itu kata Adi juga tidak ada hubungannya dengan kondisi iklim dan cuaca terkini di sekitar Jembatan Suramadu. “Fenomena tersebut juga tidak terkait dengan cuaca ekstrem akhir-akhir ini,” ujarnya. Helocline kata dia terjadi akibat pertemuan dua arus air laut, yang satu memiliki kandungan garam rendah, dan satunya memiliki kandungan garam yang lebih tinggi, sehingga nampak dua warna arus air laut yang sangat berbeda. “Fenomena Halocline sering terjadi di sekitar perairan Selat Madura, karena di kawasan Selat Madura banyak muara sungai baik dari Pulau Jawa maupun pulau Madura,” ujarnya. . Sumber Tribun Jogja .https://www.google.com/amp/jogja.tribunnews.com/amp/2019/03/20/fenomena-halocline-saat-dua-arus-bertemu-di-bawah-jembatan-suramadu . . Video istimewa Via @jeg.bali

A post shared by Info Bali, Viral & Berita (@balimedsos) on

Continue Reading

Ragam

Naik Seribu, Harga Emas Antam Dibanderol Rp 667.500 Per Gram

Published

on

Harga Emas Antam

Finroll.com – Harga emas yang dijual PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) naik sebesar Rp1.000 per gram pada perdagangan hari ini. Tercatat, harga emas Antam dibanderol Rp667.500 per gram, sebelumnya Rp666.500 per gram.

Harga buyback emas Antam juga naik Rp 1.000 menjadi Rp 595 ribu per gram. Harga buyback ini adalah jika Anda menjual emas, Antam akan membelinya di harga Rp 595 ribu per gram.

Adapun Antam menjual emas dengan ukuran mulai 0,5 gram hingga 1.000 gram. Hingga pukul 08.47 WIB, sebagian ukuran emas Antam masih tersedia.

Harga emas Antam ini berlaku di kantor Antam Pulogadung, Jakarta. Sementara, di gerai penjualan emas Antam lain bisa berbeda.

Sementara untuk harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram ditetapkan Rp 6.915.000. Adapun, ukuran 20 gram di angka Rp 13.280.000.

Harga emas Antam sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Sertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen).

Berikut rincian harga emas antam Rabu, (20/3/2019):

Pecahan 0,5 gram: Rp358.250

Pecahan 1 gram: Rp667.500

Pecahan 2 gram: Rp1.284.000

Pecahan 3 gram: Rp1.904.500

Pecahan 5 gram: Rp3.157.500

Pecahan 10 gram: Rp6.250.000

Pecahan 25 gram: Rp15.517.500

Pecahan 50 gram: Rp30.960.000

Pecahan 100 gram: Rp61.850.000

Pecahan 250 gram: Rp154.375.000

Pecahan 500 gram: Rp308.550.000

Pecahan 1.000 gram: Rp617.100.000

 

sumber: Antam

Continue Reading

Ragam

Dewan Penasehat TKN Jokowi-Ma’aruf ‘Romahurmuziy’ Terjaring OTT KPK

Published

on

Romahurmuziy

KPK kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Informasi yang dapat dihimpun, KPK menangkap Dewan Penasehat TKN Jokowi-Ma’aruf yang juga seorang ketua umum partai politik ‘PPP’ Romahurmuziy.

Finroll.com – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo membenarkan Ketua Umum PPP Romahurmuziy terjaring dalam operasi tangkap tangan (OTT)

“Dari sumber A1. Kejadiannya jam 09.00 di Kanwil Kementerian Agama Sidoarjo. Yang ditangkap Romi,” kata sumber tersebut ketika dihubungi lewat telepon pada Jumat seperti dikutip cnnindonesia.com.

Menurut dia, yang bersangkutan sedang diperiksa KPK di Polda Jawa Timur.”Sedang dilakukan pemeriksaan oleh KPK yang bertempat di Polda Jatim.”

KPK memiliki waktu 1×24 jam untuk menentukan status yang ketum parpol tersebut. “Statusnya akan ditentukan sesuai KUHAP setelah selesai pemeriksaan. Tunggu konpers lanjutannya di KPK nanti malam atau besok pagi,” kata Agus.

Baca Juga: KPK Dikabarkan Tangkap Ketua Umum PPP Romahurmuziy

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera juga membenarkan terkait adanya OTT oleh KPK di wilayah Jawa Timur. Ia pun membenarkan informasi penangkapan atas nama Ketum PPP itu.

“Info itu benar, tapi semua dilakukan KPK,” ujarnya melalui pesan singkat, Jumat (15/3).

Menurut Barung, meski OTT dilakukan di wilayah kepolisian Polda Jatim, namun hal itu sepenuhnya menjadi wewenang KPK.

Continue Reading
Advertisement

Trending