Connect with us

Ragam

Berikut Cara Cerdas Menghilangkan Rasa Kantuk di Kantor

Published

on


Menghilangkan Rasa Kantuk

Rasa kantuk saat bekerja tentunya hampir pernah dirasakan oleh semua orang.

Finroll.com – Penyebabnya pun beragam mulai dari kurang tidur, telat gajian, padatnya aktivitas, dan yang paling utama disebabkan oleh rendahnya kadar gula darah, dehidrasi, dan juga berkurangnya kadar oksigen di dalam otak.

Kopi atau minuman berenergi lainnya sering menjadi pilihan saat mata dan badan sudah mulai lelah. Padahal kafein pada kopi, jika terlalu banyak juga tak baik bagi tubuh Anda. Terlepas dari apakah kafein sehat atau berisiko, masih banyak cara alami lain untuk mengusir rasa kantuk saat bekerja.

Jika hal tersebut sudah dialami maka bisa mempengaruhi mood dan juga kualitas kerja seseorang. Sebelum menjadi kebiasaan buruk yang melekat pada diri Anda ketika bekerja, sebaiknya segera lakukan cara ini untuk menghilangkan kantuk saat kerja

Berikut ini ulasan tentang cara menghilangkan rasa kantuk dikantor, Yuk Simak bersama pembahasannya di bawah ini!
  1. Minum air putih

    Menghilangkan Rasa Kantuk

Seperti yang sudah dibahas pada paragraf awal, penyebab rasa kantuk saat kerja ini disebabkan oleh kurangnya oksigen yang masuk ke dalam tubuh sehingga menyebabkan dehidrasi.

Jika sudah begitu, selain bisa menyebabkan kantuk bisa juga menurunkan daya ingat, konsentrasi yang bisa mengakibatkan kualitas kinerja Anda menurun.

Tentunya solusi dari hal tersebut adalah dengan minum air putih. Air putih ini sangat ampun untuk menghilangkan kantuk saat kerja karena memiliki kandungan oksigen yang cukup banyak dan sangati baik untuk tubuh Anda.

Minum air putih ini sangat dianjurkan untuk diminum sebanyak 8 gelas perhari. Nah, untuk Anda bekerja sebaiknya selalu persiapkan air minum di meja kerja Anda. Ketika Anda mengantuk air putih adalah satu cara yang paling ampuh untuk menghilangkannya.

Tak hanya diminum ketika Anda mengantuk saja, tetapi juga bisa diminum sebelum dan susdah makan. Ataupun ketika Anda sudah melakukan aktivitas yang padat dalam satu hari penuh.

  1. Jalan-jalan ke luar kantor

Cahaya lampu, monitor komputer, dan air conditioner (AC) bisa membuat Anda ngantuk. Jalan-jalan selama 15 menit di luar kantor bisa membantu Anda mendapat udara segar. Melihat pemandangan baru juga bisa membuat badan Anda lebih segar.

  1. Olahraga ringan di sela-sela jam kerja

    Menghilangkan Rasa Kantuk

Sebelum memulai aktivitas bekerja atau ketika waktu istirahat siang tiba cobalah untuk melakukan olah raga ringan. Adapaun olahraga yang dapat Anda lakukan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Bungkukkan badan dengan posisi kaka lurus dan tangan menyentuh ujung jari kaki. Lakukan hal tersebut selama 5 sampai 8 kali dengan waktu 5 sampai 10 detik.
  • Beriktunya adalah melakukan posisi berdiri sambil menghadap ke salah satu sudut ruangan. Kemudian rentangkan tangan hingga sejajar dengan bahu kemudian gerakan seluruh jari tangan dengan posisi buka tutup hingga 10 detik dan lakukan sebanyak 5 sampai 10 kali.
  • Cara berikutnya adalah dengan melakukan posisi duduk, letakkan kedua tangan di pinggul Anda sambil merapatkan kedua kaki. Kemudian, busungkan dada dengan tatapan mata fokus ke depan.

Lakukan hal tersebut hingga Anda merasakan penegangan pada dada Anda. Jika sudah begitu tarik tulang bahu ke belakang secara bersamaan. Lakukan hal tersbeut hinga 10 kali dengan waktu 10 detik.

Dengan melakukan cara di atas selain bisa menghilangkan rasa kantuk saat kerja juga bisa membuat badan Anda menjadi sehat.

  1. Bercanda sejenak dengan teman seruangan

Bercandalah dengan karyawan lain selama 5 menit. Tertawa bisa membantu tubuh Anda bergerak dan menghilangkan rasa kantuk. Jika Anda tak bisa bercanda, tonton video lucu dan tertawalah.

  1. Mendengarkan musik

    Menghilangkan Rasa Kantuk

Cara untuk menghilangkan kantuk saat kerja berikutnya adalah dengan mendengarkan musik dengan irama yang membuat semangat. Cara tersebut banyak dilakukan oleh para karyawan yang memang terkena kantuk saat sedang bekerja dan terbukti sangat efektif.

Selain memilih lagu yang berirama semangat, Anda pun bebas memilih lagu-lagu favorit yang biasa Anda putar. Dengan begitu akan memberikan efek meningkatnya produktivitas kerja Anda.

Namun, untuk mendengarkan musik yang berirama semangat ini sebaiknya menggunakan headset agar teman-teman disekeliling Anda tidak merasa terganggu.

Untuk mendengarkan musik saat bekerja ini sangat dianjurkan untuk Anda yang memang bekerja dibagian divisi yang tidak berhubungan dengan customer. Karena itu, sebaiknya lakukan aktivitas tersebut ketika memang Anda sedang mengantuk ataupun ketika mood Anda  sedang tidak bersahabat

  1. Tidur siang

    Menghilangkan Rasa Kantuk

Bila cara di atas tidak mempan, maka tak ada pilihan lain selain tidur siang selama 10-20 menit di tempat kerja. Tentu saja konsekuensi dari tidur siang saat bekerja adalah Anda tidak bisa terlentang ataupun tengkurap.

Untukk bisa tidur siang saat di kantor ini sebaiknya dilakukan ketika jam istirahat selama waktu yang ditentukan.

Tak ada salahnya untuk meminta izin terlebih dahulu kepada atasan atau rekan kerja Anda. Hal ini berguna agar tidak ada yang menganggu dan terganggu dengan aktivitas tidur Anda ketika berada di kantor.

Tidur siang ini memang “obat” yang paling mujarab ketika rasa kantuk melanda. Karena itu tak ada salahnya untuk tidur sejenak selama disekeliling Anda tidak terganggu dan setelahnya Anda bisa beraktivitas dengan normal kembali.

Selagi ada solusi maka lakukanlah, namun jika sudah tidak bisa ditolerir tak ada salahnya untuk bersitirahata sejenak untuk menyegarkan kembali pikiran dan tubuh Anda. Setuju?

Semoga bemanfaat!

Advertisement

Ragam

Bursa Transfer Baru 3 Hari dibuka, Madrid Sudah Habiskan Rp 4,8 T

Published

on

By

Finroll.com – Kedatangan Ferland Mendy di Santiago Bernabeu telah membuat Real Madrid menghabiskan dana sebesar 300 juta euro atau setara dengan Rp 4,8 triliun. Padahal, jendela transfer musim panas baru dibuka pada 11 Juni 2019 lalu.

Real Madrid memang begitu agresif dalam bursa transfer kali ini, mengingat kegagalan pada musim lalu. Belanja musim panas kali ini melampaui pengeluaran El Real pada bursa transfer musim panas 2009, sebesar 254 juta euro atau Rp 4 triliun. Dana sebesar Rp 4 triliun itu digunakan Real Madrid untuk membeli Karim Benzema, Kaka, Xabi Alonson, dan Cristiano Ronaldo.

Dikutip dari Marca, Kamis (13/6), tiga hari sejak jendela transfer dibuka, sudah ada lima pemain yang didatangkan oleh Los Blancos. Mendy, yang didatangkan dari Lyon, dibeli sebesar 48 juta euro, ditambah potensi bonus 5 juta euro. Rodrygo dibeli sebesar 45 juta euro, Eder Miltao 50 juta euro, Luka Jovic 60 juta euro, dan Eden Hazard sementara ini baru diungkap sebesar 100 juta euro.

Namun, angka tersebut diprediksi masih akan terus bertambah. Mengingat bursa transfer baru akan ditutup pada Agustus nanti. Sementara, masih ada beberapa target pelatih Madrid Zinedine Zidane yang belum didapatkan. Salah satu pemain yang disebut-sebut akan membuat Real Madrid mengeluarkan dana besar adalah Paul Pogba.

Manchester United dikabarkan hanya akan melepas Pogba dengan transfer sebesar 150 juta euro. Namun Real Madrid akan melakukan segala cara agar bisa mengurangi harga pemain internasional Prancis itu.

Salah satunya adalah dengan menawarkan Gareth Bale dan James Rodriguez. Real Madrid hanya bisa mengeluarkan 100 juta euro lagi dalam bursa transfer kali ini, mengingat aturan financial fair play (FFP). Itu pun Real Madrid harus bisa menjual pemain dengan nilai 200 juta euro untuk bisa mendapatkan Pogba.

Continue Reading

Ragam

Mengintip Ruang Tunggu Stasiun Gambir yang Instagramable

Published

on

Finroll.com – Inovasi terus dilakukan PT Kereta Api Indonesia (KAI) di musim libur panjang Hari Raya Idul Fitri 2019. Kali ini di Stasiun Gambir menyediakan ruang tunggu bernuansa taman. Fasilitas ini dibuat untuk semakin memanjakan penumpang.

Ruang tunggu ini berada di lobby selatan Stasiun Gambir atau tepatnya dibawah tangga yang akan mengarah ke peron penumpang untuk menunggu kereta. Penumpang harus terlebih dahulu melewati pos pengecekan tiket sebelum bisa memasuki ruang tunggu yang intagramable ini.

Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan pihaknya menyedikan fasilitas sepeti itu untuk dinikmati para pemudik sembari menunggu jadwal keberangkatan keretanya. Diharapkan bisa mengurangi rasa bosan penumpang.

“Kita juga mengalami peningatakan fasilitas yang bisa dinikmati pemudik di Gambir,” kata Eva kepada wartawan, Kamis (30/5).

Ruang tunggu bernuansa taman ini, lanjut Eva, diharapkan bisa menjadi salah satu lokasi untuk para penumpang gemar berswa foto.

“Sehingga kita harapkan musimnya orang selfie, melalui Instagram dan sosmed lainnya menjadi salah satu lokasi yang nyaman atau dapat digunakan calon pemudik mengabadikan momen,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Stasiun Gambir Rizki Afrida mengatakan pengadaan tempat duduk bernuansa taman ini memang program baru yang diadakan baru tahun ini.

Hal ini agar menyajikan pandangan berbeda, jika selama ini stasiun hanya identik dengan ruang tunggu dengan kursi besi, kali ini ada tempat duduk yang kekinian. “Kita juga sekarang ada tambahan tempat duduk-duduk yang nyaman kalau sekarang bilang instagramable,” imbuhnya.

Ruang tunggu taman ini disambut baik oleh Triyan, 27. Dia mengaku senang dengan keberadaan ruang tunggu ini. Hanya saja dia berharap bisa diperbesar.

selain itu letaknya di balik tangga pun membuat banyak orang tidak tahu ada tempat menunggu di situ. Sehingga nnampak belum banyak yang duduk di lokasi baru itu.

“Enak sih tempatnya, cuma kayak kurang luas gitu. Dan kurang jelas dilihatnya karena di balik tangga. Jadi kayaknya banyak yang nggak tahu,” ungkapnya.

Continue Reading

Ragam

Sampah Plastik Berpotensi Kurangi Oksigen di Bumi

Published

on

By

Finroll.com – Sekitar 10 persen oksigen yang dihirup manusia saat ini dihasilkan oleh bakteri Prochlorococcus yang tinggal di lautan. Sayangnya, kemampuan bakteri penghasil oksigen ini dapat menurun akibat polusi plastik yang mengotori lautan di berbagai belahan dunia.

Dampak plastik terhadap bakteri Prochlorococcus ini diungkapkan oleh tim peneliti dari Macquarie University melalui jurnal Communications Biology. Dalam jurnal ini, tim peneliti mengungkapkan pengetahuan mengenai dampak polusi yang dihasilkan manusia terhadap bakteri ini masih sangat minim.

“Tiap satu dari 10 tarikan oksigen yang Anda hirup adalah berkat jasa kawan kecil ini, tapi kita masih tidak mengetahui apa pun tentang bagaimana bakteri lautan, seperti Prochlorococcus merespons polutan manusia,” ujar salah satu peneliti Lisa Moore seperti dilansir Medical News Today.

Dalam studi ini, tim peneliti menggunakan dua strain bakteri Prochlorococcus dan juga zat kimia yang diekstrak dari kantung plastik swalayan dan tikar PVC. Dari studi ini tim peneliti menemukan paparan ini menurunkan pertumbuhan dan fungsi bakteri Prochlorococcus secara signifikan.

Tim peneliti mengungkapkan paparan terhadap zat kimia dari plastik menyebabkan perubahan pada ekspresi gen bakteri Prochlorococcus. Kondisi ini membuat bakteri tidak mampu mengahsilkan protein yang dibutuhkan untuk mengaktivasi gen secara normal.

Yang tak kalah penting, tim peneliti megungkapkan paparan zat kimia plastik mempengaruhi produksi oksigen pada bakteri Prochlorococcus. Paparan zat kimia plastik membuat kadar oksigen yang dihasilkan menjadi lebih rendah.

“Data kami menunjukkan polusi plastik mungkin memiliki dampak ekosistem yang luas di luar dampak yang sudah diketahui terhadap makroorgansime,” jelas ketua peneliti Sasha Tetu.

Ada sekitar 12,7 juta ton plastik yang masuk ke lautan setiap tahunnya. Sampah-sampah plastik ini tak hanya berpotensi membahayakan berbagai makhluk yang hidup di lautan.

Data dari organisasi Fauna and Flora International (FFI) mengungkapkan ada satu orang di negara berkembang yang meninggal setiap 30 detik akibat konsekuensi polusi dari penanganan sampah yang salah. Pada 2050, berat sampah-sampah plastik di lautan dinilai akan mengalahkan berat ikan-ikan yang ada di lautan.

Sebelum terlambat, ada beragam upaya pencegahan yang bisa dilakukan untuk mengurangi sampah plastik. Beberapa di antaranya adalah menggunakan botol minum yang bisa digunakan berulang kali, menghindari penggunaan kantong plastik, mengganti sedotan plastik dengan sedotan yang lebih ramah lingkungan hingga berhenti menggunakan glitter.

Continue Reading
Advertisement

Trending