Connect with us

Kuliner

Berikut 7 Pencuci Mulut Setelah Makan Siang Yang Syarat Dengan Bumbu

Published

on


Pencuci Mulut

Makanan penutup mulut atau yang sering disebut dengan dessert merupakan makanan atau hidangan yang di sajikan paling akhir atau di hidangkan setelah hidangan utama.

Finroll.com – Biasanya hidangan Pencuci Mulut ini berupa makanan yang manis seperti pudding, kue, permen, ataupun buah – buahan. Fungsi dessert dalam giliran hidangan (courses) adalah sebagai hidangan yang menyegarkan setelah menyantap hidangan utama (main course) yang terkadang mempunyai aroma atau rasa yang amis serta menghilangkan rasa enek.

Kebanyakan warga Indonesia tidak mengenal dengan tradisi hidangan pembuka, sesudah makan tidak banyak dari mereka yang melanjutkan ke menu dingin atau menyegarkan.

Tapi meski begitu, Indonesia memiliki banyak jenis makanan yang bisa dinikmati kalau dijadikan sebagai dessert.

Berikut merupakan Makanan Penutup Khas Indonesia berupa minuman :
  1. Es Campur

    Pencuci Mulut

Es Campur adalah salah satu minuman khas Indonesia yang cara membuatnya dengan mencampurkan berbagai jenis bahan dalam sirup manis. Bahan yang dijadikan bahan dasar biasanya berasa manis atau masam. Es campur dapat dijumpai di berbagai daerah di Indonesia dengan rasa dan bahan yang berbeda. Karena itu daerah asal dari es campur ini sulit ditentukan.

  1. Es Doger

    Pencuci Mulut

Es doger adalah salah satu susu kelapa dingin yang sering ditemui di Bandung, Jawa Barat. Walaupun es doger berasal dari Cirebon, es doger juga bisa ditemui di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Malang, dan Surabaya. Es doger, kata doger sebenarnya kependekan dari Dorong Gerobak. Selain rasanya yang enak, es doger juga enak diminum di tempat-tempat yang panas. Es doger juga enak jika diminum setelah melakukan olahraga.

  1. Es Buah atau Sop Buah

    Pencuci Mulut

Es Buah adalah sajian es yang mengombinasikan berbagai macam buah ke dalam satu mangkuk kemudian dicampurkan irisan es atau es balok dan pemanis seperti sirup dan gula cair. Buah-buah yang digunakan dalam pembuatan es buah ini bisa sangat bervariasi, seperti nanas, anggur, strawberry, nangka, semangka, mangga, dan masih banyak lagi jenis buah-buahan yang ada di satu porsi es buah tersebut.

  1. Es Teler

    Pencuci Mulut

Es teler merupakan minuman asli dari Jawa Tengah, Indonesia. Asal mula atau sejarah ternyata dari Kabupaten Sukoharjo. Pada tahun 1957, minuman ini muncul karena di temukan oleh Hj.Samijem Darmo Putro (Ibunda Tukiman Darmowijono), warga desa Juron, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa tengah. Es Teler ini biasanya berisi serutan alpukat, serutan kelapa muda, potongan nangka, susu kental manis, sirup, dan santan. Es yang dipakai bisa berupa es serut atau es batu.

  1. Es Kuwut

    Pencuci Mulut

Es Kuwut berasal dari bahasa Bali yang berarti es kelapa. Resep minuman segar ini mengandung melon, selasih, dan jeruk nipis. Minuman ini populer di Bali karena di sana banyak terdapat buah kelapa, yang merupakan minuman pokok. Tentunya sangat segar untuk menu buka puasa keluarga di rumah!

Minuman khas Pulau Dewata ini sekarang sering ditemui di kota Semarang, Bandung dan Serang. Dengan proses pembuatannya yang mudah dan cepat, resep es ini sekarang sudah bisa diterapkan di rumah

  1. Es Pisang Ijo

    Pencuci Mulut

Pisang ijo atau es pisang ijo adalah sejenis makanan khas di Sulawesi Selatan, terutama di kota Makassar. Makanan ini terbuat dari bahan utama pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Cara memasaknya dengan mengukus di dandang. Adonan tersebut dibuat dari tepung, air, dan pewarna hijau yang terbuat dari campuran air dengan daun suji atau pandan.

  1. Es Cincau

    Pencuci Mulut

Cincau adalah gel serupa agar-agar yang diperoleh dari perendaman daun (atau organ lain) tumbuhan tertentu dalam air. Gel terbentuk karena daun tumbuhan tersebut mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air.

Kata “cincau” sendiri berasal dari dialek Hokkian sienchau yang lazim dilafalkan di kalangan Tionghoa di Asia Tenggara. Cincau sendiri di bahasa asalanya sebenarnya adalah nama tumbuhan (Messina spp) yang menjadi bahan pembuatan gel ini.

Es Cincau adalah sejenis minuman penyegar dengan menggunakan cincau sebagai bahan dasarnya. Potongan cincau ditambah dengan sirup, santan (atau susu) dan es serut sehingga menjadi minuman penyegar. Cincau yang dipakai berbeda-beda tergantung dari daun tumbuhan yang dipakainya.

Wah, menyegarkan-kan sobat finroll. Dijamin setelah kalian menyantap es-es itu semua, aktifitas dikantor akan menjadi menyenangkan.

Selamat beraktifitas kembali Sobat Finroll……………….

Advertisement

Kuliner

Tahukah Kamu, Bahwa Kopi Bisa Membuat Orang Lebih Positif

Published

on

Kopi

Indonesia sudah menjelma menjadi salah satu negara pengekspor kopi terbesar di dunia. Hal ini tentu didasari pada kondisi semua wilayah Indonesia yang bisa ditanami. Dan rata-rata, orang Indonesia sangat gemar minum bercita rasa pahit ini.

Finroll.com – Tapi tahukah kamu bahwa kopi punya banyak manfaat untuk kesehatan? Itu termasuk kaitannya dengan hubungan sosial kemasyarakatan.

Peneliti menemukan bahwa minuman ini memiliki efek yang sangat baik untuk memacu kepedulian manusia terhadap orang lain. Itu karena kopi bisa mempengaruhi sisi psikologis manusia dan akan membuatnya lebih fokus kepada hal positif.

Seorang psikolog klinis  dari Washington DC, Vinita Mehta Ph.D., Ed.M,  dalam penelitiannya yang dumuat di Psychology Today, menemukan bahwa kafein dalam dosis yang normal berhasil meningkatkan kinerja perilaku manusia pada level kognitif sederhana.

Baca Juga: Mengenal Kopi Partungkoan, Yang Enak Banget, Mantap, Mantul Kata Presiden Jokowi

Itu artinya, jika kamu mengonsumsi dua sampai tiga cangkir kopi dalam sehari atau dalam takaran 200 mg kafein pada waktu 30 menit sebelum melakukan tugas verbal, kemampuan kognisimu untuk mengingat kata-kata positif akan sangat meningkat.

Yang unik adalah, mereka nyaris tidak menemukan kemampuan yang sama pada responden untuk memproses kata-kata netral atau negatif.

Dan ternyata disimpulkan bahwa itu bersumber dari kafein yang mampu menghasilkan neurotransmiter dopamin, yang bisa membangkitkan rasa senang. Pada saat kamu merasa senang, maka yang keluar dari perkataan dan tindakanmu adalah hal yang positif bukan?

Maka, kamu disarankan tetap bisa meminum kopi, tetapi dalam batas takaran seperti diatas.

Continue Reading

Kuliner

Mengenal Kopi Partungkoan, Yang Enak Banget, Mantap, Mantul Kata Presiden Jokowi

Published

on

Kopi Partungkoan

Presiden Joko Widodo baru saja melakukan lawatannya ke Balige, Sumatera Utara, dan memutuskan menghabiskan malamnya di Ibukota Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) itu, pada Kamis, (14/3) malam.

Tapi, ia tak mau semalamnya di Balige dilewatkannya begitu saja. Ia memilih mengopi di sebuah kedai sederhana di Jln. Sisingamangaraja No. 172, Balige. Kedai yang beruntung didatangi kepala negara itu adalah Kedai Kopi Partungkoan, yang masih dalam kawasan Pasar Balige.

Jokowi yang tampak santai mengenakan kameja putih dibalut jaket bitu itu ditemani Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, dan Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko.

Ia memesan segelas kopi yang diketahui seharga Rp7.000, dan langsung jatuh hati pada kopi asli Tobasa ini, sejak seruputan pertama.

“Satu cangkir harganya Rp 7.000. Enak banget, mantap, mantul. Jadi, kopinya itu kopi Partungkoan, asli dari Tobasa. Kopi asli sini. Saya pingin nyoba, enak, mantap, mantul,” pujinya.

Partungkoan dalam bahasa Batak ‘Partukkoan’ diartikan sebagai wadah untuk berkomunikasi atau bermusyawarah. Atau dalam lingkup yang lebih luas lagi adalah ajang pengambilan sebuah keputusan hukum atau adat, untuk merencanakan pembangunan, atau hubungan sosial kemasyarakatan, termasuk keamanan.

Singkat dan sederhananya, kedai kopi ini adalah tempat mengobrol apa saja.

Kopi yang diminum Jokowi adalah jenis robusta yang biasanya di Balige baru bisa dipenen setelah 5 tahun. Hebatnya, pohon kopi ini akan terus menghasilkan sampai menua di usia 40 tahun.

Kopi robusta ini dibawa langsung dari Parsoburan yang berjarak sekitar 48 kilometer dari Balige.

Continue Reading

Kuliner

Kalian Wajib Datangi Kafe Unik Ini, Jika Berkunjung ke Negara Britania Raya

Published

on

Kafe

Selain wisata alam, para wisatawan juga suka berburu destinasi yang serba unik dan menarik atau biasa disebut Instagramable. Sekarang ini, begitu banyak destinasi wisata atau tempat makan yang Instagramable seperti kafe yang satu ini. Namanya, Milk Train.

Melansir dari Lonelyplanet, Selasa (12/3), Milk Train adalah kafe es krim berarsitektur kereta yang ada di London. Kafe es krim ini bisa disebut surganya Instagramable. Sebab, kafe ini berdesain mirip dengan kereta api.

Didesain oleh perusahaan Shoreditch, FormRoom, Milk Train dilengkapi dengan desain kereta tradisional Inggris yang terkenal. Sehingga, setiap sudut Milk Train sangat menyenangkan.

“Saat membuat cetak biru desain apa pun, kami percaya bahwa keindahan terletak pada detail yang lebih kecil,” katanya.

Kafe

Desainnya sangat unik ada beberapa interior yang ada di dalam kereta diadakan di dalam kafe es krim ini. Ada sebuah platfom stasiun papan nama, ubin mosaik dan detail lainnya. Uniknya, untuk memesan pesanan kamu harus ke suatu loket karcis. Bahkan, ada tempat duduk tunggunya juga, loh.

Pemilik kafe, Kylie dan Mike mengatakan latarbelakang mendirikan kafe ini dikarenakan masyarakat senang dengan ruangan yang unik. Dan semua kalangan bisa menikmatinya dengan senang.

“Kami ingin produk dan toko kami membuat orang senang dan memicu rasa nostalgia dan kegembiraan. Itulah mengapa kami datang dengan ide menggabungkan permen kapas dengan es krim. Ini merupakan dua favorit masa kecil yang membuat kami bahagia. Ketika kami mulai, kami tidak berharap untuk menerima respon yang begitu besar dan positif secara lokal maupun lonjakan popularitas dari audiens global,” jelasnya.

Milk Train memiliki beragam rasa es krim dan rasa permen yang unik, termasuk yang manis dan gurih, dan secara konstan memperbarui menu mereka untuk mencerminkan tren dan minat pelanggan.

Beberapa rasa yang paling menarik adalah yang tidak sering Anda kaitkan dengan es krim seperti wijen hitam, ube (ubi jalar ungu), susu mawar dan kue puding.

“Kami memiliki audiens yang sangat beragam dan terus-menerus merencanakan dan menghadirkan persembahan dan kreasi rasa baru untuk pelanggan kami, tetapi percaya atau tidak vanilla akan selalu menjadi rasa es krim paling populer dan merupakan buku terlaris kami. Baru-baru ini, kami telah meluncurkan opsi bebas susu jadi sekarang teman-teman kami yang mengidap laktosa dapat menikmati di Milk Train juga,” pungkasnya.

Milk Train terletak di Tavistock Street, London dan buka setiap hari.

Continue Reading
Advertisement

Trending