Connect with us

Traveling

Bagi Kalian Yang Lagi Traveling Di Daerah Bukittinggi, Berikut Spot Instagramable Yang Baik Untuk ‘Cekrak Cekrek’

Published

on


Daerah Bukittinggi

Daerah Bukittinggi merupakan sebuah Kota yang berada di Sumatera barat.

Finroll.com – Kota ini menyimpan sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Daerah Bukittinggi.

Kota Bukittinggi sebagai kota terbesar no 2 setelah Kota Padang, dan menjadi pilihan destinasi liburan untuk masyarakat Sumbar bahkan luar negeri untuk menghabiskan waktu liburannya. Ada banyak sekali tempat wisata di Bukittingi yang layak untuk kita sambangi saat berkunjung ke kota “jam gadang” ini.

Nah, disekitar objek wisata Jam Gadang ini, banyak juga loh spot-spot wisata yang asik untuk dikunjungi. Mulai dari peninggalan sejarah, jelajah pasar tradisional, hingga wisata alam.

Penasarankan, spot apa saja yang bisa buat kamu ‘cekrak cekrek’ di Daerah Bukittinggi ini :
  1. Pastinya Jam Gadang Spot Favorite Para InstagramableDaerah Bukittinggi

Jam Gadang merupakan menara jam berarsitektur Belanda yang merupakan hadiah dari Ratu Belanda kepada Rook Maker, yakni sekretaris Fort de Kock Daerah Bukittinggi. Dalam bahasa Minang, Jam Gadang berarti ‘jam besar.’ Jam tersebut didatangkan langsung dari Rotterdam, Belanda melalui pelabuhan Teluk Bayur. Serta digerakkan secara mekanik oleh mesin yang hanya dibuat dua unit di dunia, yaitu Jam Gadang itu sendiri dan Big Ben di London, Inggris. Landmark ini pun sekarang sudah jadi spot wisata terkenal dengan diperluasnya taman-taman yang ada di sekitarnya.

  1. Lobang Jepang Bukittinggi Yang Terkenal Angker

    Daerah Bukittinggi

Bunker yang dibuat pada zaman penjajahan Jepang ini akan membuat wisata sejarah Anda semakin lengkap. Lubang yang berjarak sekitar 40 meter di bawah Ngarai Sianok ini mempunyai panjang 1.470 meter. Uniknya dari lubang ini adalah adanya terowongan sebanyak 21 buah. Di dalamnya, Anda akan mendapati 21 terowongan yang pada zaman dahulu digunakan untuk tempat tinggal, tempat amunisi, ruang pertemuan, dapur, ruang penyergapan, ruang tahanan, sekaligus ruang penyiksaan. Di tempat ini, Anda akan merasakan betapa perjuangan para pahlawan kita sangat berat di bawah tekanan Jepang.

  1. Jembatan Limpapeh Yang Baik Untuk Menikmati Hijaunya Pemandangan di Sekitarnya

    Daerah Bukittinggi

Saat Anda ingin menuju Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan dari Benteng Fort de Kock, maka Anda harus melewati sebuah jembatan. Sekilas, jika dilihat dari bawah, jembatan ini tidak mempunyai keistimewaan apa pun. Hanya saja, saat Anda melintas di atasnya, sebuah sensasi yang dapat memicu adrenalin Anda pun akan muncul. Jembatan berwarna kuning dan merah ini terasa bergetar atau bahkan bergoyang saat Anda melangkahkan kaki selangkah demi selangkah di atasnya. Inilah yang membuat banyak masyarakat yang justru ingin merasakannya. Tidak hanya itu, pemandangan di sekitar jembatan pun cukup menarik dan sedap dipandang.

  1. Bukit Ngarai Takuruang Yang Mempunyai Air Sungai Yang Jernih Membuat Hati Dan Pikiran Menjadi Tenang

    Daerah Bukittinggi

Seperti namanya yang mempunyai arti “bukit terkurung”, bukit ini berada di sebuah tebing yang menjulang tinggi dan membelah sebuah sungai dengan air jernih menjadi dua jalur. Belum lagi adanya Puncak Singgalang, semakin membuat tempat ini seperti pulau tak terpencil. Konon, tempat ini terbentuk akibat adanya gempa besar yang melanda Sumatra Barat hingga membuat suatu patahan yang membentang di sepanjang Pulau Sumatra. Berada di tempat ini sambil menikmati suara gemerciknya air sungai yang jernih, akan membuat hati Anda menjadi tenang. Terlebih jika Anda duduk menikmati kopi di salah satu kafe cukup terkenal di tempat ini.

  1. Lembah Ngarai Sianok Yang Biasanya Menjadi Tempat Yang Pas Untuk Melepas Penat

    Daerah Bukittinggi

Akibat gempa bumi juga, di Bukittinggi ini juga terbentuk Lembah Ngarai Sianok. Lembah ini membentang dari Nagari Koto Gadang di sisi selatan hingga Nagari Sianok Enam Suku di sisi utara. Lembah yang mempunyai panjang sekitar 15 km ini memang cukup dalam, yaitu mencapai 100 meter, dengan lebar celah sekitar 200 meter. Karena mempunyai suasana tenang dan terasa damai, banyak pengunjung yang menjuluki tempat ini dengan nama Lembah Pendiam. Tempat yang sangat pas untuk Anda jadikan sebagai tempat melepaskan penat.

  1. Museum Rumah Adat Baanjuang Spot Ini Adalah Ke 2 Tervaforite Setelah Jam Gadang

    Daerah Bukittinggi

Rumah adat yang berada di Taman Margasatwa ini memang cukup menyita perhatian. Bentuknya yang masih sangat tradisional dengan anjungan di sebelah kanan dan kirinya, membuat setiap pengunjung merasakan nuansa kedaerahan yang tinggi. Tidak hanya itu, bagian atapnya yang terbuat dari ijuk serta dinding kayu atau bambu dan lantai kayunya, semakin menambah kesan tradisional tersebut. Tidak hanya berbagai benda bersejarah dan budaya tanah Minang saja yang disimpan di tempat ini, namun juga beberapa awetan binatang dengan kondisi aneh, seperti kerbau berkepala dua, kambing bermuka dua, hingga kerbau berkaki delapan. Ada sekitar sembilan ruangan di dalam rumah ini.

  1. Taman Monumen Bung Hatta Yang Terkenal Akan Sejarahnya

    Daerah Bukittinggi

Tidak boleh masuk istana Bung Hatta, tidak menjadi soal. Sebab, Anda masih bisa menikmati taman yang berada di samping istana tersebut. Taman yang dibangun di lereng bukit rendah ini cukup rindang dan sejuk. Di puncak bukitnya, dibangun patung Bung Hatta yang sedang berdiri tegak dengan kepala sedikit menunduk dan tersenyum tipis. Sementara, salah satu tangannya terangkat ke atas seakan hendak menyapa setiap pengunjung yang datang. Patung ini dibangun untuk mengenang semua jasa beliau.

  1. Janjang Ampek Puluah, Seperti Namanya Ampek Puluah Yang Berarti Tangga 40

    Daerah Bukittinggi

Seperti namanya, janjang ampek puluah merupakan sebuah tangga yang berjumlah empat puluh anak tangga. Ya, keunikan dari tempat ini, Anda harus melewati keempat puluh anak tangga tersebut untuk bisa sampai di pasar yang ada di atasnya. Cukup ekstrem sih, karena lantai tangga yang berwarna merah tua tersebut cukup terjal. Terlebih jika hujan turun. Air hujan yang berasal dari pasar akan langsung membasahi lantai anak tangga hingga membuatnya licin. Anda harus berhati-hati saat melewatinya.

  1. Danau Maninjau

    Daerah Bukittinggi

Tempat ini terletak di atas cekungan Singkarak-Solok. Danau yang mempunyai kedalaman hingga 268 meter ini sebenarnya dulu hanya digunakan sebagai pusat listrik tenaga air di Singkarak dengan sumber daya berasal dari terowongan air sepanjang 19 km yang menembus hingga bukit barisan. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, tempat ini kemudian dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata di Daerah Bukittinggi. Salah satu spot menarik di danau ini adalah kelok 44, yaitu suatu kawasan yang menyajikan bentangan danau dengan hiasan hamparan sawah yang sangat subur. Siapa saja yang melihatnya pasti akan terkagum-kagum dibuatnya.

  1. Dan Yang Terakhir Jangan Lupakan Air Terjun Lembah Anai

    Daerah Bukittinggi

Bagi Anda yang menyukai pemandangan air terjun, Daerah Bukittinggi juga memilikinya, namanya Air Terjun Lembah Anai. Bukan hanya pemandangan turunnya air dari atas ketinggian yang membuat tempat wisata ini banyak digemari masyarakat, namun juga karena pemandangan alam di sekitarnya yang khas pegunungan. Plusnya lagi, air terjun ini sangat mudah dijangkau. Anda bisa menikmati pemandangan di tempat ini berjam-jam sambil mencoba menyatukan diri dengan alam hingga pikiran terasa rileks kembali.

Gimana Traveler? Cukupkah referensi Instagramable di Kota Bukittinggi ini? Jangan Lupa berikan pengalaman kalian jika kalian mengunjungi salah satu bahkan semua spot yang ada di Bukittinggi ya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kuliner

6 Bisnis Kuliner Sehat yang Lagi Kekinian dan Bisa Dijual Lewat Online

Published

on

6 Bisnis Kuliner Sehat yang Lagi Kekinian dan Bisa Dijual Lewat Online

Finroll.com – Gaya hidup sehat kini telah menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia, terutama kaum urban. Banyak yang akhirnya mengurangi konsumsi makanan cepat saji dan memilih untuk menggantinya dengan menu yang lebih sehat. Nah, kondisi inilah yang bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan.

Untuk para mahasiswa/i dan juga karyawan yang ingin memulai bisnis kuliner, jangan ragu untuk memilih kuliner sehat sebagai menu yang ditawarkan. Kriteria kuliner sehat ini tentu saja bukan gorengan dan minim penyedap rasa alias micin.

Nah kira-kira apa ya jajanan kuliner sehat dang mengenyangkan? Mending simak deh rekomendasi menu kuliner sehat dibawah Ini:

1. Aneka puding dengan varian rasa


Puding tentu bukan makanan yang asing bagi masyarakat Indonesia. Makanan sejenis jelly yang ditambahkan dengan susu ini biasanya dikonsumsi sebagai makanan penutup. Mengonsumsi puding ini dangat baik untuk kesehatan pencernaan.

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat puding pun mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau. Kamu tinggal bermain dengan rasa dan juga bentuk dari puding yang bervariasi untuk menarik perhatian konsumen. Namun, kamu harus pintar-pintar mengatur kapasitas produksi yang disesuaikan dengan perminatan konsumen, mengingat puding ini nggak bisa bertahan lama.

2. salad buah dengan macam-macam Toping

Buah-buahan diyakini memberi manfaat yang baik bagi kesehatan karena kandungan vitamin, mineral dan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab berbagiai penyakit.

Nah, manfaatkan bahan dasar buah-buahan untuk mengawali bisnis kuliner sehat yang ingin kamu bangun. Selain jus buah, kamu bisa mencoba bisnis salad buah.

Sediakan pilihan buah yang beragam dengan dressing ataupun topping yang bervariasi untuk menarik minat pelanggan. Misalnya, aneka buah-buahan yang dipotong dadu disiram dengan mayones, susu kental manis, juga parutan keju di atasnya. Hmm, yummy!

3. Mie Ayam Warna-warni dengan bahan alami

Siapa sih yang nggak suka mi ayam? Sayangnya, mi yang dibuat dengan bahan tepung ini kerap menjadi bumerang bagi para pegiat diet. Nah, untuk mengakalinya, kamu bisa ciptakan mi dengan berbagai varian warna yang dibuat dari bahan-bahan alami. Misalnya, wortel untuk pewarna kuning, bayam atau daun suji untuk pewarna hijau, dan ubi ungu untuk pewarna merahnya. Mau nggak mau kamu harus mengolah sendiri mi pelangimu. Selebihnya, kamu bisa gunakan bahan-bahan sehat lain seperti jamur dan sayuran hijau untuk pelengkapnya. Untuk kuahnya, usahakan minimalkan penggunaan penyedap rasa, ya. Mi ayam pelangimu siap dipasarkan deh.

4. Rujak Es Krim

Alih-alih hanya menjajakan buah-buahan yang ditaburi dengan sambal kacang alias rujak, cobalah untuk menambahkan es krim di atasnya.Hidangan ini terdiri dari bengkuang, nanas, timun, pepaya, dan kedondong, dan buah-buahan lainnya yang dipadu dengan siraman es krim buatan sendiri dan saus gula jawa yang dicampur dengan bawang putih untuk menambah ketajaman aromanya.

Rujak es krim ini bertekstur renyah dengan paduan rasa manis dan asam yang timbul dari varian buahnya. Cocok sekali untuk dikonsumsi di siang hari.

5. Ubi jalar manis yang dipanggang dengan berbagai tambahan topping segar

Sama halnya dengan singkong, ubi jalar menjadi makanan yang nggak banyak diminati oleh masyarakat. Padahal kandungan gizi dan juga harganya yang murah sangat potensial untuk dijadikan peluang usaha kuliner sehat yang menguntungkan.

Nah, agar tampilan ubi jalar lebih menarik untuk dilirik calon pelanggan, alangkah baiknya kamu mengkreasikannya menjadi sajian kuliner yang nggak biasa.

6. Yoghurt

Dinilai dari kandungan gizinya, yoghurt nggak kalah dengan produk-produk susu Iainnya. Bahkan, yoghurt menjadi alternatif pilihan bagi mereka yang sensitif terhadap laktosa pada susu. Bahan baku krim susu dan susu cair murni adalah dua bahan utama yang harus disediakan jika kamu ingin membuat yoghurt. Kedua bahan ini bisa dengan mudah kamu beli di supermarket atau pasar tradisional. Selain itu, kamu juga membutuhkan bibit yoghurt yang nggak dijual secara bebas di pasaran. Penyajiannya sendiri bisa kamu kreasikan dengan menambahkan topping berupa buah-buahan ataupun saus untuk menambahkan rasa.

Meski penambahan topping dalam pengolahan kuliner sehat nggak dianjurkan, namun kamu masih tetap bisa mengakalinya dengan menggunakan bahan-bahan yang alami yang minim gula dan penyedap rasa.

Continue Reading

Traveling

7 Tampang Objek Wisata Boyolali yang Bikin Liburanmu Berkesan

Published

on

7 Tampang Objek Wisata Boyolali yang Bikin Liburanmu Berkesan

Finroll.com – Boyolali adalah suatu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah dengan luas 1.015,10 km2 dan memiliki populasi penduduk yang cukup padat.

Boyolali terkenal dengan sebutan kota susu, hal ini dikarenakan produk susu di Boyolali adalah yang terbesar di Jawa Tengah. Tidak hanya itu Boyolali juga terkenal dengan penghasil sayuran yang dikenal dengan kualitasnya yang bagus, khususnya di kawasan Cempago dan selo.

Selain susu dan sayuran, Boyolali juga memiliki destinasi wisata yang unik menarik untuk dikunjungi. Redaksi Finroll sudah merangkum 10 wisata Boyolali yang wajib dikunjungi bagi wisatawan domestik dan mancanegara.

1. Tracking Gunung Merbabu Jalur Selo

Gunung Merbabu terletak di jawa tengah dengan ketinggian 3.142M dpl pada puncak Kenteng Songo. Gunung Merbabu berasal dari kata “meru” yang berarti gunung dan “babu” yang berarti wanita. Gunung ini dikenal sebagai gunung tidur meskipun sebenarnya memiliki 5 buah kawah: kawah Condrodimuko, kawah Kombang, Kendang, Rebab, dan kawah Sambernyowo.

Terdapat 2 buah puncak yakni puncak Syarif (3119m) dan puncak Kenteng Songo (3142m). Puncak Gn.Merbabu dapat ditempuh dari Cunthel, Thekelan, (Kopeng / Salatiga) Wekas (Kaponan / Magelang) atau dari selo (Boyolali). Perjalanan akan sangat menarik bila Anda berangkat dari jalur Utara (Wekas, Cunthel, Thekelan) turun kembali lewat jalur selatan (Selo).

2. Candi Lawang

Boyolali juga menawarkan wisata sejarah salah satunya Candi Lawang. Candi ini merupakan peninggalan Hindu abad ke-9. Wisata Candi Lawang di Cepogo Boyolali Jawa Tengah memiliki udara yang masih alami dan sejuk sehingga pengunjung yang datang merasakan kedamaaian hati setelah melewati hari-hari yang sibuk. lokasi terletak di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Timur, Indonesia.

3. Wisata Sapi Perah Cepogo

 

Di Cepogo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah dekat kota Solo, terdapat agrowisata yang cukup menarik dan pantas dikunjungi, termasuk untuk tujuan edukasi. Namanya adalah Agrowisata Sapi Perah Cepogo.

source soloraya

Agrowisata ini mempunyai daya tarik yang tinggi. Lokasinya yang berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut sangat cocok untuk jalan-jalan, Wisatawan bisa langsung melihat ke peternakan sapi perah, belajar bagaimana sapi perah ini dipelihara, memberi makan kepada sapi-sapi tersebut serta melihat langsung bagaimana cara memerah susu sapi dan juga bisa langsung meminum jika ingin mencoba.

4. Kampung Air Kragilan


Objek wisata ini menawarkan pesona alami sungai yang beradu dengan konsep kekinian. Lokasi Kampung Air ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Boyolali yaitu hanya sekitar 5 km. Aliran air sungainya sangat jernih dan sejuk menjadi daya pikat tersendiri untuk mendatangi Wisata Alam Kampoeng Air ini. Air terjun alami yang berukuran kecil menambah keindahan dari Kampoeng Air.

Lokasi Terletak di Desa Watu Genuk, Kelurahan Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah.

5. Bukit Gancik

Boyolali juga tak mau ketinggalan dengan destinasi wisata yang lagi hits untuk stok instagram, salah satunya adalah kebun raya Indrokilo Boyolali dan Bukit Gancik Selo Boyolali yang memiliki view pemandangan alam menakjubkan, memiliki beberapa spot foto kece dan harga tiket masuk sangat terjangkau. Sehingga cocok bagi teman-teman memiliki kegemaran mendatangi objek wisata murah tapi berkualitas.

6. Museum R. Hamong Wardoyo

Kabupaten Boyolali memiliki museum yang direkomendasikan untuk dikunjungi oleh siapa saja. Pelajar, mahasiswa, keluarga harus menyempatkan diri mampir ke museum yang terletak di Jalan Raya Boyolali- Solo, Tegalwire, Mojosongo ini. Museum yang namanya diambil dari salah satu nama Bupati Boyolali terdahulu ini sudah menjadi ikon baru di Kota Susu. Bahkan museum itu didesain dengan inspirasi dari Museum Louvre di Paris, Prancis.

Meskipun tergolong baru, museum yang didirikan di lahan bekas Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Boyolali ini sudah mulai memiliki banyak peminat. Terbukti dari daftar isian buku tamu yang hampir tiap hari terisi oleh tanda tangan pengunjung dari berbagai wilayah. Menurut Penjaga Museum R Hamong Wardoyo, Sutrisno, hampir setiap hari baik hari libur maupun hari aktif museum mendapatkan kunjungan.

Koleksi museum pun sudah dapat dikatakan banyak meliputi sejumlah arca dan benda purbakala lain yang ditemukan di wilayah Kabupaten Boyolali. Ada juga koleksi kereta kencana, harimau sumatera, alat-alat pertanian tradisional, foto-foto bupati Boyolali terdahulu, pusaka peninggalan Paku Buwono X, serta koleksi lain yang berada di lantai satu museum.

7. Wisata Kedung Koro

Wisata Nusantara Kedung Goro Wonosegoro adalah satu diantara destinasi di boyolali yang saat ini cukup popular serta banyak diburu beberapa wisatawan

wisata ini menyuguhkan satu kolam renang alam yang diperlengkapi dengan panorama hijau pohon-pohon serta bebatuan yang membentang disepanjang sungai yang dapat membuat eksotisme alam yang begitu memanjakan mata. Dengan letaknya yang cukup terpencil bikin situasi di tempat ini cukup tenang serta dapat merelaxsasi fikiran, tidak sedikit wisatawan yang menyebutnya surga yang tersembunyi di boyolali.

Continue Reading

Kuliner

5 Tempat Makan di Jakarta yang Buka Sampai Tengah Malam

Published

on

5 Tempat Makan di Jakarta yang Buka Sampai Tengah Malam

1. RM Ampera 2 Tak

source: zomato

Mendadak ingin masakan Padang saat malam hari? Anda bisa segera meluncur ke RM Ampera 2 Tak di Jalan Cikini Raya No 103. Tempat makan satu ini bisa dikatakan RM Padang versi murah karena menyajikan hidangan berkisar Rp5.000 – Rp17.000 saja. Setidaknya Anda hanya perlu menyiapkan bujet sekitar Rp50.000 per orang untuk menikmati ragam hidangan di sini.

Pilihan lauknya pun beragam, mulai dari gule gurame, ikan kembung, pepes tahu, paru goreng, hingga sup buntut. Aneka jus segar juga disediakan oleh RM Ampera 2 Tak, di antaranya jus alpukat, jus leci, jus sirsak, jus tomat, dan jus markisa.

2. Aneka Bubur 786

Ada dua cabang Aneka Bubur 786 yang bisa Anda datangi di Jakarta, yakni di Jalan Radio Dalam Ujung No 123, Pondok Indah dan Jalan Kemang Raya No 2, Kemang. Keduanya buka selama 24 jam, sehingga Anda bisa leluasa datang kapan pun mau.

Bubur yang disajikan di sini terbagi menjadi empat jenis, yaitu bubur biasa, bubur telur asin, bubur telur puyuh, dan bubur telur ayam kampung istimewa. Keempat jenis bubur tersebut terbagi lagi menjadi beberapa menu dengan harga mulai dari Rp35.000 hingga Rp88.000. Jadi, siapkan bujet sekitar Rp120.000 untuk dua orang apabila tertarik makan bubur di Aneka Bubur 786 ya.

3. Roti Bakar Kemang

Tidak ingin menyantap makanan berat saat malam hari? Anda bisa mengunjungi Roti Bakar Kemang di Jalan Kemang Raya No 69E atau Jalan Bendungan Hilir Raya No 80. Sesuai namanya, Roti Bakar Kemang memiliki spesialisasi di menu roti bakar dengan aneka topping mulai dari nanas, caramel, blueberry, susu kental manis, hingga aneka es krim.

Harga yang dibanderol pun sangat terjangkau, mulai dari Rp13.000 saja. Anda cukup membawa bujet sekitar Rp50.000 per orang jika ingin menghabiskan waktu malam di Roti Bakar Kemang.

4. 127 Café


Lokasinya berada di Kosenda Hotel, Jalan KH Wahid Hasyim No 127, Tanah Abang. Karena jam operasionalnya berlangsung selama 24 jam, Anda bisa bebas menghabiskan waktu di 127 Café.

Meski begitu, menu yang ditawarkan tidak sebanyak kafe-kafe lain. Menu ini terbagi menjadi empat jenis, yaitu flavours tea seperti apple tea dan lychee tea, aneka kopi, pastry, dan dessert. Jika ingin datang ke 127 Café, Anda harus menyiapkan bujet sekitar Rp100.000 per orang.

5. Ketan Susu Kemayoran


Apabila Anda sedang bosan dengan roti bakar, Ketan Susu Kemayoran dapat menjadi alternatif yang tak kalah menggiurkan. Di sini, Anda bisa memesan ketan susu seharga Rp5.000. Sebagai teman makan ketan susu, tersedia pula gorengan dan aneka minuman seperti kopi, kopi susu, dan teh poci.


Tertarik untuk makan di Ketan Susu Kemayoran? Anda bisa datang ke Jalan Kemayoran Gempol. Setiap harinya, tempat makan ini buka pukul 18:00 – 02:00.

Continue Reading
Advertisement

Trending