Connect with us

Sports

Atlet Judo Indonesia Didiskualifikasi Karena Tolak Lepas Hijab, MUI: Waktu Asian Games Tak Masalah

Published

on


Atlet Judo Indonesia Didiskualifikasi Karena Tolak Lepas Hijab, MUI: Waktu Asian Games Tak Masalah

Finroll.com – Atlet judo putri Indonesia, Miftahul Jannah dinyatakan kalah setelah menolak melepas jilbabnya saat akan bertanding melawan wakil Mongolia, Oyun Gantulga di arena Asian Para Games 2018 Jakarta.

Mengenai masalah yang dialami Atlet putri judo Indonesia, Najelis Ulama Indonesia (MUI) turut angkat bicara. MUI merasa prihartin dengan keputusan wasit yang langsung mendiskualifikasi Miftahul Jannah.

Seperti dilansir laman VIVA Selasa, 9/10, wakil ketua MUI Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan Seharusnya hal tersebut tidak boleh terjadi, karena pertimbangan untuk menghormati hak asasi manusia terhadap pejudo yang melaksanakan keyakinan agamanya.

Zainut menuturkan, penanggungjawab pertandingan judo Asian Para Games 2018 seharusnya dapat mengkomunikasikan hal tersebut dengan pihak yang membuat peraturan agar dapat merevisi aturan yang sifatnya diskriminatif dan tidak sesuai dengan semangat penghormatan terhadap HAM.

“Waktu di gelaran Asian Games saja ada beberapa atlet yang waktu tanding menggunakan hijab tidak masalah seperti atlet karate, panjat tebing dan panah. Jadi agak aneh jika pada Asian Para Games hal tersebut dilarang,” katanya.

Maka dari itu, MUI minta kepada penanggungjawab pertandingan judo untuk menjelaskan kepada publik alasan pelarangannya secara detail, tidak cukup hanya karena ada peraturan semata, agar masyarakat tidak salah paham.

Untuk diketahui, Atlet blind judo putri Indonesia, Miftahul Jannah dinyatakan kalah setelah menolak melepas jilbabnya saat akan bertanding melawan wakil Mongolia, Oyun Gantulga di arena Asian Para Games 2018 Jakarta.

Dalam situs resmi Asian Para Games 2018 dituliskan, dia kalah Senin, 8 Oktober 2018, pukul 10:18 WIB di kelas 52 kilogram putri di arena judo Gedung Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat.

Atlet asal Aceh itu dinyatakan terdiskualifikasi dari Asian Para Games karena memilih mempertahankan jilbabnya. Sementara wasit pertandingan tidak memperkenankannya. Sebab, jilbab yang dikenakan Miftahul Jannah bisa membahayakan nyawanya sendiri.

“Ini memang aturan dari judo internasional, alasannya karena ditakutkan pada saat main bawah (newasa), akan ketarik dari lawannya yang bisa menyebabkan tercekik,” kata Penanggung Jawab Tim Judo Indonesia, Ahmad Bahar.

Advertisement

Sepakbola

Jadwal Liga Champions Babak 16 Besar: Atletico VS Juventus

Published

on

Jadwal Liga Champions Babak 16 Besar: Atletico VS Juventus

Finroll.com – Atletico Madrid akan menjamu Juventus di Stadion Wanda Metropolitano dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu (20/2/2109) atau Kamis dini hari WIB.

Ibu Kota Spanyol tengah bersiap menyam but Cristiano Ronaldo dkk dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions yang mempertemukan Atletico Madrid Vs Juventus.

Semua mata tertuju kepada Cristiano Ronaldo yang sedang menampilkan penampilan puncak bersama Si Nyonya Tua.

Ronaldo kini telah mengoleksi 21 gol dan 12 assist bersama Juventus di semua ajang.

Atletico Madrid bukan lawan baru bagi Ronaldo. Selama 9 tahun bersama Real Madrid, Atleti menjadi salah satu tim yang menjadi favorit gol Ronaldo.

Dalam 31 pertemuan, Ronaldo sukses menjaringkan 22 gol ke gawang Atleti.

Juventus bisa menampilkan skuat terbaik dalam laga ini, hanya Douglas Costa yang masih mengalami cedera paha.

Di kubu tuan rumah, pelatih Diego Simeone juga tak memiliki masalah dengan kebugaran pemain.

Hanya Lucas Hernandez yang dipastikan absen karena masih berkutat dengan cedera lutut.

Simeone kemungkinan bakal memainkan Alvaro Morata sebagai striker utama dan menempatkan Diego Costa di bangku cadangan karena baru saja sembuh dari cedera.

Kepercayaan diri pemain asal Spanyol mulai tumbuh usai menyumbang assist di laga terakhir bersama Los Rojiblancos saat melawan Rayo Vallecano.

Alvaro Morata (kiri) menyediakan assist buat Antoine Griezmann (kanan) dalam partai Atletico Madrid di markas Rayo Vallecano, 16 Februari 2019.
“Saya akan (melakukan selebrasi), untuk semua orang-orang Atletico Madrid,” ujarnya ketika ditanya apakah ia akan melakukan selebrasi ketika mencetak gol ke gawang salah satu mantan timnya itu.

Pada laga lainnya, Manchester City akan berlaga di kandang Schlake. Sebelumnya kedua tim baru bertemu sekali, yang dimenangi Man City 2-0.

Dalam klasemen Liga Inggris, The Citizens ada di posisi kedua. Sedangkan Schalke terpuruk di urutan ke-14 klasemen Bundesliga Jerman.

Untuk laga nanti, Man City tak bisa menurunkan Claudio Bravo karena cedera. Sedangkan tiga pemain Schalke cedera, yakni Breel Embolo, Alessandro Schopf, dan Steven Skrxyski.

Jadwal Liga Champions Kamis, 21 Februari 2019

  • Atletico Madrid vs Juventus | 03:00 WIB (RCTI)
  • Schalke vs Manchester City | 03:00 WIB.

 

(sumber: bolasport)

Continue Reading

Sepakbola

Video: Highlights Liga Champions Liverpool 0 VS 0 Bayern

Published

on

Featured Video Play Icon

Finroll – Hasil pertandingan Liverpool vs Bayern Munchen pada 16 besar Liga Champions, Rabu (20/2) usai dengan skor 0-0. Skor kacamata itu tidak mencerminkan jalannya pertandingan, terutama pada babak pertama, yang penuh peluang gol.

Laga 45 menit pertama antara Liverpool vs Bayern Munchen di Stadion Anfield pada Rabu dinihari ini berbeda jauh dengan 45 menit kedua. Serangan silih berganti terjadi selama babak pertama dan seharusnya sudah terjadi banyak gol, setidaknya empat, tapi sayangnya tidak demikian. Sementara itu babak kedua, khususnya pada menit-menit awal, diwarnai dengan pertahanan ketat oleh Der FCB. Selama 20 menit pertama babak kedua para pemain The Reds tak mampu melepaskan satu pun tembakan on target ke gawang Manuel Neuer.

Niko Kovac selaku manajer Bayern Munchen tampaknya mengincar skor 0-0 pada leg pertama ini sebelum leg kedua di Allianz Arena selang tiga minggu lagi. Terlihat jelas bahwa ia menginstruksikan para pemainnya untuk lebih banyak bertahan selama babak kedua. Ia patut khawatir dengan sejumlah peluang emas yang diukir Sadio Mane dan Mohamed Salah selama paruh pertama tadi. Setidaknya ada tiga kali pemain Senegal, Mane, memperoleh kesempatan mencetak gol, tapi sayang tak satu pun membuat gawang Neuer bergetar. Demikian juga setidaknya ada dua kali Mohamed Salah membahayakan gawang Bayern.

melalui sayap kanan sebelum mengirim umpan-umpan berbahaya ke dalam kotak, yang tertuju kepada Robert Lewandowski. Satu di antaranya nyaris membuahkan gol bunuh diri oleh Jordi Matip, yang mencoba membersihkan bola tapi malah menembak on target ke gawang sendiri. Beruntung bola masih memantul di dada Alisson Becker.

Sang kiper Brasil mantan AS Roma itu juga dua kali nyaris membuat blunder. Dua kali ia mengirim umpan ceroboh. Satu terarah langsung ke Thiago Alcantara pada menit keenam. Ia beruntung karena umpan Thiago ke James Rodriguez berhasil dihentikan oleh Joel Matip. Selang 10 menit kemudian, Alisson kembali mengirim umpan ceroboh, kali ini ke pinggir kotak kepada Matip, terlalu dekat dengan pemain Bayern sehingga Thiago sekali lagi mencuri bola dan mengirim bola secara cepat ke arah Kingsley Coman. Tapi tak ada gol.

Babak kedua, seperti sudah disebutkan tadi, diawali dengan Bayern Munchen memperketat lini belakangnya. Tekanan diberikan pada pemain raksasa Bundesliga itu setiap kali pemain The Reds masuk ke sepertiga akhir lapangan. Di tengah situasi kegagalan Liverpool mencatatkan shot on goal, menit 59, Serge Gnabry – pemain yang terlihat sangat berbahaya sepanjang babak pertama tadi – melepaskan tendangan dari tepi kotak, tapi meleset tipis di atas mistar gawang.

Peluang terbaik skuad Jurgen Klopp – yang sedari tadi berjingkrak-jingkrak di pinggir lapangan karena jengkel – terjadi menit 85 saat Sadio Mane menanduk bola untuk sebuah umpan silang, mengarahkan ke bagian bawah gawang. Tapi Manuel Neuer terlalu senior untuk dikecoh, berhasil menepis bola keluar dengan membanting tubuhnya. Gagal gol lagi

Tidak ada gol. Hasil pertandingan Liverpool vs Bayern Munchen di Anfield ini ditutup dengan skor akhir 0-0. Kedua tim masih akan menjalani leg kedua selang tiga minggu lagi di kandang Die Roten, Allianz Arena. Skor 0-0 merupakan situasi yang berbahaya bagi tuan rumah karena Mohamed Salah dan kawan-kawan cukup mencuri satu gol tandang untuk lolos ke perempat final Liga Champions.

(sumber gilabola)

Continue Reading

Sports

Resmi, Indonesia Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2023

Published

on

Resmi, Indonesia Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2023

Finroll.com – Indonesia secara resmi mencalonkan diri menjadi tuan rumah olimpiade 2023. Hal ini ditandai dengan penyerahan surat asli Presiden Joko Widodo kepada Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach di Sekretariat IOC, Lausanne, Swiss.

Surat yang menyatakan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2032 itu disampaikan oleh Dubes RI di Bern Muliaman D Hadad pada 11 Februari 2019.

Sebelumnya, Presiden RI secara lisan telah menyampaikan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah olimpiade kepada Thomas Bach saat berkunjung ke Indonesia pada 2018. Presiden juga telah menyampaikan surat yang menyatakan keinginan Indonesia itu secara tertulis.

Salinan surat telah diterima oleh Thomas dan direspons dengan positif, terlebih setelah kesuksesan Indonesia selama perhelatan Asian Games dan Asian Paragames 2018.

Dijelaskan, pada pertemuan dengan Dubes RI Bern Muliaman D Hadad, Christophe Dubi selaku Executive Director IOC menyampaikan respons yang positif terhadap aplikasi Indonesia tersebut dan berupaya untuk bekerja sama lebih lanjut selama proses pemilihan tuan rumah olimpiade berlangsung.

“IOC sudah mengakui kapabilitas Indonesia pada saat penyelenggaraan Asian Games dan Asian Paragames 2018 yang berjalan sukses. Kami rasa ini menjadi fondasi yang cukup kuat, ” kata Dubi pada pertemuan tersebut, menurut siaran pers KBRI di Bern yang diterima di Jakarta, Selasa (19/2).

Dubes RI Bern menyampaikan bahwa aplikasi Indonesia sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032 dapat menjadi kesempatan baik untuk menunjukkan kemampuan ekonomi Indonesia. Terutama sebagai negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan anggota G-20.

“Ini momen yang tepat untuk menunjukkan kapabilitas Indonesia sebagai negara besar. Tentu saja pengalaman Indonesia di tahun 2018 lalu patut menjadi bahan pertimbangan,” ujar Muliaman.

Proses pemilihan tuan rumah Olimpiade 2032 akan dilaksanakan selambat-lambatnya pada 2024. Tokyo, Paris, dan Los Angeles kini telah ditetapkan sebagai tuan rumah Olimpiade berturut-turut pada tahun 2020, 2024, dan 2028.

source: republika

Continue Reading
Advertisement

Trending