Connect with us

Sports

Atlet Judo Indonesia Didiskualifikasi Karena Tolak Lepas Hijab, MUI: Waktu Asian Games Tak Masalah

Published

on


Atlet Judo Indonesia Didiskualifikasi Karena Tolak Lepas Hijab, MUI: Waktu Asian Games Tak Masalah

Finroll.com – Atlet judo putri Indonesia, Miftahul Jannah dinyatakan kalah setelah menolak melepas jilbabnya saat akan bertanding melawan wakil Mongolia, Oyun Gantulga di arena Asian Para Games 2018 Jakarta.

Mengenai masalah yang dialami Atlet putri judo Indonesia, Najelis Ulama Indonesia (MUI) turut angkat bicara. MUI merasa prihartin dengan keputusan wasit yang langsung mendiskualifikasi Miftahul Jannah.

Seperti dilansir laman VIVA Selasa, 9/10, wakil ketua MUI Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan Seharusnya hal tersebut tidak boleh terjadi, karena pertimbangan untuk menghormati hak asasi manusia terhadap pejudo yang melaksanakan keyakinan agamanya.

Zainut menuturkan, penanggungjawab pertandingan judo Asian Para Games 2018 seharusnya dapat mengkomunikasikan hal tersebut dengan pihak yang membuat peraturan agar dapat merevisi aturan yang sifatnya diskriminatif dan tidak sesuai dengan semangat penghormatan terhadap HAM.

“Waktu di gelaran Asian Games saja ada beberapa atlet yang waktu tanding menggunakan hijab tidak masalah seperti atlet karate, panjat tebing dan panah. Jadi agak aneh jika pada Asian Para Games hal tersebut dilarang,” katanya.

Maka dari itu, MUI minta kepada penanggungjawab pertandingan judo untuk menjelaskan kepada publik alasan pelarangannya secara detail, tidak cukup hanya karena ada peraturan semata, agar masyarakat tidak salah paham.

Untuk diketahui, Atlet blind judo putri Indonesia, Miftahul Jannah dinyatakan kalah setelah menolak melepas jilbabnya saat akan bertanding melawan wakil Mongolia, Oyun Gantulga di arena Asian Para Games 2018 Jakarta.

Dalam situs resmi Asian Para Games 2018 dituliskan, dia kalah Senin, 8 Oktober 2018, pukul 10:18 WIB di kelas 52 kilogram putri di arena judo Gedung Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat.

Atlet asal Aceh itu dinyatakan terdiskualifikasi dari Asian Para Games karena memilih mempertahankan jilbabnya. Sementara wasit pertandingan tidak memperkenankannya. Sebab, jilbab yang dikenakan Miftahul Jannah bisa membahayakan nyawanya sendiri.

“Ini memang aturan dari judo internasional, alasannya karena ditakutkan pada saat main bawah (newasa), akan ketarik dari lawannya yang bisa menyebabkan tercekik,” kata Penanggung Jawab Tim Judo Indonesia, Ahmad Bahar.

Advertisement

Sepakbola

Hasil Liga Champions 2018/2019 Grup E-H

Published

on

Babak penyisihan grup Liga Champions 2018-19 akhirnya rampung setelah tim-tim penghuni Grup E hingga Grup H menyelesaikan matchday 6 alias pamungkas pada Kamis (13/12) dini hari WIB.

Sebelum laga matchday 6 digelar, sejumlah tim sudah memastikan kelolosan ke babak 16 besar. Karena itu mereka tampil kurang serius di partai terakhir ini.

Tim-tim kuat seperti Real Madrid, AS Roma, Juventus, hingga Manchester United yang sudah pasti lolos harus menelan kekalahan di matchday 6 ini.

Lyon menjadi tim terakhir yang memastikan lolos ke fase selanjutnya sekaligus melengkapi 16 kontestan yang akan bertarung di babak gugur.

Di Grup E, Ajax Amsterdam gagal menyalip Bayern Munchen di tabel klasemen. Bayern lolos ke babak 16 besar dengan predikat juara grup, sedangkan Ajax sebagai runner-up.

Sementara di laga lainnya Benfica mengalahkan AEK Athena dengan skor tipis 1-0. Kekalahan ini membuat AEK mengakhiri babak penyisihan tanpa meraih poin sama sekali.

Hasil Pertandingan grup E

  • Ajax Amsterdam 3-3 Bayern Munchen
  • Benfica 1-0 AEK Athena

Lyon akhirnya memastikan kelolosan ke babak 16 besar usai sukses menahan imbang sang rival, Shakhtar Donetsk. Shakhtar pun harus puas melanjutk

Sementara Manchester City sukses meraih kemenangan atas Hoffenheim untuk semakin mematenkan posisi puncak, sedangkan Hoffenheim harus puas menjadi tim juru kunci.

hasil pertandingan grup F

  • Manchester City 2-1 Hoffenheim
  • Shakhtar Donetsk 1-1 Lyon

Kekalahan 0-3 dari CSKA Moscow tak berpengaruh terhadap posisi Madrid di klasemen. El Real tetap berhak melaju ke babak 16 besar sebagai juara grup dengan koleksi poin 12, unggul tiga angka dari AS Roma yang menempati posisi runner-up.

Sementara itu, kemenangan ini belum mampu membawa CSKA tampil di Liga Europa karena di saat bersamaan Viktoria Plzen sukses mengalahkan AS Roma 2-1. Kedua tim sama-sama memiliki poin 7, akan tetapi Viktoria unggul head to head.

Hasil Pertandingan grup G

  • Real Madrid 0-3 CSKA Moscow
  • Viktoria Plzen 2-1 AS Roma

Sudah pasti lolos, Juventus dan Manchester United sama-sama menelan pil pahit di laga terakhir. Bianconeri menyerah di kandang Young Boys dengan skor 1-2.

Sementara United harus takluk dengan skor 1-2 di kandang Valencia. Posisi ketiga yang berarti jatah ke babak 32 besar Liga Europa ditempati Valencia.

Hasil Pertandingan grup H

  • Valencia 2-1 Manchester United
  • Young Boys 2-1 Juventus
sumber bola

Continue Reading

Sepakbola

Mission Imposible Lawan Barca Sukses, Tottenham Lolos ke 16 Besar

Published

on

Mission Imposible Lawan Barca Sukses, Tottenham Lolos ke 16 Besar

Finroll.com – Tottenham Hotspur malam tadi berhasil menuntaskan “Mission Imposible” mereka, setelah bertandang ke markas FC Barcelona di Camp Nou, dalam laga pamungkas grup B Champions League.

Gol penyeimbang dari Lucas Moura di menit 85 membawa Harry Kane Cs lolos ke 16 besar, menemani Barca yang berstatus juara grup B. Di waktu yang sama, hasil ini juga mengandaskan mimpi Inter Milan untuk melaju lebih jauh, terlebih mereka juga hanya bermain imbang 1-1 terhadap juru kunci grup, PSV Eindhoven.

Pertandingan berjalan seru, jual-beli serangan terjadi dalam 90 menit pertandingan. Barca membuka keunggulan lewat sepakan ciamik Ousmane Dembele di menit tujuh. Melewati dua bek Spurs, Dembele berhasil menceploskan bola melalui sela-sela kaki kiper Hugo Lloris.

Beruntung, Lucas Moura bisa menyamakan kedudukan dan Tottenham bernasib baik di musim ini.

Baca Lainnya: Neymar Beri Sinyal Ingin Bermain di Liga Premier Inggris

Sementara itu, pelatih Spurs Mauricio Pochettino mengaku sangat bangga dan puas meski hanya bermain imbang melawan pasukan Ernesto Valverde, yang malam tadi didominasi oleh pemain lapis dua.

“Saya sangat senang, ini juga untuk semua fans. Ini pencapaian yang besar bagi klub. Saya selalu percaya untuk memenangkan pertandingan. Kami menghasilkan banyak peluang,” ungkap Pocetthino.

Terlepas dari itu, ia meyakini hasil ini sudah membuktikan kapasitas Tottenham Hotspur di Champions League yang notabene mereka adalah “anak kemarin sore” di turnamen antar klub tertinggi di Eropa itu.

“Kami benar-benar layak untuk lolos ke fase selanjutnya mendampingi Barcelona. Kami adalah tim terbaik di grup yang sulit,” sambungnya.

Sumber: BBC Sport

Continue Reading

Sports

Gagal di MotoGP, Valentino Rosi Juara di Rally Monza 2018

Published

on

Gagal di MotoGP, Valentino Rosi Juara di Rally Monza 2018

Finroll.com – Valentino Rossi menjadi juara di Monza Rally Show pada hari Minggu (09/12/2018). Kemenangan ini adalah kemenangan ke-7 Valentino Rossi di ajang ini.

Valentino Rossi meyakinkan publik bahwa dia tidak hanya andal di MotoGP, termasuk juga balapan lain. The Doctor menang bersama Carlo Cassina sebagai navigator-nya dengan mengendarai Ford Fiesta WRC +.

Di kesempatan balapan ini,Valentino Rossi menjalani balapan dengan sempurna tanpa penalti. Valentino Rossi bahkan mengalahkan pembalap World Rally Championship (WRC).

Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, mengungguli Teemu Suninen yang harus puas berada di posisi dua. Teemu Suninen sendiri adalah pembalap profesional WRC. Valentino Rossi kini tercatat sebagai orang paling sukses di ajang Reli Monza. Mengungguli Rinaldo Capello yang mengoleksi lima kemenangan di ajang Reli Monza.

Berikut hasil lengkapnya:

1. Rossi / Cassina (Ford Fiesta WRC Plus) 1h13: 08.7
2. Suninen / Salminen (Ford Fiesta WRC Plus) +1: 07.2 **
3. Brivio / Brivio (Ford Fiesta WRC Plus) +2: 03.4 *
4. Salucci / Dotta (Ford Fiesta WRC Plus) +2: 18.1
5. Cairoli / Mori (Hyundai i20 WRC) +2: 52.4 *
6. Bonanomi / Pirollo (Ford Fiesta WRC) +2: 53.2
7. Longhi / Santini (Hyundai i20 WRC) +3: 15.1 *
8. D’Aste / D’Aste (Citroen DS3 WRC) +3: 26.1
9. Yachts / Giraudet (Ford Fiesta WRC) +3: 36.8
10. Re / Florean (VW Polo R5) +4: 28.3

 

(sumber Gridoto)

Continue Reading
Advertisement

Trending