Connect with us

News

Anies Baswedan Perluas Pergub Pembebasan PBB

Published

on


Tingkatkan Kualitas Layanan, Pemprov DKI Luncurkan 3 Aplikasi Kesehatan

Finroll.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan akan memperluas pembebasan pajak bumi dan bangunan (PBB). Ia menyebut pembebasan PBB diberlakukan untuk guru, pensiunan guru, veteran, pensiunan PNS, dan penerima bintang kehormatan dari presiden serta mantan presiden dan wakil presiden.

“Mereka adalah orang-orang yang dianggap berjasa pada bangsa. Dengan tandanya sederhana, mereka perintis kemerdekaan, pahlawan nasional, penerima bintang dari presiden, termasuk TNI, polisi yang sudah pensiun,” ujar Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (23/4).

Ia menyebutkan, pembebasan PBB bagi pahlawan nasional dan veteran berlaku untuk tiga generasi. Sementara, para guru tidak dikenakan pembayaran PBB hingga dua generasi atau sampai anak mereka.

Namun, dengan catatan, lanjut Anies, hal itu berlaku untuk rumah pertamanya, hanya satu rumah. Apabila mereka mempunyai dua rumah, pembebasan PPB itu tidak berlaku bagi rumah kedua.

Ia mengatakan, meski rumah mantan presiden dan wakil presiden berada di kawasan elite yang berpotensi memberikan pendapatan asli daerah (PAD), hal itu tidak cukup berpengaruh. Sebab, menurut Anies, pembebasan PBB bagi mereka sebagai bentuk penghargaan.

Bahkan, ia mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membuka potensi untuk menambahkan batas maksimal dari pembebasan PBB. Semula pembebasan PBB berlaku bagi hunian dengan NJOP di bawah Rp 1 miliar. Namun, bisa saja ditingkatkan menjadi di bawah Rp 2 miliar.

“Kalau misalnya sekarang nih Rp 1 miliar, boleh enggak besok di bawah Rp 2 miliar? Boleh kan,” kata Anies.

Untuk memenuhi target pendapatan PBB, Pemprov DKI Jakarta tengah melakukan pendataan ulang atas hunian-hunian atau fiskal kadaster. Selain itu, pengumpulan data terkait kebenaran informasi atas luas tanah yang tertera dengan kenyataannya di lapangan dan mengenai pengalihan fungsi dari hunian menjadi lahan komersial.

“Misalnya, gedung dihitung per lantai 1.000 meter. Dalam kenyataannya bisa jadi 1.200 meter. Nah, itu yang kita sedang lakukan dengan cara seperti itu insya Allah pendapatan pajak kita jadi lebih banyak,” kata Anies.

Anies mengatakan, terkait fiskal kadaster sedang berjalan, pihaknya sedang melakukan proses pemotretan dan mendatangi bangunan di wilayah DKI hingga memperoleh data yang lengkap. Ia menargetkan pengumpulan data akan rampung pada Juni atau Juli 2019.

Kendati memberikan perluasan pembebasan lahan, Anies meyakini Pemprov DKI akan mendapatkan PAD yang cukup. Untuk itu, data dari fiskal kadaster akan dapat mengukur dan mendongkrak PAD dari kegiatan lain.

Sebelumnya, Anies merevisi Peraturan Gubernur Nomor 259 Tahun 2015 tentang Pembebasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perdesaan dan Perkotaan Atas Rumah, Rumah Susun Sederhana Sewa, dan Rumah Susun Sederhana Milik dengan Nilai Jual Objek Pajak sampai dengan Rp 1 Miliar.

Revisi itu ditandai dengan diterbitkannya Pergub Nomor 38 Tahun 2019 tertanggal 15 April 2019. Anies menegaskan, dengan dikeluarkannya perubahan kedua atas Pergub 259/2015 tersebut, tidak lantas menghapus pembebasan PBB bagi hunian dengan NJOP di bawah Rp 1 miliar.

Hal-hal yang ditambahkan, antara lain, Pasal 2A mengecualikan pembebasan PBB bagi objek pajak yang mengalami peralihan hak kepemilikan, penguasaan, ataupun pemanfaatan kepada wajib pajak badan. Kemudian Pasal 4A menyebutkan bahwa pembebasan PBB berlaku hanya 31 Desember 2019.

Namun, Anies mengatakan, adanya penyebutan batas pemberlakuan dimaksudkan karena sejalan dengan masa berlakunya PBB itu sendiri. Sementara, mengenai pembebasan PBB yang bahkan diperluas akan diterbitkan melalui pergub baru yang tengah disusun.

Selain itu, dalam Pasal 5A disebutkan bahwa pihak yang mendapatkan pembebasan PBB sebelum berlakunya pergub perubahan tetap mendapatkan pembebasan PBB. Adapun pergub ini berlaku surut terhitung sejak 1 Januari 2019.

“Tidak ada rencana untuk menghapuskan PBB bagi rumah yang NJOP-nya di bawah Rp 1 miliar. Kita tidak ada, bahkan kita memperluas pembebasan PBB itu sampai orang-orang yang memberikan jasa bagi negara dan bangsa,” kata Anies.

Sementara, Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo mengapresiasi langkah Pemprov DKI memperluas pembebasan PBB bagi masyarakat. Akan tetapi, hal itu perlu dibarengi dengan data yang jelas agar penerima pembebasan lahan itu tepat sasaran.

“Hunian yang berubah fungsi menjadi komersial juga harusnya dikecualikan jangan sampai tidak adil. (Fiskal kadaster) segera dilakukan akan membantu insentifnya tepat sasaran lalu potensi yang tidak tergali akan tergali,” ujar Yustinus, Selasa.

Di sisi lain, ia belum mengetahui mengenai konsep dan skema pembebasan PBB tersebut. Ia menjelaskan, apakah skema itu mengatur tentang penentuan besaran NJOP atau kalangan-kalangan yang tidak akan dikenakan PBB.

“Artinya, selama ini seharusnya enggak lihat subjeknya. Artinya, mau pensiunan, mau siapa ya, yang penting di bawah Rp 1 miliar dapat pembebasan lahan,” kata dia.

Ia menambahkan, perluasan pembebasan PBB memang akan berpengaruh pada PAD DKI Jakarta. Akan tetapi, menurut Yustinus, hal tersebut sudah tepat dilakukan sebagai fasilitas publik yang bermanfaat bagi masyarakat.

Ia menyebut, banyak pengganti pendapatan dari pajak lainnya, seperti pajak reklame, pajak hiburan, dan sebagainya yang masih besar potensinya. Meskipun, PBB merupakan salah satu pendapatan terbesar selain pajak kendaraan bermotor.

International

Donald Trump Akan Habisi Iran Bila Serang Amerika Serikat

Published

on

Donald Trump Akan Habisi Iran Bila Serang Amerika Serikat

Finroll.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump peringatkan Iran, mengancam akan menghabisinya apabila Iran menyerang AS atau kepentingan lainnya.

“Apabila Iran melawan, itu akan menjadi akhir bagi Iran,” cuit Trump, Minggu (19/5). “Jangan pernah ancam AS lagi!”

Baru tiga hari sebelumnya, sikap Trump terlihat melunak terhadap Iran, mengatakan dia akan bersedia berbicara dengan Teheran.

Ketika ditanya oleh seorang reporter di Gedung Putih apakah AS akan berperang dengan Iran, Trump menjawab, “Saya harap tidak.”

Tapi ketegangan antara AS, sekutu-sekutu di kawasan dan Iran tidak juga mereda.

Departemen Luar Negeri mengatakan “roket berkekuatan rendah” jatuh di dalam zona hijau di Baghdad, dekat kedutaan AS pada Minggu. Tidak ada laporan mengenai korban luka atau kerusakan.

Seorang juru bicara mengatakan AS tidak akan menoleransi serangan semacam itu dan akan meminta pertanggungjawaban Iran “apabila serangan semacam itu dilakukan oleh pasukan milisi proksinya.”

Kantor berita Iran mengutip kepala Garda Revolusioner Iran Hossein Salami mengatakan negaranya tidak mau berperang, tapi juga “tidak takut” untuk berperang.

Meningkatnya ketegangan dengan Iran dimulai setahun lalu ketika Trump menarik AS keluar dari perjanjian nuklir dengan Iran.(voa)

Continue Reading

Hukum & Kriminal

Polisi Tangkap Lieus Sungkharisma Terkait Kasus Dugaan Makar

Published

on

Polisi Tangkap Lieus Sungkharisma Terkait Kasus Dugaan Makar

Finroll.com – Juru kampanye Badan Pemenangan Nasional atau BPN Prabowo Subianto – Sandiaga Uno, Lieus Sungkharisma diciduk oleh penyidik Kepolisian Daerah Metro Jaya di kediamannya pagi ini, 20 Mei 2019. Penangkapan Lieus ini diduga terkait kasus makar.

“Iya betul, saudara Lieus dijemput oleh penyidik jam 09.00 WIB. Sekarang sedang dalam perjalanan menuju Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta Selatan pada Senin, 20 Mei 2019.

Lieus dilaporkan oleh seseorang bernama Eman Soleman atas dugaan penyebaran berita bohong dan makar pada 7 Mei 2019 ke Bareskrim Mabes Polri. Laporan terhadap Lieus diterima dengan nomor laporan LP/B/0441/B/2019/Bareskrim tertanggal 7 Mei 2019.

Namun, laporan Lieus di Bareskrim Polri kini telah dilimpahkan ke Polda Metro Jaya. “Kemarin kami limpahkan berkas kasusnya ke Polda Metro Jaya dan sudah diterima oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum,” ucap Dedi.

Dalam laporan tersebut, Lieus Sungkharisma dilaporkan atas Tindak Pidana Penyebaran Berita Bohong atau hoax dengan Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP pasal 14 dan atau pasal 15 serta terhadap Keamanan Negara atau Makar UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP Pasal 107 juncto asal 110 juncto Pasal 87 dan atau Pasal 163 bis juncto Pasal 107.

Lieus sebelumnya sudah dipanggil oleh penyidik ketika kasusnya masih ditangani oleh Bareskrim. Panggilan pertama dilayangkan pada 14 Mei 2019. Ia absen karena masih mencari pengacara.

Lalu, pada panggilan kedua, 17 Mei 2019, Lieus kembali mangkir dengan alasan surat panggilan penyidik belum ia terima.(tempo)

Continue Reading

News

BPN Tepis Isu Prabowo Kabur Ke Luar Negeri, Dahnil: ke Brunei Untuk Silahturahmi

Published

on

Prabowo Kabur Ke Luar Negeri

Finroll.com – Jubir Badan Pemenangan Nasiolnal (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak menjelaskan tujuan Prabowo Subianto ke Brunei Darussalam. Dia menegaskan, kunjungan Prabowo ke Brunei pada 16 Mei 2019 hanya untuk silaturahmi.

Sebagaimana dilansir laman liputan6, Senin, (20/52019), Dahnil menegaskan tidak benar, itu hoaks, itu foto lama yakni Rabu 16 Mei 2019. Hanya satu hari pulang-pergi, tidak menginap, untuk bersilahturahim dengan Sultan Brunei Darussalam.

Dahnil mengaku heran, kenapa kunjungan Prabowo ke Brunei bikin publik heboh. Bahkan tersiar kabar miring bahwa mantan Danjen Kopassus itu kabur ke luar negeri.

“Pak Prabowo ke Brunei bahkan berkembang fitnah beliau ke luar negeri kabur,” ucapnya heran.

Dahnil saat dikonfirmasi wartawan pada 17 Mei 2019 menyatakan bahwa Prabowo tidak berada di luar negeri. Dia menegaskan bahwa tidak ada informasi dari BPN Prabowo-Sandi yang missleading. Sebab yang ditanyakan adalah hari itu (17 Mei) Prabowo ke luar negeri atau tidak.

Kepala Subbagian Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham Sam Fernando sebelumnya mengatakan, kepergian Prabowo ke Brunei dilakukan pada 16 Mei 2019. Dijelaskannya, Prabowo bertolak dengan pesawat pribadi dan kembali di hari yang sama pada malam harinya.

“Ya benar, beliau menggunakan pesawat pribadinya 9H-NYC Embraer 190-Lineage 1000. Kalau dari manifesnya, ada 12 nama lain yang terdaftar bersama beliau. Beliau arrived (tiba kembali di Tanah Air) pada hari dan tanggal yang sama jam 20.12 WIB,” kata Sam saat dikonfirmasi.

Bantah Prabowo ke Brunei

Sebelumnya, Dahnil Anzar membantah Prabowo Subianto pergi ke Brunei Darussalam. Hal ini dikatakan Dahnil terkait foto Prabowo Subianto yang tengah berada di bandara yang diduga di Brunei Darussalam beredar.

Dahnil mengatakan, foto yang beredar tersebut merupakan gambar lama. Dahnil menambahkan, sejak Jumat 17 Mei 2019 hingga malam, Prabowo berada di kediamannya, Kertanegara, Jakarta.

“Siang tadi Pak Prabowo Salat Jumat di Hambalang, dan sampai malam tadi beraktivitas di Kertanegara 4. Jadi, foto-foto yang tersebar benar foto beliau ke LN, namun foto lama, jd adl fitnah apa yang disebar oleh situs penebar hoax seperti Seword ini,” tulis Dahnil dalam akun twitternya, Jumat, 17 Mei 2019.

Dalam foto tersebut, tampak Prabowo bersama Waketum Gerindra Sugiono dan Ustaz Sambo. Prabowo tampak mengenakan setelan jas hitam dan berkacamata hitam.

Sementara itu, Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade juga mengatakan, Prabowo ada di Kertanegara, Jakarta hingga Jumat malam 17 Mei 2019.

“Iya, kalau malam tidur di Hambalang. Siang atau sore nyampe di Kertanegara, kalau malam balik lagi,” kata Andre saat dihubungi Liputan6.com.

Dia pun menegaskan, Prabowo masih berada di Indonesia, bukan di luar negeri. “Saya nggak tahu kalau Kivlan Zen, tapi yang jelas Pak Prabowo itu masih di Indonesia,” kata dia.

Continue Reading
Advertisement

Trending