Connect with us

Sports

6 Fakta Unik Khabib Nurmagomedov, Dari Latihan Bareng Beruang Sampai Dikecam ISIS

Published

on


Pertarungan tarung bebas Ultimate Fighting Club edisi ke-229 (UFC 229) telah usai. Salah satu laga utamanya adalah juara UFC Lightweight, Khabib Nurmagomedov vs Conor McGregor pada Minggu (07/10/18).

Dalam pertandingan yang berlangsung di T-Mobile Arena, Nevada, Las Vegas, Amerika tersebut, Khabib sukses mempertahankan gelar juaranya usai menaklukan sang rival di ronde yang keempat.

Laga yang menjadi pertarungan MMA termahal di tahun ini berjalan sangat sengit, terlebih kedua petarung sering terlibat cekcok jelang pertarungan.

Tak hanya itu saja, pertarungan ini bahkan berakhir dengan kericuhan saat Khabib keluar dari octagon dan menyerang salah satu kru McGregor. Khabib yang beragama islam, murka terhadap McGregor yang menghina agamanya itu.

Bagi para pecinta MMA, kehebatan Nurmagomedov sudah bukan hal baru lagi. Namun masa lalu pria berpostur 177 cm itu ternyata masih banyak yang belum terungkap ke publik. Salah satunya terkait latar belakang keluarga yang ternyata ikut menempa kemampuannya.

Berikut ini merupakan 6 fakta Khabib Nurmagomedov yang jarang terungkap ke publik

1. Latihan dengan Beruang
Menurut ayahnya, Abdulmanap, Nurmagomedov tumbuh bersama murid-murid sekolah gulat. Di sekolah tersebut ada ritual yang selalu diikuti oleh murid saat ulang tahunnya tiba.

Ritual ini terbilang tidak biasa, yakni bertarung dengan anak beruang yang dirantai.

“Anak selalu ingin menunjukkan kemampuan kepada ayahnya. Pertarungan melawan beruang lebih kepada tes karakter daripada sebuah ujian,” ujar Abdulmanap.

2. Teman Cristiano Ronaldo
Nurmagomedov juga diketahui merupakan penggemar olahraga sepak bola. Bahkan dia ternyata berteman dengan mega bintang lapangan hijau asal Portugal, Cristiano Ronaldo.

Musim lalu, Nurmagomedov menyaksikan duel Real Madrid Vs Real Sociedad. Saat itu, dia mendapat kesempatan bertemu Ronaldo usai mencetak hattrick bersama Los Blancos. Kegembiraannya bertambah setelah menerima kostum bernomor punggung 7 dengan nama Nurmagomedov terukir di sana. Sebagai gantinya, Nurmagomedov memberikan Ronaldo rambut palsu yang biasa digunakan saat merayakan kemenangannya.

Di tahun yang sama, Nurmagomedov juga mengunggah percakapannya dengan CR7. Saat itu, dia meminta Ronaldo berada di pojok ring saat dia bertanding. Dan menurut Nurmagomedov, Ronaldo bersedia memenuhi undangan tersebut kalau tidak sibuk.

Ronaldo sendiri tidak hanya berteman dengan Nurmagomedov. Sebelumnya, mantan pemain Manchester United itu sudah lebih dulu mengunjungi tempat latihan Conor McGregor.

3. Ditempat Ala Militer
Kemampuan Nurmagomedov tidak tumbuh secara instan. Sebaliknya, Nurmagomedov telah ditempa sejak masih kecil. Ayahnya yang merupakan mantan militer Rusia dan atlet gulat menggunakan lantai rumahnya sebagai lokasi bagi anak-anak di kampung halamannya berlatih agar bisa bergabung timnas gulat Rusia.

Namun prestasi ternyata bukan alasan utama ayahnya melakukan itu. Latihan gulat yang dijalani anak-anak lebih kepada upaya orang tua menjauhkan anaknya dari kegiatan terorisme yang memang marak di kampung halamannya, Republic of Dagestan, saat itu.

Selain gulat, Nurmagomedov juga tampil dalam kejuaraan judo. Setelah itu, dia pernah dua kali menjadi juara dunia Sambo, seni beladiri wajib bagi militer Rusia.

“Saya pikir, setiap pria harus siap untuk bertempur, bahkan di saat damai karena itu kerap jadi topik hangat di Caucasus.

4. Petarung Tulang Kaca
Tak ada gading yang tak retak. Ketangguhan Nurmagomedov, juga punya kelemahan.

Nurmagomedov dikenal sebagai petarung tulang kaca. Meski belum terkalahkan dalam 26 laga, badai cedera menghantui Nurmagomedov selama bertahun-tahun. Bahkan sebelum bertemu McGregor, beberapa kali dia berniat pensiun akibat masalah tersebut.

5. Dikecam ISIS
Nurmagomedov merupakan petarung Muslim pertama yang menjadi juara dunia UFC. Dia menyandang gelar juara kelas ringan usai mengalahkan Al Iaquinta lewat duel 7 April lalu.

Gelar ini lah yang akan coba dipertahankannya saat bertemu McGregor di Las Vegas, akhir pekan ini. Namun perjuangan Nurmagomedov di arena oktagon justru menuai kecaman dari kelompok garis keras ISIS. Pada tahun 2015 lalu, ISIS bahkan meluncurkan video yang mengkritisi jalan hidup Nurmagomedov. Mereka menghujat Nurmagomedov yang memilih bertarung demi uang daripada berperang demi agama yang dianutnya.

6. Atlet Muslim Pertama yang Juara UFC

Menjadi seorang muslim dan petarung UFC di Las Vegas memang bisa dibilang sesuatu yang cukup ganjil. Bagaimana tidak, kota tersebut dikenal sebagai kota yang akrab orang-orang yang berjudi, menenggak minuman keras, dan berpesta pora.

Khabib merupakan seorang Muslim asal Dagestan, Rusia. Sepanjang karir profesionalnya dalam MMA dia telah meraih kemenangan sebanyak 27 kali, tanpa kekalahan satupun.

Tak sampai disitu, catatan prestasinya itu semakin gemilangnya.

Pada April lalu, Khabib sukses menjadi juara dunia UFC sekaligus mencatatkan sejarah sebagai atlet muslim pertama yang juara olahraga lintas ilmu bela diri yang berbasis di Amerika Serikat.

Sepakbola

Hasil Liga Champions 2018/2019 Grup E-H

Published

on

Babak penyisihan grup Liga Champions 2018-19 akhirnya rampung setelah tim-tim penghuni Grup E hingga Grup H menyelesaikan matchday 6 alias pamungkas pada Kamis (13/12) dini hari WIB.

Sebelum laga matchday 6 digelar, sejumlah tim sudah memastikan kelolosan ke babak 16 besar. Karena itu mereka tampil kurang serius di partai terakhir ini.

Tim-tim kuat seperti Real Madrid, AS Roma, Juventus, hingga Manchester United yang sudah pasti lolos harus menelan kekalahan di matchday 6 ini.

Lyon menjadi tim terakhir yang memastikan lolos ke fase selanjutnya sekaligus melengkapi 16 kontestan yang akan bertarung di babak gugur.

Di Grup E, Ajax Amsterdam gagal menyalip Bayern Munchen di tabel klasemen. Bayern lolos ke babak 16 besar dengan predikat juara grup, sedangkan Ajax sebagai runner-up.

Sementara di laga lainnya Benfica mengalahkan AEK Athena dengan skor tipis 1-0. Kekalahan ini membuat AEK mengakhiri babak penyisihan tanpa meraih poin sama sekali.

Hasil Pertandingan grup E

  • Ajax Amsterdam 3-3 Bayern Munchen
  • Benfica 1-0 AEK Athena

Lyon akhirnya memastikan kelolosan ke babak 16 besar usai sukses menahan imbang sang rival, Shakhtar Donetsk. Shakhtar pun harus puas melanjutk

Sementara Manchester City sukses meraih kemenangan atas Hoffenheim untuk semakin mematenkan posisi puncak, sedangkan Hoffenheim harus puas menjadi tim juru kunci.

hasil pertandingan grup F

  • Manchester City 2-1 Hoffenheim
  • Shakhtar Donetsk 1-1 Lyon

Kekalahan 0-3 dari CSKA Moscow tak berpengaruh terhadap posisi Madrid di klasemen. El Real tetap berhak melaju ke babak 16 besar sebagai juara grup dengan koleksi poin 12, unggul tiga angka dari AS Roma yang menempati posisi runner-up.

Sementara itu, kemenangan ini belum mampu membawa CSKA tampil di Liga Europa karena di saat bersamaan Viktoria Plzen sukses mengalahkan AS Roma 2-1. Kedua tim sama-sama memiliki poin 7, akan tetapi Viktoria unggul head to head.

Hasil Pertandingan grup G

  • Real Madrid 0-3 CSKA Moscow
  • Viktoria Plzen 2-1 AS Roma

Sudah pasti lolos, Juventus dan Manchester United sama-sama menelan pil pahit di laga terakhir. Bianconeri menyerah di kandang Young Boys dengan skor 1-2.

Sementara United harus takluk dengan skor 1-2 di kandang Valencia. Posisi ketiga yang berarti jatah ke babak 32 besar Liga Europa ditempati Valencia.

Hasil Pertandingan grup H

  • Valencia 2-1 Manchester United
  • Young Boys 2-1 Juventus
sumber bola

Continue Reading

Sepakbola

Mission Imposible Lawan Barca Sukses, Tottenham Lolos ke 16 Besar

Published

on

Mission Imposible Lawan Barca Sukses, Tottenham Lolos ke 16 Besar

Finroll.com – Tottenham Hotspur malam tadi berhasil menuntaskan “Mission Imposible” mereka, setelah bertandang ke markas FC Barcelona di Camp Nou, dalam laga pamungkas grup B Champions League.

Gol penyeimbang dari Lucas Moura di menit 85 membawa Harry Kane Cs lolos ke 16 besar, menemani Barca yang berstatus juara grup B. Di waktu yang sama, hasil ini juga mengandaskan mimpi Inter Milan untuk melaju lebih jauh, terlebih mereka juga hanya bermain imbang 1-1 terhadap juru kunci grup, PSV Eindhoven.

Pertandingan berjalan seru, jual-beli serangan terjadi dalam 90 menit pertandingan. Barca membuka keunggulan lewat sepakan ciamik Ousmane Dembele di menit tujuh. Melewati dua bek Spurs, Dembele berhasil menceploskan bola melalui sela-sela kaki kiper Hugo Lloris.

Beruntung, Lucas Moura bisa menyamakan kedudukan dan Tottenham bernasib baik di musim ini.

Baca Lainnya: Neymar Beri Sinyal Ingin Bermain di Liga Premier Inggris

Sementara itu, pelatih Spurs Mauricio Pochettino mengaku sangat bangga dan puas meski hanya bermain imbang melawan pasukan Ernesto Valverde, yang malam tadi didominasi oleh pemain lapis dua.

“Saya sangat senang, ini juga untuk semua fans. Ini pencapaian yang besar bagi klub. Saya selalu percaya untuk memenangkan pertandingan. Kami menghasilkan banyak peluang,” ungkap Pocetthino.

Terlepas dari itu, ia meyakini hasil ini sudah membuktikan kapasitas Tottenham Hotspur di Champions League yang notabene mereka adalah “anak kemarin sore” di turnamen antar klub tertinggi di Eropa itu.

“Kami benar-benar layak untuk lolos ke fase selanjutnya mendampingi Barcelona. Kami adalah tim terbaik di grup yang sulit,” sambungnya.

Sumber: BBC Sport

Continue Reading

Sports

Gagal di MotoGP, Valentino Rosi Juara di Rally Monza 2018

Published

on

Gagal di MotoGP, Valentino Rosi Juara di Rally Monza 2018

Finroll.com – Valentino Rossi menjadi juara di Monza Rally Show pada hari Minggu (09/12/2018). Kemenangan ini adalah kemenangan ke-7 Valentino Rossi di ajang ini.

Valentino Rossi meyakinkan publik bahwa dia tidak hanya andal di MotoGP, termasuk juga balapan lain. The Doctor menang bersama Carlo Cassina sebagai navigator-nya dengan mengendarai Ford Fiesta WRC +.

Di kesempatan balapan ini,Valentino Rossi menjalani balapan dengan sempurna tanpa penalti. Valentino Rossi bahkan mengalahkan pembalap World Rally Championship (WRC).

Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, mengungguli Teemu Suninen yang harus puas berada di posisi dua. Teemu Suninen sendiri adalah pembalap profesional WRC. Valentino Rossi kini tercatat sebagai orang paling sukses di ajang Reli Monza. Mengungguli Rinaldo Capello yang mengoleksi lima kemenangan di ajang Reli Monza.

Berikut hasil lengkapnya:

1. Rossi / Cassina (Ford Fiesta WRC Plus) 1h13: 08.7
2. Suninen / Salminen (Ford Fiesta WRC Plus) +1: 07.2 **
3. Brivio / Brivio (Ford Fiesta WRC Plus) +2: 03.4 *
4. Salucci / Dotta (Ford Fiesta WRC Plus) +2: 18.1
5. Cairoli / Mori (Hyundai i20 WRC) +2: 52.4 *
6. Bonanomi / Pirollo (Ford Fiesta WRC) +2: 53.2
7. Longhi / Santini (Hyundai i20 WRC) +3: 15.1 *
8. D’Aste / D’Aste (Citroen DS3 WRC) +3: 26.1
9. Yachts / Giraudet (Ford Fiesta WRC) +3: 36.8
10. Re / Florean (VW Polo R5) +4: 28.3

 

(sumber Gridoto)

Continue Reading
Advertisement

Trending