Connect with us

Sports

6 Fakta Unik Khabib Nurmagomedov, Dari Latihan Bareng Beruang Sampai Dikecam ISIS

Published

on


Pertarungan tarung bebas Ultimate Fighting Club edisi ke-229 (UFC 229) telah usai. Salah satu laga utamanya adalah juara UFC Lightweight, Khabib Nurmagomedov vs Conor McGregor pada Minggu (07/10/18).

Dalam pertandingan yang berlangsung di T-Mobile Arena, Nevada, Las Vegas, Amerika tersebut, Khabib sukses mempertahankan gelar juaranya usai menaklukan sang rival di ronde yang keempat.

Laga yang menjadi pertarungan MMA termahal di tahun ini berjalan sangat sengit, terlebih kedua petarung sering terlibat cekcok jelang pertarungan.

Tak hanya itu saja, pertarungan ini bahkan berakhir dengan kericuhan saat Khabib keluar dari octagon dan menyerang salah satu kru McGregor. Khabib yang beragama islam, murka terhadap McGregor yang menghina agamanya itu.

Bagi para pecinta MMA, kehebatan Nurmagomedov sudah bukan hal baru lagi. Namun masa lalu pria berpostur 177 cm itu ternyata masih banyak yang belum terungkap ke publik. Salah satunya terkait latar belakang keluarga yang ternyata ikut menempa kemampuannya.

Berikut ini merupakan 6 fakta Khabib Nurmagomedov yang jarang terungkap ke publik

1. Latihan dengan Beruang
Menurut ayahnya, Abdulmanap, Nurmagomedov tumbuh bersama murid-murid sekolah gulat. Di sekolah tersebut ada ritual yang selalu diikuti oleh murid saat ulang tahunnya tiba.

Ritual ini terbilang tidak biasa, yakni bertarung dengan anak beruang yang dirantai.

“Anak selalu ingin menunjukkan kemampuan kepada ayahnya. Pertarungan melawan beruang lebih kepada tes karakter daripada sebuah ujian,” ujar Abdulmanap.

2. Teman Cristiano Ronaldo
Nurmagomedov juga diketahui merupakan penggemar olahraga sepak bola. Bahkan dia ternyata berteman dengan mega bintang lapangan hijau asal Portugal, Cristiano Ronaldo.

Musim lalu, Nurmagomedov menyaksikan duel Real Madrid Vs Real Sociedad. Saat itu, dia mendapat kesempatan bertemu Ronaldo usai mencetak hattrick bersama Los Blancos. Kegembiraannya bertambah setelah menerima kostum bernomor punggung 7 dengan nama Nurmagomedov terukir di sana. Sebagai gantinya, Nurmagomedov memberikan Ronaldo rambut palsu yang biasa digunakan saat merayakan kemenangannya.

Di tahun yang sama, Nurmagomedov juga mengunggah percakapannya dengan CR7. Saat itu, dia meminta Ronaldo berada di pojok ring saat dia bertanding. Dan menurut Nurmagomedov, Ronaldo bersedia memenuhi undangan tersebut kalau tidak sibuk.

Ronaldo sendiri tidak hanya berteman dengan Nurmagomedov. Sebelumnya, mantan pemain Manchester United itu sudah lebih dulu mengunjungi tempat latihan Conor McGregor.

3. Ditempat Ala Militer
Kemampuan Nurmagomedov tidak tumbuh secara instan. Sebaliknya, Nurmagomedov telah ditempa sejak masih kecil. Ayahnya yang merupakan mantan militer Rusia dan atlet gulat menggunakan lantai rumahnya sebagai lokasi bagi anak-anak di kampung halamannya berlatih agar bisa bergabung timnas gulat Rusia.

Namun prestasi ternyata bukan alasan utama ayahnya melakukan itu. Latihan gulat yang dijalani anak-anak lebih kepada upaya orang tua menjauhkan anaknya dari kegiatan terorisme yang memang marak di kampung halamannya, Republic of Dagestan, saat itu.

Selain gulat, Nurmagomedov juga tampil dalam kejuaraan judo. Setelah itu, dia pernah dua kali menjadi juara dunia Sambo, seni beladiri wajib bagi militer Rusia.

“Saya pikir, setiap pria harus siap untuk bertempur, bahkan di saat damai karena itu kerap jadi topik hangat di Caucasus.

4. Petarung Tulang Kaca
Tak ada gading yang tak retak. Ketangguhan Nurmagomedov, juga punya kelemahan.

Nurmagomedov dikenal sebagai petarung tulang kaca. Meski belum terkalahkan dalam 26 laga, badai cedera menghantui Nurmagomedov selama bertahun-tahun. Bahkan sebelum bertemu McGregor, beberapa kali dia berniat pensiun akibat masalah tersebut.

5. Dikecam ISIS
Nurmagomedov merupakan petarung Muslim pertama yang menjadi juara dunia UFC. Dia menyandang gelar juara kelas ringan usai mengalahkan Al Iaquinta lewat duel 7 April lalu.

Gelar ini lah yang akan coba dipertahankannya saat bertemu McGregor di Las Vegas, akhir pekan ini. Namun perjuangan Nurmagomedov di arena oktagon justru menuai kecaman dari kelompok garis keras ISIS. Pada tahun 2015 lalu, ISIS bahkan meluncurkan video yang mengkritisi jalan hidup Nurmagomedov. Mereka menghujat Nurmagomedov yang memilih bertarung demi uang daripada berperang demi agama yang dianutnya.

6. Atlet Muslim Pertama yang Juara UFC

Menjadi seorang muslim dan petarung UFC di Las Vegas memang bisa dibilang sesuatu yang cukup ganjil. Bagaimana tidak, kota tersebut dikenal sebagai kota yang akrab orang-orang yang berjudi, menenggak minuman keras, dan berpesta pora.

Khabib merupakan seorang Muslim asal Dagestan, Rusia. Sepanjang karir profesionalnya dalam MMA dia telah meraih kemenangan sebanyak 27 kali, tanpa kekalahan satupun.

Tak sampai disitu, catatan prestasinya itu semakin gemilangnya.

Pada April lalu, Khabib sukses menjadi juara dunia UFC sekaligus mencatatkan sejarah sebagai atlet muslim pertama yang juara olahraga lintas ilmu bela diri yang berbasis di Amerika Serikat.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ragam

Preview Liga Champion: Man United VS Juventus, Ronaldo Nostalgia

Published

on

Preview Liga Champion: Man United VS Juventus, Ronaldo Nostalgia

Finroll.com – Cristiano Ronaldo pulang ke Manchester, namun ia datang sebagai lawan dan bertekad untuk mengalahkan klub yang pernah membesarkan namanya tersebut.

Matchday ketiga babak grup Liga Champions yang digelar di Old Trafford, Rabu (24/10) dini hari WIB nanti, akan terasa spesial buat Cristiano Ronaldo karena ia bisa bertemu Manchester United yang tak lain merupakan klub lamanya.

Penyerang Juventus Ronaldo pernah menjadi bagian United dari 2003 hingga 2009 silam sebelum pindah ke Real Madrid, dan partai nanti seperti nostalgia buat pemain internasional Portugal tersebut karena sampai saat ini ia masih menganggap Manchester sebagai rumahnya.

Di sesi konferensi pers sebelum laga, Ronaldo bahkan mengaku mengirim pesan kepada mantan manajernya Sir Alex Ferguson – sosok yang ia anggap sangat berarti dalam kariernya sebagai pesepakbola.

 

“Ini spesial untuk saya kembali ke Manchester,” papar Ronaldo, yang mencetak lima gol dalam sepuluh laga sejak gabung Juve dari Madrid di musim panas.

“Di sini saya memiliki banyak kenangan kemenangan dan kasih sayang, khususnya dengan Sir Alex Ferguson, peluk hangat untuknya. Ia orang yang sangat banyak membantu saya.”

Meski memiliki rasa kekeluargaan dengan Setan Merah, Ronaldo mengatakan laga nanti tidak akan mudah.

“Saya tahu ini akan berat, namun saya pikir kami punya peluang,” imbuh kapten Portugal itu.

“Kami harus menghormati Manchester United, karena mereka punya tim fantastis, mereka memiliki pelatih berpengalaman, namun saya harap Juve memenangkan pertandingan.

“Ini akan menjadi laga sulit. Manchester United tim bagus, mereka main di kandang dan ini akan berat untuk kami. Namun kami memiliki senjata.”

Sementara itu, kapten cadangan United Ashley Young menekankan pentingnya untuk tancap gas sejak awal laga ketika berhadapan dengan Juve.

“Kami harus menjalani laga melawan Juve dan main bagus sejak awal,” kata Young, tak lama setelah timnya tampil apik di babak kedua dalam hasil imbang 2-2 kontra Chelsea pada akhir pekan kemarin. “Itulah yang harus kami lakukan. Selama kami bermain seperti [babak kedua] ini, kami akan mendapatkan hasil.”

United boleh percaya diri untuk pertandingan nanti karena mereka mampu mengalahkan Juventus di tiga pertemuan terakhir di semua kompetisi.

Prakiraan Pemain

Manchester United: De Gea; Valencia, Smalling, Lindelof, Shaw; Matic, Pogba; Rashford, Mata, Martial; Lukaku.

Juventus: Szczesny: Cancelo, Bonucci, Chiellini, Sandro; Pjanic, Matuidi; Bernardeschi, Dybala, Costa; Ronaldo.

Continue Reading

Sepakbola

Minimnya Kontribusi Egy Maulana Vikri Saat Indonesia Dibekuk Qatar 5-6

Published

on

Minimnya Kontribursi Egy Maulana Vikri Saat Indonesia Dibekuk Qatar 5-6

Finroll.com – Timnas Indonesia U-19 menyerah 5-6 dari Qatar pada matchday kedua Piala AFC 2018 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (21/10/2018). Pada laga tersebut, tak terlihat peran mencolok dari seorang Egy Maulana Vikri.

Tak sampai 25 menit babak pertama, gawang Timnas Indonesia U-19 kawalan Muhammad Riyandi sudah kebobolan tiga kali. Aktor di balik terciptanya tiga gol Qatar adalah Hashim Ali (11′), Abdulrasshed Umaru (14′), dan Mohammed Waad Abdulwahhab (24′).

Empat menit berselang, Timnas Indonesia U-19 sempat memperkecil ketertinggalan melalui Muhammad Luthfi Kamal yang mencetak gol melalui tendangan bebas. Namun, Qatar kembali menambah keunggulan menjadi 4-1 ketiga Abdulrasshed mencetak gol kedua pada menit ke-41.

Memasuki paruh kedua laga, Qatar menambah dua gol lagi melalui Hashim Ali (51′) dan Abdulrasshed (56′). Timnas Indonesia U-19 kemudian berusaha bangkit dengan mencetak empat gol pada babak kedua melalui Todd Rivaldo Ferrea yang mencetak hattrick yakni pada menit ke-65, 73′, dan 81′.

Adapun gol Indonesia lainnya dicetak Saddil Ramdani (69′). Pada sisa waktu, tak ada gol tambahan dan Timnas Indonesia U-19 harus mengakui kekalahan 5-6 dari Qatar.

Statistik AFC mencatat, Egy Maulana Vikri seakan tenggelam ketika rekan setimnya berjuang mati-matian melawan Qatar. Pemain yang berkarier di Polandia itu tercatat melepaskan 21 operan yang 57 persen di antaranya akurat.

Sepanjang laga, Egy pun hanya melepaskan dua umpan silang yang gagal menemui sasaran. Sejatinya, Egy mendapatkan dua peluang untuk mencetak gol, namun hanya satu yang tepat sasaran.

Statistik AFC mencatat, Egy Maulana Vikri seakan tenggelam ketika rekan setimnya berjuang mati-matian melawan Qatar. Pemain yang berkarier di Polandia itu tercatat melepaskan 21 operan yang 57 persen di antaranya akurat.

Sepanjang laga, Egy pun hanya melepaskan dua umpan silang yang gagal menemui sasaran. Sejatinya, Egy mendapatkan dua peluang untuk mencetak gol, namun hanya satu yang tepat sasaran.

Tidak munculnya nama Egy Maulana Vikri di papan skor pun cukup mengherankan.

Pasalnya, Egy Maulana Vikri tampil penuh sejak menit pertama dan timnas U-19 Indonesia menguasai pertandingan jauh lebih banyak. Minimnya kontribusi Egy Maulana Vikri ini terlihat jelas dalam data statistik pertandingan yang dirilis Labbola.

Sepanjang pertandingan melawan timnas U-19 Qatar, Egy Maulana Vikri mendapatkan dua peluang yang satu di antaranya tepat sasaran. Selain itu, Egy Maulana Vikri ‘hanya’ 20 kali melakukan operan yang 12 di antaranya sukses (60%).

Di luar itu, Egy Maulana Vikri yang beroperasi di sisi kiri serangan tim juga punya catatan umpan yang kurang bagus. Sepanjang laga, Egy Maulana Vikri melepaskan dua umpan silang yang semuanya tidak menemui sasaran.

Pada pertandingan ini Egy Maulana Vikri juga belum mempertontonkan salah satu kemampuan terbaiknya, yaitu menggiring bola melewati lawan. Sepanjang pertandingan, Egy Maulana Vikri melakukan dua kali dribble tanpa ada satu pun yang sukses.

(berbagai sumber)

Continue Reading

Sports

Tampil Menggila Lawan Qatar, Todd Rivaldo Ferre Disanjung Media Amerika Serikat

Published

on

Todd Rivaldo Ferre

Finroll.com – Media ternama asal Amerika Serikat, FOX Sport, merasa takjub dengan apa yang dilakukan oleh Todd Rivaldo pada laga Timnas Indonesia U-19 vs Qatar di Piala Asia U-19 2018.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (21/10/2018) tersebut, Todd Rivaldo Ferre menjadi bintang skuat Merah Putih hattrick yang dibuatnya. Meskipun Timnas Indonesia U-19 tetap menelan kekalahan 5-6 atas Qatar, namun penampilan Todd patut diacungi jempol.

Gol pemain asal Papua itu dicetak pada menit ke-65, 73′, dan 81′. Terlebih, tiga gol pemain Persipura Jayapura tersebutu dicetak dengan cara yang luar biasa, yakni melalui tendangan bebas dan dua lainnya melalui aksi individual.

Aksi Todd Rivaldo pun tak luput dari pengamatan FOX Sport Asia. Mereka pun mengeluarkan penyataan yang menarik terkait pertandingan Indonesia vs Qatar melalui Twitter resmi mereka.

“Luar biasa. Tertinggal 6-1, Indonesia hampir melakukan comeback paling gila tetapi gagal melawan QATAR di #AFCU19 Championship! Juga, ingat namanya-Todd Rivaldo Ferre,” tulis situs berita sport, FOX Sport Asia.

Pada laga tersebut, Indonesia terpaksa harus mengakhiri laga dengan kekalahan tipis 5-6 atas Qatar. Selain tiga gol Todd Rivaldo, dua gol lainnya turut dipersembahkan oleh Luthfi Kamal dan Saddil Ramdani melalui eksekusi bola mati.

Kekalahan atas Qatar membuat Indonesia kini berada peringkat tiga klasemen sementara Grup A dengan koleksi tiga poin dan akan menghadapi Uni Emirat Arab pada laga pamungkas.

 

Continue Reading
Advertisement

Trending