Connect with us

MotoGP

2 Sirkuit Kompak Lakukan Aspal Ulang Jelang MotoGp Musim 2019

Published

on


MotoGp Musim 2019

Gelaran kejauraan dunia MotoGP musim 2019 memang sudah berada di depan mata, seluruh elemen pun mulai mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Finroll.com – Namun tak hanya pembalap dan tim yang melakukan persiapan, tetapi juga para sirkuit yang bakal jadi arena balap MotoGP musim 2019.

Baru-baru ini dua lintasan yang bakal menjadi tuan rumah gelaran MotoGP 2019, yaitu Sirkuit Silverstone dan Jerez kompak melakukan aspal ulang. Terlebih dua lintasan itu memang mendapatkan kritikan tajam dari para pembalap belakangan ini.

Sirkuit Jerez sendiri sebenarnya telah melakukan pengaspalan ulang pada lintasannya pada 2017 setelah delapan tahun terakhir. Akan tetapi sayangnya aspal baru di Sirkuit Jerez justru membuat laju motor MotoGP jadi sulit dikendalikan.

Pihak Sirkuit Jerez pun akhirnya mendengarkan keluhan para pembalap, dan melakukan pengaspalan ulang pada lintasan mereka jelang MotoGP 2019. Hal serupa juga dialami Sirkuit Silverstone yang sejatinya telah melakukan pengaspalan ulang 2018.

Baca Juga: Legenda MotoGP Mick Doohan Yakin Marquez Bakal Dominan Lagi Musim Depan, Kenapa?

Aspal baru Sirkuit Silverstone juga mendapatkan kritikan tajam dari para pembalap MotoGP serta driver Formula One. Puncaknya adalah ketika Sirkuit Silverstone gagal menggelar MotoGP 2018, lantaran sistem drainase bekerja dengan buruk.

Pihak Sirkuit Silverstone yang diwakili oleh Managing Director-nya, yakni Stuart Pringle, membenarkan bahwa Sirkuit Silverstone bakal melakukan pengaspalan ulang. Ia pun berharap pengaspalan ulang Sirkuit Silverstone selesai sebelum F1 GP Inggris yang bakal digelar pada 12-14 Juli mendatang.

“Kami masih menunggu hasil final dari proses investigasi (pembatalan balapan MotoGP. Kami semakin dekat dengan tahap akhir. Semoga pekerjaan ini bisa diselesaikan sebelum pekan balap F1 dimulai pada 12 Juli,” jelas Pringle, seperti dikutip dari RACER, Kamis (10/1/2019). (Okezone)

Advertisement

MotoGP

Terlibat Insiden di Tikungan 10, Lorenzo Minta Maaf ke Rossi, Vinales, dan Dovizioso

Published

on

Finroll.com  – Jorge Lorenzo mengaku bersalah atas insiden di tikungan 10 MotoGP Catalunya yang membuat Valentino Rossi, Maverick Vinales, dan Andrea Dovizioso jatuh. Pada ketiganya, Lorenzo meminta maaf.

Lorenzo terlihat sangat percaya diri di awal-awal balapan MotoGP Catalunya, Minggu (16/6/2019) malam WIB. Memulai race dari posisi 10, dia bisa menyeruak ke baris terdepan untuk bersaing dengan beberapa rider papan atas klasemen.

Tapi itu ternyata tak bertahan lama. Di lap kedua dia melakukan kesalahan yang berakibat jatuhnya rider lain.

Sudah berhasil mendahului Vinales dan berupaya menyalip Dovizioso dari sisi dalam pada tikungan 10, Lorenzo malah kehilangan kendali pada bagian depan motornya. Dia terjatuh serta langsung menghajar ekor Ducati tunggangan Dovi.

Honda RC213V yang terseret di lintasan lantas menghajar motor Vinales, yang langsung terlontar dari tunggangannya. Efek kerusakan yang ditimbulkan Lorenzo tak berhenti sampai di situ. Honda RC213V yang sudah berada di luar lintasan masih makan korban yakni Valentino Rossi.

“Anda tak punya pilihan lain jika terlambat mengerem, seperti itulah yang terjadi pada saya,” ucap Lorenzo usai balapan.

“Saya membuat kesalahan dan saya meminta maaf. Itu benar-benar nasib nahas, membuat Dovi, Maverick, dan Valentino tak bisa melanjutkan balapan. Itu bukan salah mereka, itu salah saya,” lanjut Lorenzo penuh penyesalan, dikutip dari akun Twitter Repsol Honda.

Kecelakaan yang diakibatkan Lorenzo memberi keberuntungan besar untuk Marc Marquez. Sang juara dunia bisa memimpin balapan tanpa terganggu rider lain hingga akhirnya bisa jadi juara.

Continue Reading

MotoGP

Hasil MotoGP Spanyol: Marc Marquez Juara, Kembali Pimpin Klasemen

Published

on

By

Mengunci Gelar Juara MotoGP 2018, Marc Marquez selebrasi Main Game Ding-Dong

Finroll.com – Usai gagal finis di Austin, pembalap Repsol Honda Marc Marquez bangkit menjuarai MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu dan meraih kembali pucuk pimpinan klasemen pebalap MotoGP.

Di tanah kelahirannya, Marquez memimpin lomba sejak lap pertama hingga terakhir untuk finis terdepan dengan margin 1,654 detik dari pesaing terdekatnya Alex Rins (Suzuki Ecstar), demikan laman resmi MotoGP, Minggu.

Rins, yang meraih podium keduanya musim ini, menempel ketat Marquez dengan selisih satu poin di klasemen setelah finis sebagai runner-up di Jerez.

Start dari tempat kesembilan, pembalap asal Spanyol itu mampu menjaga kecepatan dan keawetan bannya untuk satu persatu menyalip pebalap di depannya.

Tiga motor pabrikan berbeda kali ini tampil teratas dengan Maverick Viñales (Monstery Energy Yamaha MotoGP) melengkapi podium setelah mampu melewati tekanan dari Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) untuk finis di peringkat tiga.

Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) yang mencetak sejarah di Jerez sebagai pebalap MotoGP termuda yang meraih pole position harus kecewa setelah gagal finis karena mengalami kerusakan quickshifter di tengah lomba.

Rekan satu timnya, Franco Morbidelli yang sempat memberi tekanan kepada Marquez di awal lomba, melorot ke finis P7.

Dovizioso yang belum pernah naik podium di Jerez sejak naik ke kelas premier, tak mampu menyalip Viñales di lap-lap terakhir dan harus puas di peringkat empat, diikuti oleh rekan satu timnya, Danilo Petrucci di P5.

Dovizioso turun dari pucuk klasemen ke peringkat tiga dengan 67 poin, unggul 6 poin dari Rossi di P4.

Valentino Rossi, rekan satu tim Viñales, finis P6 setelah mengalami kesulitan di babak kualifikasi dan start dari P13.

Bradley Smith (HRC) dan Stefan Bradl (Factory Aprilia Gresini) tampil sebagai pembalap wildcard di balapan seri keempat MotoGP musim ini sedangkan Andrea Iannone (Aprilia Racing Team) dinyatakan tidak fit karena cedera kaki usai terjatuh di sesi latihan bebas pada Sabtu (4/5).

Hasil balapan GP Spanyol, Sirkuit Jerez, Minggu:
1. Marc Marquez ESP Repsol Honda (RC213V) 41 menit 8.685 detik
2. Alex Rins ESP Suzuki Ecstar (GSX-RR) 41 menit 10.339 detik
3. Maverick Viñales ESP Monster Yamaha (YZR-M1) 41 menit 11.128 detik
4. Andrea Dovizioso ITA Mission Winnow Ducati (GP19) 41 menit 11.489 detik
5. Danilo Petrucci ITA Mission Winnow Ducati (GP19) 41 menit 13.433 detik
6. Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1) 41 menit 16.232 detik
7. Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha SRT (YZR-M1) 41 menit 16.913 detik
8. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 41 menit 18.737 detik
9. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) 41 menit 18.959 detik
10. Stefan Bradl GER HRC (RC213V) 41 menit 22.087 detik
11. Aleix Espargaro ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 41 menit 24.116 detik
12. Jorge Lorenzo ESP Repsol Honda (RC213V) 41 menit 27.158 detik
13. Pol Espargaro ESP Red Bull KT MENIT Factory (RC16) 41 menit 28.841 detik
14. Johann Zarco FRA Red Bull KT MENIT Factory (RC16) 41 menit 35.391 detik
15. Tito Rabat ESP Reale Avintia Ducati (GP18) 41 menit 37.198 detik
16. Karel Abraham CZE Reale Avintia Ducati (GP18) 41 menit 45.543 detik
17. Bradley Smith GBR Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 41 menit 50.075 detik
18. Miguel Oliveira POR Red Bull KT MENIT Tech3 (RC16)* 41 menit 50.255 detik
19. Hafizh Syahrin MAL Red Bull KT MENIT Tech3 (RC16) 41 menit 59.253 detik

Gagal finis:
Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP19) DNF
Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)* DNF
Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha SRT (YZR-M1)* DNF
Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP18)* DNF
* Rookie.

Continue Reading

MotoGP

Hasil MotoGP Amerika Serikat: Alex Rins Tercepat, Marquez Tersungkur

Published

on

Finroll.com  – Alex Rins menjadi juara MotoGP Amerika Serikat. Dia berdiri di podium teratas setelah memenangi duel dengan Valentino Rossi.

Balapan di Circuit of the Americas, Senin (15/4/2019) dinihari WIB menghadirkan kejutan saat Marc Marquez mengalami crash. Dalam posisi memimpin balapan, sang juara bertahan dalam enam tahun terakhir itu terjatuh dari motornya di tikungan ke-12.

Kecelakaan yang dialami Marquez membuat Valentino Rossi sempat memimpin balapan. Namun The Doctor tak mampu menjaga posisi tersebut sampai garis finis karena dia disalip Alex Rins.

Pada akhirnya, Rins bisa menyentuh garis finis pertama. Ini menjadi kemenangan perdana pebalap Spanyol berusia 23 tahun itu di ajang MotoGP sejak terjun di tahun 2017.

Posisi dua MotoGP Amerika Serikat menjadi milik Rossi, sementara Jack Miller menempati podium terakhir.

 

Andrea Dovizioso berhasil finis keempat pada balapan ini. Hasil yang tak bisa dibilang buruk setelah dia dapat posisi start di luar 10 besar.

Continue Reading
Advertisement

Trending