Connect with us

Internasional

Menhan Indonesia & Amerika Serikat Bahas Penolakan Jendral Gatot ke AS

Published

on

FINROLL.COM,

Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia, Ryamizard Ryacudu kembali berjumpa dengan Menhan Amerika Serikat (AS), James Mattis. Keduanya kembali berjumpa di Filipina usai hadir dalam pertemuan ASEAN Defense Ministers Meeting (ADMM) di Pangkalan Udara di Clark.

Siaran pers yang diterima sebagaimana dilansir Antara, Kamis (26/10/2017) menyatakan, dalam pertemuan tersebut Ryacudu dan Mattis sempat kembali membahas soal penolakan kedatangan Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, di Amerika Serikat untuk memenuhi undangan Ketua Gabungan Kepala Staf Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, Jenderal Joseph Dunford Jr.

Ryacudu mengatakan, Amerika Serikat masih mengusut sebab-musabab penolakan masuk Nurmantyo dan istrinya oleh Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan Amerika Serikat, walau itu memerlukan waktu.

"Karena ini hubungan antara tentara jadi agak lama dan ini sedang dicari apa penyebabnya," kata Ryacudu.

Terlepas dari masalah itu, dia sangat menghargai dan mengucapkan terima kasih kepada Mattis yang menemui dia di sela-sela ADMM dan ADMM PLUS 2017 di Filipina.

"Suatu kebahagiaan bagi saya dapat menerima secara pribadi menteri pertahanan Amerika Serikat dimana saya memandang Amerika Serikat adalah sahabat dekat dan merupakan negara yang penting di kawasan," kata dia.

Kita sudah sejak lama saling membangun kerja sama di bidang pertahanan dengan Amerika Serikat. Semoga kedua Angkatan bersenjata antara negara dapat terjalin dengan baik. Dan dapat menjadi landasan yang kokoh bagi persahabatan kedua negara," kata Ryacudu.

Sumber: Antara

Berita Lain