Connect with us

Gaya Hidup

Laut Menghangat, Ikan Badut Terancam Punah

Published

on

FINROLL.COM,

Selain terumbu karang, anemon laut juga menjadi rumah dan tempat persembunyian untuk berbagai spesies ikan, seperti ikan badut. Namun, perubahan iklim dapat membuat ikan badut punah karena kenaikan suhu air membuat anemon laut melemah.

Dengan melemahnya anemon laut, ini membuat mahkluk yang bersimbiosis (simbion) dengannya melepaskan diri. Simbion ini penting untuk menyokong kehidupan anemon dan memberinya warna. Jika anemon menjadi putih, ikan badut dan spesies lainnya menjadi stres dan berhenti bertelur. Tentu saja ini mengancam populasi ikan.

Hasil penemuan ini telah dipublikasikan dalam jurnal Nature Communications. Sebelumnya penelitian telah dilakukan pada tahun 2015 dan 2016 di Polinesia, Perancis saat gelombang panas laut melanda, dikutip dari National Geographic.

Gelombang panas tidak hanya melumpuhkan karang, tetapi juga memutihkan sekitar setengah dari anemon laut yang ada disana. Lalu peneliti membandingkan ikan yang tinggal di antara anemon yang memutih dengan ikan yang tinggal di daerah sehat.

Tim peneliti menemukan bahwa makhluk yang bersimbiosis dengan anemon keputihan menunjukkan tingginya kadar kartisol dalam darah. Ini bisa mengacaukan otak pada ikan remaja, menghambat kemampuan penglihatan mereka, mendengar, dan mencium. Ikan seakan-akan menjadi bingung dan seringkali terlihat malah berenang ke arah predator.

Suzanne Mills, peneliti dari Pusat Penelitian dan Observasi Lingkungan Hidup di Perancis menyebutkan hormon reproduksi ikan jantan dan betina menurun. Pasangan ikan yang hidup di anemon keputihan menghasilkan sedikit telur ikan.

Tentu ini akan berefek jangka panjang bagi seluruh ekosistem laut. "Efek pemutihan anemon akan berdampak besar dalam populasi ikan. Ini bisa menurunkan populasi hingga 12 persen," kata Mills.

Berita Lain