Connect with us

PARIWISATA

Terkena Hipotermia diatas Gunung, Beginilah Cara Mengatasinya

Published

on

FINROLL.COM, Hipotermia merupakan salah satu hal yang paling menakutkan oleh pendaki saat menaiki gunung. Hipotermia ini bisa mnyerang kapan saja dan tidak peduli pendaki pemula ataupun senior.

Penyakit ini merupakan suatu kondisi dimana sistem dalam tubuh dalam pengaturan suhu badan itu mengalami kesulitan dengan tekanan suhu dingin.

Kondisi ini sendiri kerap menyerang pendaki yang tidak membawa perlengkapan yang lengkap, terkena guyuran hujan, dan kurang mengkonsumsi kalori dan lain-lainnya.

Lalu bagaimana sih cara mengatasi seseorang yang terkena hipotermia di gunung? Dilansir  dari Phinemo bahwa korban yang terkena hipotermia terbagi menjadi dua, yaitu korban yang sadar dan tidak sadarkan diri.

Pada korban yang sadarkan diri

1. Bawa masuk ke dalam tenda. Tujuannya untuk menjaga dari angin yang berhembus, tenda juga adalah tempat yang cukup hangat ketika berada di alam bebas.

2. Ganti baju basah dengan pakaian kering. Bantulah korban dengan mengganti baju. itulah mengapa dalam pendakian rombongan, minimal Anda yang perempuan wajib memiliki teman perempuan yang ikut dalam rombongan.

3. Berilah minuman hangat. Minuman yang membantu tubuh lebih hangat, seperti miuman jahe

4. Beri makanan berkalori tinggi. Untuk kondisi darurat, pastikan Anda membawa makanan ringan manis yang cepat mengenyangkan, seperti coklat atau makanan yang berkalori tinggi lainnya.

5. Hangatkan badan korban. Cara ini bisa dilakukan dengan mengenakan beragam penghangat tubuh, seperti penutup kepala, jaket, kaos kaki, celana hangat dan sleeping bag.

6. Jika memungkinkan, buatlah api diluar tenda, dan arahkan panas apinya ke dalam tenda.

Pada korban yang tidak sadarkan diri


1. Bawa ke dalam tenda. Tujuannya untuk menjaga dari angin yang berhembus, tenda juga adalah tempat yang cukup hangat ketika berada di alam bebas.

2. Ganti baju basah secara perlahan. Penggantian baju dilakukan dengan perlahan, pastikan tidak terburu-buru.

3. Masukan ke dalam sleeping bag. Untuk menjaga panas tubuh yang tersisa tidak mudah lepas begitu saja.

4. Berbagi panas tubuh. Bisa dilakukan dengan cara memegang tangan atau memeluknya. Panas tubuh akan mudah berpindah ketika menempel ke tubuh lainya (kulit ketemu kulit). Pastikan Anda mengetahui etikanya ketika melakukan hal ini.

5. Sadarkan korban. Cara menyadarkannya bisa dengan menepuk-nepuk pipi atau dengan memanggil namanya. Ketika korban sudah sadar, Anda bisa melakukan langkah penanganan korban hipotermia ketika sadar.

Trending Stories